Penyebab dan 15 Cara Mendinginkan HP yang Panas

Cara Mendinginkan HP yang Panas | Baaca.id — Tidak sedikit pengguna smartphone Android mengalami keluhan seperti overheat atau kepanasan. Pasti dari sebagian pengguna smartphone sering mengalami hal ini.

Overheat merupakan suatu kondisi di mana suhu Handphone secara drastis mengalami panas dan bahkan sampai mengganggu aktivitas saat menggunakannya.

Sebenarnya, banyak penyebab handphone menjadi panas seketika. Penyebab utamanya yaitu penggunaan aplikasi secara multitasking, atau pengisian daya baterai dengan kabel yang tidak sesuai dengan perangkatnya.

Di masa pandemi seperti ini penggunaan smartphone makin intens. Malahan untuk waktunya bisa dua kali lipat dari biasanya.

Karena di masa ini segala aktivitas dilakukan dari rumah, mulai belajar hingga bekerja dirumah. Masalah yang muncul jika terlalu sering memainkan HP adalah panas yang berlebihan.

Untuk mencegah permasalahan tersebut, kami mempunyai beberapa cara mendinginkan HP yang panas yang dilansir dari Jalantikus.com.

Penyebab HP Cepat Panas

1. Bermain Game Terlalu Lama

Game berat seperti PUBG, Free Fire membuat kinerja GPU handphone kamu bekerja sangat keras. Yang ada permasalahan muncul yaitu baterai cepat panas, hal ini tidak bisa kamu hindari.

2. Menggunakan Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Selain bermain game, aplikasi streaming juga bisa membuat handphone kamu menjadi panas apabila digunakan terlalu lama.

Karena treaming ini membutuhkan koneksi internet yang cepat, dan itu membutuhkan daya yang besar.

3. Pengaturan yang Belum Optimal

Apakah pengaturan handphone kamu sudah optimal atau belum. Misalnya, tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi dan widget yang terlalu banyak, menggunakan wallpaper yang boros baterai, dan lain-lain.

Pengaturan-pengaturan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis.

4. Update Aplikasi dan Software

Aplikasi yang mempunyai bug bisa menyebabkan masalah pada handphone kamu termasuk menyebabkan ponsel dan baterai cepat panas karena penggunaan prosesor yang kurang optimal.

Oleh karena itu, sering-seringlah melakukan update pada aplikasi yang ada pada handphone, karena dengan melakukan update, bug yang terdapat pada aplikasi seringkali telah diperbaiki oleh developer.

Selain mengupdate aplikasi yang kita gunakan, update juga sistem operasi kamu.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan Berbarengan

Semakin banyak aplikasi yang kita buka, maka semakin besar handphone menjadi cepat panas. Tidak hanya itu, kondisi ini kerap bisa membuat baterai HP cepat habis.

Oleh karena itu, yang kamu perlu lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan.

6. Kualitas Baterai yang sudah Buruk

Jika usia handphone kamu sudah cukup tua dan lama, bisa jadi kualitas baterainya juga sudah menurun sehingga membuat baterai cepat panas ataupun habis.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan HP model lama atau jadul di mana yang baterainya bisa dilepas, ada baiknya kamu menggantikan dengan baterai yang baru.

Sedangkan, untuk keluaran baterai HP terbaru biasanya sudah memiliki baterai yang berbeda yaitu baterai tanam dengan kapasitas besar, sehingga tidak bisa diganti.

7. Susah Sinyal

Ketika kamu sedang bermain game, maka dibutuhkan sinyal yang kuat, karena itu handphonemu akan cepat panas.

Oleh karena itu, gunakan jaringan Wi-Fi agar koneksi kamu lancar serta mengurangi beban pada handphone.

8. Jaringan tidak stabil

Jaringan yang tidak stabil juga menyebabkan hp cepat panas karena hp yang terus menerus bekerja mencari sinyal dan mengoptimalkan penggunaan baterai juga.

Solusinya yaitu dengan cara turunkan kualitas jaringan. Misalnya dari jaringan 4G menjadi 3G

Baca Juga:

Cara Mendinginkan HP yang  Panas

Setelah mengetahui penyebabnya, pasti kamu bertanya. Gimana sih cara mendinginkan HP yang panas?

Berikut ini adalah beberapa cara mendinginkan hp yang panas dan pastinya ampuh menurunkan panas HP kamu.

1. Gunakan Charger Original

Menggunakan sembarang charger malah akan membahayakan baterai dan s

Handphone kamu, bahkan menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan baterai dan HP cepat panas. Sebaiknya biasakan dengan menggunakan charger yang asli.

2. Cek Penggunaan WiFi

Supaya wifi kamu tidak menyala terus, kamu bisa gunakan aplikasi yaitu Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu yang mencari cara mengatasi hp cepat panas yang ampuh.

3. Matikan Bluetooth dan GPS

Banyak pengguna HP yang membiarkan bluetooth dan GPSnya tetap aktif padahal sedang dalam posisi digunakan dan dibutuhkan. Dua fitur tersebut bisa menyebabkan HP cepat panas.

4. Kurangi Penggunaan Multi-tasking

Spesifikasi HP yang semakin canggih menawarkan performa untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus menjaga suhu HP kamu pada saat melakukan berbagai pekerjaan.

Banyaknya aplikasi yang aktif digunakan secara bersamaan, belum lagi dengan aplikasi background yang tetap berjalan, tentunya hal itu akan menyebabkan HP cepat panas.

Salah satu aplikasi untuk mengurangi multi tasking, yaitu Hibernaor.

5. Istirahatkan HP dari Streaming / Gaming

Jika hanya melakukan satu aktivitas di HP. Contohnya bermain game. Meski cuman satu aktivitas, nyatanya akan membuat HP dan baterai cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus.

6. Cek Kondisi Baterai

Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah tua tentu jadi faktor yang membuat HP cepat panas. Maka gegera ganti baterai dengan yang baru.

Aplikasi untuk mengecek kesehatan baterai yaitu CurrentWidget : Battery Monitor.

7. Perhatikan Ventilasi

Pada umumnya kebanyakan orang pastinya selalu membawa smartphone kemanapun mereka pergi. Tidak sedikit dari mereka yang memasukan HP ke dalam tas atau bahkan celana jeans yang ketat.

Jika dengan menyimpan HP di tempat tertutup, usahakan untuk sesekali mengeluarkannya agar memberinya udara.

8. Hindari dari Air

Hal seperti ini seharusnya sudah tidak perlu diberitahukan lagi, kecuali jika HP kamu water resistant.

Untuk yang HP nya tidak tahan air, maka hindari menggunakan di tempat-tempat rawan basah seperti kamar mandi, kolam renang dan pantai.

9. Hapus File Sampah

File sampah, data cache, sampai cookies yang sudah sangat banyak dan menumpuk akibat tidak dihapus, ternyata menjadi salah satu penyebab HP dan baterai yang cepat panas.

Tiga hal tersebut akan mengakibatkan dampak langsung terhadap CPU dan RAM. Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek file sampah dan cache jika sudah penuh atau sudah bertumpuk, langsung hapus file-file sampah, cache dan cookies.

10. Gunakan Aplikasi Pendingin

Untuk cara mendinginkan  HP yang panas, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai. Aplikasi tersebut antara lain Cooler Master, Cooling Master atau Device Cooler.

11. Hapus aplikasi yang membuat RAM menjadi banyak

Salah satu cara untuk mengatasi HP yang overheat yaitu dengan cara menghapus dan menguninstall aplikasi-aplikasi yang memakan RAM banyak.

Karena pada saat HP mempunyai aplikasi yang memberatkan RAM maka akan menambah kinerja HP kita.

Maka kamu dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak di perlukan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti media sosial.

12. Meminimalisir Penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Ada beberapa aplikasi yang bersifat tetap berjalan di latar belakang walau kita tidak membukanya, biasanya terjadi pada aplikasi seperti Twitter, Instagram, dan sebagainya. Karena aplikasi tersebut akan tetap menampilkan notifikasi walaupun tidak membuka aplikasi tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Tentunya hal tersebut akan membuat RAM Hp menjadi penuh dan membuat Hp kamu menjadi cepat panas. Cara menanganinya yaitu dengan menggunakan aplikasi hibernasi seperti Greenify.

13. Pemakaian HP di tempat yang panas

Untuk menghindari HP cepat panas, kamu dapat memperhatikan lingkungan sekitar. Karena jika di lingkungan sekitar kamu panas, tanpa sengaja HP kamu juga terkena dampak.

Maka dari itu jauhkan HP dari suhu yang panas dan sinar matahari, agar suhu HP kamu tetap terjaga.

14. Bersihkan HP dari debu

Membersihkan hp dari debu sangat mudah, cukup buka cassing hp kamu dan lakukan beberapa tiupan agar debu tersebut hilang dari hp kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dust cleaner khusus untuk Hp.

15. Bermain game sambil dicharging

Yang sering di alami oleh pengguna HP ialah bermain game saat perangkat sedang di charging. Pada umumnya hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan HP Anda.

Karena pada saat  di charging saja suhu HP menjadi naik karena menerima daya dari charger dan di tambah dengan tekanan suhu saat bermain game. Kinerja HP yang berlebihan dapat memacu suhu menjadi naik dan panas.

Selain itu, jika hal ini dilakukan secara rutin, maka akan menyebabkan baterai HP kamu menjadi membesar dan akan mudah drop.

Itulah cara mendinginkan hp yang panas, semoga bermanfaat sehingga HP Anda tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button