8 Cara Menenangkan Bayi Menangis dalam Islam Beserta Doanya

Cara Menenangkan Bayi Menangis dalam Islam – BAACA.ID | Seorang bayi merupakan sebuah titipan dari Allah bagi umat manusia atau khususnya untuk kedua orangtua nya.

Oleh karena itu,  wajar apabila setiap orang tua perlu memberikan yang terbaik bagi anaknya tersebut.

Pada masa pertumbuhannya, bayi memang belum bisa berbicara sehingga menangis merupakan cara yang paling ampuh untuk mencari perhatian dari orang tuanya.

Tangisan bayi tersebut yang akhirnya menjadi hiburan sekaligus menguji kesabaran kedua orangtuanya terutama seorang Istri.

Kadang-kadang, sang ibu belum tahu betul maksud tangisan bayi, yang membuat sang bayi terus menerus menangis.

Padahal ada saatnya bayi menangis hanya karena popok yang dipakainya kurang nyaman atau bisa juga bayi tersebut pipis.

Namun ada juga bayi yang keteterusan rewelnya sehingga membuat sang ibu kebingungan dan khawatir walaupun sudah melakukan berbagai usaha.

Merawat bayi akan membuat kamu merasa sangat senang. Apalagi jika itu merupakan anak pertama yang sudah di impikan dan telah melalui banyak proses persalinan, baik itu secara caesar maupun normal.

Untuk bayi kedua atau ketiga mungkin kamu sudah terbiasa. Namun apabila ini merupakan anak pertama maka kamu akan merasa panik.

Seperti pada saat bayi kita menangis siang atau malam tanpa sebab yang jelas. Hal tersebut membuat kita merasa stress karena tekanan untuk menenangkan bayi.

Apabila keluarga kamu seorang muslim, maka tidak perlu panik. Karena kali ini kita akan membahas cara menenangkan bayi menangis dalam Islam supaya bayi cepat merasa tenang baik ketika siang maupun malam

Walaupun menangis menjadi salah satu cara bayi untuk berkomunikasi, tidak ada salahnya apabila kamu mengetahui solusinya.

Yaitu termasuk cara menenangkan bayi menangis dalam Islam juga doa supaya anak kita tidak rewel.

Ketika menjadi seorang ibu baru, banyak kejutan yang akan kalian peroleh. Salah satunya yaitu mengetahui bahasa bayi yang cukup sulit.

Menjadi seorang ibu baru mendapatkan beberapa kejutan dan banyak pengalaman. Salah satunya yaitu untuk mengenali arti dari tangisan sang bayi.

BACA JUGA : Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh dengan Bahan Alami

Tangisan bayi mempunyai beragam makna, sehingga kamu perlu mengetahui perbedaannya. bayi menangis sesuai dengan kebutuhan mereka dan tergantung dari yang bayi rasakan.

Oleh karena itu, sang ibu bisa memberikan penanganan yang tepat.

Kita juga harus belajar memahami sang bayi yang baru saja lahir yang harus bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Hal tersebutlah yang membuat bayi sering menangis. Bukan hanya itu, beberapa kondisi lain, misalnya anak yang lapar, haus, ngantuk, atau kecapean pun menjadi salah satu keadaan yang sering membuat bayi menjadi rewel dan menangis.

Dengan mengerti apa yang diperlukan oleh bayi, tentu akan memudahkan kamu untuk mencari cara dalam membantunya.

Salah satu hal yang tidak kalah penting, bagi umat muslim, yaitu cara menenangkan bayi menangis dalam islam dan bayi yang rewel harus diiringi dan dibantu dengan doa. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menenangkan Bayi Menangis dalam Islam

Berikan ASI

Secara Islam memang ada tuntutan untuk memberikan ASI penuh selama 2 tahun. Itu merupakan kewajiban semua ibu sehingga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk bayi.

Kamu bisa tahu apabila bayi rewel mungkin akan merasa lapar dan tidak nyaman.

Kamu bisa mencoba memberikan ASI karena memang ada manfaat ASI untuk bayi termasuk untuk menjaga kesehatan bayi, membuat bayi menjadi anak yang cerdas dan membuat bayi tidak mudah rewel.

BACA JUGA : Berburu Perlengkapan Bayi di Sangir Talaud Makassar

Memberikan pelukan hangat untuk bayi

Kamu bisa mencoba menenangkan bayi dengan cara memberikan pelukan yang hangat kepada bayi.

Di dalam Islam dijelaskan bahwa jin dan setan diciptakan untuk menjerumuskan dan menggoda manusia untuk menuju kesesatan.

Bayi kamu mungkin menangis karena merasa tidak nyaman dan takut. Bayi tidak bisa bicara sehingga mereka hanya bisa menangis untuk menarik perhatiannya.

Oleh karena itu, temani bayi kamu, dan berikan pelukan atau gendong si bayi. Ada banyak manfaat menggendong bayi dan salah satunya yaitu untuk menenangkan bayi kamu

Menggendong sambil menunggu bayi tenang

Di dalam Islam disebutkan bahwa merawat bayi perlu dengan perasaan yang ikhlas dan tenang.

Ketika bayi menangis tanpa sebab maka kamu bisa langsung untuk menggendong sambil menunggu bayi bisa tenang dan tidur.

Kamu bisa melihat sorot mata bayi serta katakan hal-hal yang dapat membuat bayi merasa tenang. Sering seringlah untuk mengajak bicara bayi dengan lembut karena ini juga cara melatih bayi cepat bicara.

Ajak bayi bermain

Bayi kamu menangis mungkin karena  tidak nyaman dan bosan. Kamu bisa mencoba untuk mengajak bayi bermain.

Caranya yaitu dengan mengajak bayi berjalan-jalan sambil digendong dan ajak untuk berbicara, serta dengan mengayun-ayunkan bayi. Ini juga cara yang diajarkan oleh Rasulullah sehingga sesuai tuntutan Islam.

Tunjukkan perasaan yang lembut

Ketika bayi kamu menangis, mungkin ia tahu dan merasakan apabila orang tuanya sedang mendapatkan masalah.

Perasaan bayi kamu bisa menjadi sangat sensitif sehingga mereka menangis untuk mengetahui kondisi tersebut. Apabila kondisinya seperti itu maka cobalah untuk membujuk bayi kamu dengan perasaan yang lembut.

Hilangkan dan lupakan  amarah dari hati kamu dan cobalah untuk menggendong serta mengelus-elus bayi kamu.

Cobalah memberi mainan

Bayi sangat suka menghisap mainan atau benda apa saja karena mereka belum tahu. Oleh karena itu, kamu perlu jmencoba memberikan mainan yang bisa membuat bayi menghisap.

Apabila sang bayi sudah terbiasa memakai botol susu, maka cobalah memberikan ASI dalam botol atau susu formula. Cara ini juga dapat membuat bayi merasa tenang dan nyaman.

Bersabarlah

Begitu semua cara menenangkan bayi menangis dalam Islam supaya cepat tenang. Islam mengajarkan umatnya untuk merawat bayi baik dalam kondisi yang sehat, sakit atau menangis.

Orang tua juga harus bisa lebih menjaga emosi pada saat bayi menangis, sehingga bayi menjadi lebih mudah tenang.

Cara Menenangkan Bayi Menangis dalam Islam dibantu dengan Doa

Bacakan Doa ayat suci

Cara menenangkan bayi menangis dalam islam yang selanjutnya yaitu dengan membacakan ayat suci Al Quran yaitu dari surat At Takwiir ayat 20. Bunyinya yaitu “Dzii quwwatiin ‘inda dzil’arsyi makiin”.

Sesudah membacakan ayat tersebut, lalu tiupkan pada kedua telapak tangan kamu. Lalu usapkan pada wajah bayi serta tiupkan juga pada telinga bayi kamu.

Ulangi hal sama secara beberapa kali tergantung dengan keyakinan kamu sehingga bayi kamu mulai tenang.

  • Cobalah untuk memutar murottal
  • Bacakan ayat kursi
  • Bacakan surat-surat pendek dari Al Quran

Mendongengkan kisah Islami

Itulah beberapa doa yang bisa kamu coba untuk menenangkan si kecil yang sedang rewel. Selain doa, kamu juga bisa belajar mengenali arti tangisannya sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat.

Sang bayi yang terus menerus menangis sangat tidak baik untuk kondisi psikologisnya. Sebagai orang tua, kamu perlu menenangkannya dengan cepat. Selamat mencoba menenangkan si kecil dengan doa tersebut.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button