5 Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome – BAACA.ID | Sudah memakai wifi namun sinyal masih lag dan sinyal lemah. Selain itu, sinyal jangkauannya pun rendah, padahal untuk jaraknya masih dekat.

Jarak Jangkauan Indihome dibatasi dan tidak bisa jauh, apalagi jika terdapat benda yang menghalangi jangkauan perangkat router.

Namun jika dipakai diluar rumah pasti sinyalnya langsung melemah. Misalnya Router indihome dilantai 1, lalu posisi kamu berada dilantai 2 ingin memakai wifi tersebut, maka yang terjadi adalah sinyal melemah dan akan mempengaruhi koneksi internet.

Lalu bagaimana cara mensetting jangkauan wifi Indihome agar dapat menjangkau area tertentu. Berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat caranya :

Disini kami akan membahas cara memperluas dan mempersempit sinyal pada Wifi Indihome. Banyak juga yang bertanya, kenapa sinyal wifinya tidak kuat dan sedikit.

Hal itu disebabkan oleh jarak antara Router dengan perangkat HP atau Laptop kamu sedikit jauh.

BACA JUGA : Cara Mengetahui Pengguna WiFi di Android

Selain karena jarak, luas sempit sinyal Wifi pu dapat terjadi karena pengaturan dari modem atau Router Wifi kamu yang belum maksimal.

Pengaturan transmisi sinyal Router Wifi di Indihome bawaannya yaitu 100%, dan kamu bisa mengubahnya menjadi 200% untuk memperluas jaringan Wifi Indihome kamu.

Akan tetapi ada saatnya kamu tidak memerlukan sinyal Wifi yang luas. Salah satu alasannya yaitu karena tidak menginginkan orang asing masuk dan memakai sinyal Wifi kamu tanpa izin.

Untuk solusinya kamu tinggal persempit saja sinyal Wifi nya, supaya orang tidak bisa memakai Wifi kamu di luar rumah.

Nah saat ini kita akan memberikan tutorial bagaimana cara memperluas sinyal wifi indihome dan mempersempit sinyal Wifi Indihome dengan mudah dan cepat, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome dengan Mudah

Apabila rumah kamu luas, kamu dapat mengatur sinyal Wifi menjadi lebih luas supaya semua ruangan bisa terjangkau jaringan Wifi nya.

Kamu bisa mengatur langsung di router bawaan Indihome tanpa harus membeli repeater lagi.

Asal kamu tahu username dan password admin modem router, kamu dapat langsung mensettingnya luas sinyal di dalam browser. Akan tetapi jika tidak tahu, kamu dapat memakai username dan password seperti dibawah ini :

username: admin

password: admin

Apabila tidak tahu username dan password admin router, kamu bisa cek di belakang box atau kardus router atau bisa juga langsung menghubungi pihak Telkom Indihome.

Perhatikan juga model modem router yang kamu pakai, misalnya menggunakan tipe HG6243C. Akaan tetapi pada umumnya, hampir sama saja caranya.

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome Melalui Modem atau Router

  1. Langkah pertama yaitu buka browser terlebih dahulu, bisa menggunakan Chrome, Mozilla.
  2. Kemudian masukan URL 192.168.1.1 .
  3. Selanjutnya masukan username dan passwordrouter atau modem.
  4. Lalu klik menu Network > Wifi Control.
  5. Langkah terakhir yaitu mengubah Wifi Power Control menjadi 200% untuk memperluas sinyal jaringan. Kamu juga dapat mengatur sesuai keinginan kamu.

Untuk perluasan jaringan maksimal 200%. Apabila sudah memakai pengaturan maksimal akan tetapi tidak cukup, kamu perlu membeli sebuah alat bernama repeater untuk memperluas dan memperkuat jaringan wifi kamu.

Selain itu kamu juga dapat memakai alat penangkap Wifi seperti USB TP Link yang dipasang pada Laptop atau Komputer.

BACA JUGA : Cara Agar WiFi Tidak Dibobol dengan Mudah

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome dengan Menggunakan Wifi Repeater

Apabila kamu akan memperkuat jangkauan sinyal, terdapat salah satu alat yang bisa kamu pakai yaitu WiFi repeater. Alat tersebut dapat memperkuat sinyal yang jaraknya jauh menjadi lebih dekat.

Bisa juga kamu gunakan yang routernya dihalaman rumah tengah yang bisa mengjangkau kamar atau luar rumah.

Cara kerja WiFi Repeater ini dengan menangkap sinyal WiFi router atau mode selanjutnya menyebarkan kembali sinyal tersebut ke perangkat yang terhubung.

Alat ini dapat dipakai untuk tempat yang tidak bisa terjangkau wifi misalnya rumah bertingkat atau jarak jangkauan wifi indihome yang terlalu jauh.

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome dengan Menggunakan Frekuensi Wifi 5 Ghz

Cara memperluas jangkauan wifi Indihome huawei hg8245h yaitu dengan cara menaikkan frekuensi dari 2.4 Ghz ke 5 Ghz.

Bagi kamu yang mempunyai HP android keluaran terbaru atau iPhone pasti sudah mempunyai teknologi tersebut.

Pada umumnya router yang kita pakai hanya memakai frekuensi 2.4 Ghz. Frekuensi 2.4 Ghz selain dipakai untuk wifi, juga bisa dipakai untuk perangkat lain misalnya mainan RC, microwive, telepon rumah dan lain-lain.

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome dengan Mengganti Channel WiFi

Masih berkaitan dengan mengganti frekuensi dari frekuensi 2.4 Ghz ke 5 Ghz. Dengan frekuensi 2.4 Ghz channel WiFi terlalu banyak dipakai oleh perangkat lain.

Untuk mengatasinya harus diubah ke 5 Ghz. Cara mensetting jangkauan WiFi Indihome berikut ini cocok untuk kamu yang perangkatnya belum bisa mencapai frekuensi 5 Ghz caranya yaitu dengan cara mengganti channel WiFi .

Channel Wifi adalah saluran WiFi provider. Dalam memperkuat sinyal WiFi dengan saluran, saluran channel ini untuk meminimalisir gangguan antara jaringan wireless satu dengan jaringan wireless lainnya.

Misalnya jaringan telepon, microwave, dan lain lain. Setiap perangkat WiFi pasti memakai channel, pada umumnya memakai 14 channel di frekuensi 2.4 Ghz.

Cara mengubah frekuensi tersebut sebagai berikut ini :

  • Langkah pertama yaitu menghubungkan komputer ke perangkat wifi
  • Lalu buka browser dan Login halaman admin 192.168.100.1
  • Kemudian login dengan akun indihome kamu.
  • Berikutnya masuk pada halaman WLAN > WLAN Advanced
  • Lalu pilih channel dan ubah menjadi automatical/ ubah manual dari channel 1-14

Cara Memperluas Sinyal Wifi Indihome dengan Me-Reboot atau Restart Secara Rutin

Tidak jauh berbeda dengan perangkat eletronik lain seperti HP dan laptop. Router juga sering mendapat masalah gangguan wifi dan sinyal. Untuk itu dibutuhkan sekali-sekali untuk reboot atau restart modem IndiHome kamu.

Dengan hal tersebut, kamu tidak harus takut apabila wifi sinyal indihome melemah dan berakibat internet lemot. Dengan cara memperluas jangkauan WiFi Indihome masalah kam bisa teratasi.

Cara Mempersempit Sinyal Jaringan Wifi Indihome

Pastinya sebagian orang khawatir apabila jaringan Wifi nya tidak sengaja digunakan oleh orang lain tanpa izin terlebih dahulu. Hal tersebut menyebabkan jaringan yang lemot, karena banyak yang menggunakan Wifi.

Untuk mencegahnya hal tersebut, kamu bisa langsung memblokir pengguna Wifi, atau bisa dengan mempersempit jangkauan sinyal Wifi Indihome kamu.

Dan dibawah ini merupakan cara mempersempit atau memperkecil jaringan wifi Indihome.

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuka browser.
  2. Selanjutnya masukkan URL admin Indihome 192.168.1.1 .
  3. Lalu masukkan username dan password admin router modem.
  4. Kemudian klik menu Network > Wifi Control.
  5. Langkah terakhir yaitu dengan mengubah Wifi Power Control menjadi di bawah 80%.

Dan sekarang jaringan kaamu hanya bisa dinikmati oleh yang orang yang berada di dalam jangkauan router saja. Yang di luar rumah tidak bisa mendapatkan sinyal wifi kamu.

Dan itulah cara memperluas sinyal wifi indihome dan memperkecil sinyal Wifi Indihome. Untuk caranya bisa terbilang mudah karena tanpa harus membeli peralatan tambahan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button