7 Cara Mendapatkan Ilmu Laduni yang Penting Diketahui

BAACA.ID | Cara mendapatkan ilmu laduni adalah salah satu cara memperoleh ilmu yang datang langsung dari Allah tanpa perantara.

Ilmu yang berasal dari Allah SWT biasa disebut dengan ilmu Laduni dan setiap orang tidak bisa memperoleh ilmu tersebut.

Namun, hanya orang tertentu saja atau orang yang terpilihlah dapat mendapatkan ilmu laduni. Tidak mudah menemukannya karena keberadaannya juga di luar jangkauan akal manusia.

Oleh karena itu, penting memahami lebih dalam tentang ilmu laduni

Pendapat Ulama Tentang ilmu Laduni

Sebelum mengetahui cara mendapatkan ilmu laduni sebaiknya Anda mengetahui pendapat ulama tentang ilmu ini.

Menurut Ibnu Ajibah dalam tafsir Al Bahr Al-Madid yang dimaksud dengan ilmu Laduni adalah ilmu yang mengalir ke kalbu seseorang tanpa diusahakan.

Lain lagi menurut Al-Ghazali dalam kitab Makmu’at Rasa’il Al-Imam Al-Ghazali yang menyebut ilmu berasal dari jiwa tanpa perantara.

Dilihat dari struktur, ilmu ini pertama iperkenalkan oleh Ibnu Arabi yang dikategorikan ilmu-ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan menurut Ibn Arabi ada 3 tingkatan, yakni: ilmu akal. Ilmu akal merupakan ilmu yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dibuktikan secara empiris.

Kemudian ilmu rahasia yang berada di luar jangkauan akal.

Ilmu laduni awalnya terjadi pada zaman nabi atau Rasul yang kemudian disebut mukjizat. Lain lagi kalau selanjutnya ilmu tersebut diperoleh dari orang-orang yang tergolong Wali kemudian dinamakan karomah.

Jika akhirnya ilmu Laduni dimiliki oleh orang mukmin karena keimanannya dan ketaqwaannya disebut sebagai ma’muah atau pertolongan yang datang tidak disangka-sangka.

Namun ilmu laduni yang diterima oleh orang mukmin tersebut bukan sembarang orang ada beberapa syarat salah satunya hatinya selalu ingat pada Allah SWT.

Selain itu orang yang yang Zuhud dan tidak tergantung pada dunia adalah salah satu syarat orang yang bisa jadi mendapatkan ilmu laduni

BACA JUGA : Bupati Majene Curi Ilmu Pengembangan Rumput Laut dan Kotaku di Bantaeng

7 Cara Mendapatkan Ilmu Laduni

Ilmu laduni banyak dibahas oleh ilmuwan di masa lalu, salah satunya kitab berjudul Al Risalah Laduniyah ciptaan Al-Ghazali.

Ada beberapa cara mendapatkan ilmu laduni menurut Al-Ghazali dalam bukunya yang berjudul” Al-Risalah Laduniyah setidaknya ada tiga cara.

Pertama: Anugerah dari Allah

Ilmu dari Allah yang diperoleh secara langsung sebagai hadiah tanpa memandang siapa yang mendapatkannya pernah melakukan dosa atau tidak.

Menurut Al-Ghazali bisa saja orang yang mendapat hidayah itu orang telah melakukan dosa. Namun Allah SWT kemudian memberikan anugerah dan hidayah.

Bukan hanya hidayah saja tetapi juga petunjuk untuk mendapatkan pengetahuan belum pernah dipelajarinya.

Kedua : lewat jalan Riyadhah atau latihan

Dengan arti memperoleh petunjuk atau hidayah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT muhasabah diri dan rangkaian kegiatan ibadah.

Cara kedua lebih memanfaatkan ilmu dan menjalankannya sampai dengan level manfaat untuk menjalani hidup berpedoman pada ilmu.

Ilmu yang dimiliki membuat seseorang merasa dekat dan kagum kepada Allah SWT.

Menurut Al-Ghazali seseorang yang dekat pada Allah dengan rasa ikhlas dalam beramal, maka Allah SWT juga memberikan jalan sehingga nantinya memperoleh ilmu laduni.

Ketiga: Cara Mendapatkan Ilmu Laduni dengan Jalan Tafakur

Cara yang ketiga ini melakukan lewat belajar yang serius dalam upaya mendapatkan ilmu laduni. Kesungguhan ketika belajar menuntut ilmu Allah SWT akan memberikan kemudahan dan petunjuk.

Keempat : Cara mendapatkan ilmu laduni dengan belajar

Belajar dalam hal ini adalah bertanya kepada seorang yang memiliki ilmu pengetahuan agama yang tinggi dengan dzikir dan ibadahnya.

Kelima: Cara mendapatkan ilmu laduni dengan berdoa khusu’ dan ikhlas

Alasannya semuanya datang dari Allah SWT, maka penting mendekatkan diri kepada Allah lewat berdoa. Berdoa supaya diberi ilmu dan hidayah dari Allah SWT salah satunya berdzikir dan muhasabah diri.

Keenam: Berdakwah

Cara mendapatkan ilmu laduni dengan berdakwah. Berdakwah yaitu mengajak orang lain berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Lewat berdakwah Allah SWT memberikan ilmu dan kelembutan hati langsung dari Allah.

Ketujuh: Takut Kepada Allah SWT

Seseorang yang takut kepada Allah, maka Allah SWT juga akan mengajari ilmu secara langsung.

Lalu, setelah melakukan berbagai upaya untuk memperoleh ilmu Laduni ada beberapa ciri-ciri orang yang mendapatkan ilmu tersebut.

BACA JUGA : Ini Kegunaan Paket Ilmupedia dan Cara Aktivasinya

Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Ilmu Laduni

Ada sejumlah indikasi pada orang-orang yang memperoleh ilmu laduni salah satunya mempunyai kepekaan intuisi.

Meski demikian, Ia merasa tidak merasa mempunyai ilmu laduni dan hidup apa adanya.

Ciri-ciri lain dari seseorang yang mendapat ilmu laduni adalah selalu rendah hati meski memiliki kemampuan yang luar biasa. Kemudian yang menarik Ia tidak merasa mempunyai kelebihan Indra ke enam.

Hal lain dari ciri-ciri orang yang mendapat ilmu laduni adalah menjaga diri dari perbuatan bathil apalagi saat merasa bersalah kepada Allah SWT.

Ia memperoleh ilmu karena buah kesabaran atas ujian dari Allah SWT selama ini.

Selain itu, ilmu laduni yang diperoleh buah keikhlasannya atas berbagai ujian dari Allah SWT.

Ia juga tidak materialistis dan semua gerak hidupnya bersandar kepada Allah SWT. Orang yang dekat dengannya nyaman dan menjadi kekasih Allah SWT.

Ciri orang yang mendapat ilmu laduni merupakan orang bersih hatinya. Bersih hatinya dilihat dari pola hidupnya yang selalu khusu’ dalam shalatnya. Tidak hanya khusu’shalatnya, tetapi juga tenang menjani kehidupannya.

Selain tenang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Namun Ia juga punya cara tersendiri saat menghadapi masalah dengan solusi. Bukan cara emosi dan egois menyikapi setiap masalah.

Tidak hanya solusi saat hadapi persoalan, tetapi berjiwa tenang dan kasih sayang. Orang yang selalu dekat dengan Allah SWT akan mengedepankan kasih sayang kepada sesama.

Ia tidak pernah mengharapkan pujian dan pamrih dari siapapun, tetapi ikhlas lahir batin karena Allah SWT.

Cara Mendapatkan Ilmu Laduni Dengan Pahami Ilmu Hikmah

Ilmu hikmah penting dalam mempelajari ilmu laduni, karena memberikan dampak besar pada perilaku dan kepribadian seseorang.

Sebelum mengetahui cara mendapatkan ilmu hikmah perlu mengetahui apa itu ilmu hikmah.

Hikmah adalah suatu pengetahuan yang membahas tentang Al-Quran dan Hadits mengandung kebaikan yang mampu tembus titik hakikat dan makrifat

Ada beberapa manfaat mempelajari ilmu hikmah, alasannya mempengaruhi psikologis maupun kesehatan mental. Jika ilmu Laduni diikuti ilmu hikmah memberi dampak seseorang menjadi tawadlu dan rendah hati.

Orang yang mendapat hikmah adalah orang yang dianugerahi karuniai banyak. Lalu, bagaimana mempelajari ilmu hikmah tersebut?

Ilmu hikmah dapat dipelajari dengan salah satu cara transfer ilmu. Atau dalam arti mempelajari ilmu hikmah dari ahlinya dengan mengandalkan semua pancaindera

Cara seperti tersebut pernah dilakukan oleh para sahabat terhadap Rasulullah SAW. Saat itu Rasulullah menyampaikan ilmu kepada para sahabat lewat sabda atau lisan yang dapat dilihat langsung oleh para sahabat.

Oleh karena itu, ilmu laduni cocok bagi Anda yang ingin peroleh pengetahuan spritual langsung dari Allah SWT.

Begitu banyak keistimewaan ilmu laduni mampu membuka mata hati nurani, Anda yang hendak menguasai berbagai ilmu dunia maupun ilmu akhirat dengan mudah.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button