Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB

Baaca.id – RAM (Random Access Memory) adalah komponen yang sangat penting dari perangkat smartphone atau laptop, dan memungkinkan prosesor untuk menjalankan proses komputasi. Prosesor ini kemudian mentransmisikan hasil perhitungan data tersebut ke RAM agar hasil pengolahan data tersebut selanjutnya dapat ditampilkan di perangkat smartphone atau laptop.

Dengan demikian, semakin banyak aplikasi yang berjalan di perangkat, kapasitas RAM yang berbeda akan digunakan tergantung pada grafik ukuran file aplikasi dan kapasitas RAM akan berkurang.

Semua orang harus menyadari bahwa beberapa aplikasi dengan grafik yang sangat bagus dan halus membutuhkan RAM dalam jumlah besar seperti game dan aplikasi lain umumnya RAM 2GB.

Selain itu, mempengaruhi kinerja multitasking smartphone, jadi jika lebih banyak aplikasi berjalan secara bersamaan, lebih banyak RAM diperlukan. Baru-baru ini, produk smartphone menawarkan RAM besar mulai dari 2GB hingga 8GB, yang mendukung fungsionalitas maksimal.

Baca Juga:

Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB Tanpa Root

Nah berikut ini kami berikan cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB tanpa root, dengan bantuan aplikasi yang bisa dilakukan dengan dua syarat yaitu tanpa root dan smartphone yang sudah di root.

Tidak semua pengguna Android bisa melakukan root, karena rooting Android sangat berisiko menyebabkan kematian total pada Android, maka dari itu kami akan memberikan cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB tanpa root dengan banyak aplikasi, berikut ulasannya

Kontrol RAM Ekstrim Pro

Anda dapat menggunakan aplikasi pertama untuk menambah kapasitas RAM dengan Control RAM Extreme Pro yang Anda dapatkan di Google Play Store, cara menambahkan RAM Android telah terbukti efektif, karena aplikasi ini bekerja di latar belakang smartphone dan mengubahnya secara permanen mati.

Selain itu, saat Anda mengaktifkan b’ib, beberapa aplikasi bawaan smartphone akan aktif sehingga akan memakan RAM dan melambat, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi RAM Control Extreme Pro dan Anda dapat menginstalnya.
  • Untuk menambah kapasitas RAM Android, buka aplikasi dan masuk ke menu RAM Booster.
  • Kemudian pilih menu “Boost” agar aplikasi ini bisa berjalan beberapa saat saat menggunakan Android.
  • Pilih tab “Pembunuh Tugas” untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan, dan dalam menu ini Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi bawaan Android yang dapat dinonaktifkan melalui pengaturan ponsel cerdas Anda.
  • Terakhir, tambahkan semua ‘aplikasi yang tidak diinginkan’ ke ‘daftar putih’ atau daftar yang dinonaktifkan.

Smart Booster

Smart Booster adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kapasitas RAM dan aplikasi ini membantu Anda memaksimalkan kinerja RAM untuk kinerja yang lebih baik.

Smart booster berukuran relatif kecil sehingga tidak memakan banyak RAM saat dijalankan, berikut langkah-langkah penggunaannya.

  • Pertama, unduh aplikasi Smart Booster melalui Google Play Store.
  • Instal dan jalankan aplikasi penguat pintar ini.
  • Pilih tombol Start pada ikon roket.
  • Masuk ke menu setting dan pilih “Boost Level” di bagian ini Anda bisa memilih beberapa level booster RAM seperti Gentle, Medium, Strong dan Aggressive.
  • Anda dapat memilih level agresif untuk memaksimalkan kinerja RAM.
  • Kemudian klik “Tingkatkan saat layar mati” dan “Tunda untuk meningkatkan saat layar mati”.
  • Kembali ke menu utama aplikasi dan klik ikon roket untuk memulai proses peningkatan kapasitas RAM Android Anda.
  • RAM Android semakin sukses dengan cara menambahkan RAM Android.

Swapper

Terakhir, cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB tanpa root adalah Swapper, aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang kami ulas sebelumnya, swapper ini dapat membuat RAM virtual untuk memproses data dalam proses komputasi.

Anda tidak perlu lagi melakukan root menggunakan aplikasi swapper, berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Unduh aplikasi Swapper dalam format APK melalui Google Play Store atau browser Internet.
  • Instal Swapper dan jalankan aplikasinya.
  • Mengaktifkan menu “Boot on Active Swap” di menu ini Anda memilih lokasi file swap dan memilih partisi lemak kartu SD.
  • Beralih ke menu Swap File Size dan masukkan jumlah RAM yang dibutuhkan pada smartphone Anda. Sebaiknya jumlah RAM yang diberikan tidak melebihi 100% dari RAM smartphone yang sebenarnya.

Demikian informasi mengenai cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB, semoga bermanfaat.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button