Jangan Takut, Begini Cara Menagih Utang Lewat WhatsApp

Baaca.id — Meminjam uang atau utang adalah hal yang biasa. Namun, terkadang suka menyebalkan bila peminjam tidak segera mengembalikan atau membayar utang padahal saat dibutuhkan.

Beberapa cara sering dilakukan untuk menagih utang. Sampai akhirnya harus melakukan jalan pintas untuk terakhir kalinya. Suka atau tidak suka cara menagih utang lewat WhatsApp ini harus ditempuh meski berat untuk mewujudkannya

Canggung seringkali menjadi alasan untuk melakukan penagihan utang piutang. Terutama yang ditagih tersebut adalah saudara, teman, atau sahabat sendiri.

Tetapi, alasan lagi membutuhkan uang untuk keperluan dan kepentingan penting. Maka cara itu harus ditempuh.

WhatsApp dikenal sebagai media sosial tempat berbagi cerita baik chatting, foto, video, tautan, story, dan lokasi.

Pada perkembangannya media chatting ini bisa digunakan untuk menagih utang. WhatsApp menjadi salah satu sarana ampuh menyelesaikan masalah utang piutang.

Cara menagih utang lewat WhatsApp tersebut dinilai lebih aman, karena bisa menjaga perasaan dan menyambung tali silaturahmi.

Cara menagih utang lewat WhatsApp ini terbilang unik dan berbeda dari biasanya, tetapi inilah jalan satu-satunya yang paling penting dilakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini cara menagih utang lewat WhatsApp.

Lihat Status

Cara menagih utang lewat WhatsApp yang pertama adalah, melihat status di WhatsApp. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menagih utang lewat WhatsApp. Lihat pada statusnya sedang offline atau online.

Kalau sedang offline, rencana untuk menagih utang lewat WhatsApp perlu ditunda sampai online.

Ketika sedang online, maka saatnya beraksi dengan melihat statusnya kemudian dilanjutkan komentari stroy tersebut. Saat komentar, ada banyak yang bisa ditanyakan.

Tanya Kabar

Setelah komentar di story Anda dapat melakukan percakapan lain atau sekedar basa-basi seputar kabar. Tanyakan kabarnya tentang kesehatan, pekerjaan dan lainnya dengan cara yang lemah lembut.

Ada beberapa percakapan  yang dapat Anda lakukan, misalnya apa kabarnya nih? Lagi sibuk apa dan lainnya. Saat bertanya nada suaranya yang lembut dan santun agar t

keakraban, persaudaraan tetap terjaga.

Lakukan Basa-basi

Cara menagih utang lewat WhatsApp yang ini bisa terbilang klasik. Percakapan yang berlangsung tersebut tetaplah penuh keakraban, dengan cara ini kamu tidak menyinggung perasaan orang tersebut.

Kekeluargaan saat bercakap-cakap di WhatsApp memang harus dijaga membuat suasana tidak kaku dan akrab.

Baca Juga:

Cerita Kebutuhan yang Dibutuhkan

Setelah percakapan berjalan dengan baik dan akrab penuh kekeluargaan, persahabatan. Saatnya Anda mencoba melakukan percakapan topik-topik yang lain, yaitu kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan sehari-hari makin meningkat untuk membayar tagihan rumah dan lainnya menjadi alat bagi Anda untuk memancing agar segera dibayar utang.

Ceritakan pula kondisi keuangan Anda lagi kritis tidak memiliki sehingga membutuhkan dana yang cepat

Dengan cerita tentang kebutuhan dan kondisi keuangan Anda yang lagi kritis. Mereka akan memahami bahwa Anda sedang benar-benar memerlukan uang secara cepat.

Dari sinilah kemudian mereka yang memiliki kepentingan mempunyai utang piutang dengan Anda akan berusaha membayar utangnya.

Tanyakan Utangnya

Seusai bercerita panjang lebar tentang kebutuhan Anda yang banyak dan butuh uang cepat. Saatnya Anda beraksi untuk menanyakan uang yang di pinjamkan yang bersangkutan.

Ketika bertanya soal utang piutang tersebut bisa dibicarakan secara perlahan-lahan dengan gaya bahasa yang halus, nada bicaranya sedikit bercanda supaya suasana tetap akrab.

Ada  beberapa chat untuk menagih salah satunya, “Besok ada tagihan rumah yang sudah jatuh tempo. Aku bisa ambil uang yang ada di kamu ntar ambil kapan. Please, saya lagi butuh banget!!”

Beri Tenggang Waktu

Cara menagih utang lewat WhatsApp yang terakhir adalah ketika percakapan yang sedang berlangsung itu Anda bisa tanyakan kapan bayarnya. Tegaskan pula bahwa uang tersebut penting dan butuh cepat.

Bila bersangkutan tidak mempunyai uang dalam waktu dekat. Anda dapat memberikan tenggang waktu sampai kapan bisa membayar utangnya tersebut.

Anda juga bisa memberi batasan waktu yang tepat supaya bersangkutan segera mengusahakan utang piutangnya itu.

Dengan mengatakan kira-kira kapan bisa bayarnya, “Hari Selasa siang apakah bisa? Masalahnya, malam hari mau dipakai untuk bayar tagihan rumah”.

Saat menagih utang piutang lewat WhatsApp pastikan menggunakan kalimat atau chat yang santun dan tidak kasar.

Karena chat pada WhatsApp ini pula menjadi penentu keberhasilan dalam urusan utang piutang.

Namun, sebelum melakukan penagihan utang piutang lewat WhatsApp perlu memperhatikan peraturan yang berlaku, yaitu undang-undang LTE agar tidak terkena pelanggaran hukum.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button