Perhatikan Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Berikut Ini

Baaca.id — Dalam merawat sebuah kendaraan, kebutuhan untuk melakukan servis secara berkala sudah pasti menjadi sebuah keharusan. Namun, mungkin anda belum tahu bahwa ada beberapa bagian yang sudah mulai rusak dan sebaiknya segera diganti.

Hal tersebut biasanya sering terjadi tanpa kita sadari, dan seringkali baru kita sadari saat sudah mengalami kerusakan parah. Sehingga kita terpaksa harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya, agar bisa kembali menggunakannya seperti semula.

Salah satu kerusakan parah yang sering terjadi namun jarang disadari, adalah kebocoran pada tangki motor. Menurut pengalaman yang sudah-sudah, banyak sekali orang yang memiliki kendaraan motor yang tanpa disadari mengalami kebocoran pada tangki motornya.

Hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros, sehingga kemungkinan anda harus sering-sering mengisi bahan bakar dalam jangka waktu yang cukup berdekatan. Pastinya jika hal itu terjadi terus-menerus, akan membuat anda curiga, apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya.

Jadi, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan, untuk dapat mengatasi tangki motor yang bocor.

Sebelumnya, jika anda merasakan kecurigaan dengan motor anda, pastikan terlebih dahulu di bagian pembakaran apakah masih bekerja dengan benar atau tidak. Selain itu, anda juga harus memastikan kondisi tangki bahan bakar motor anda apakah masih bagus atau tidak.

Cara mengatasi tangki motor bocor untuk kasus ini bisa dibilang cukup mudah. Bahkan, anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu capek-capek datang ke bengkel.

Baca Juga:

Cara mengatasi tangki motor bocor yang pertama adalah dengan menyiapkan sejumlah peralatan tambahan. Tenang saja, peralatan tersebut tidak banyak, kok. Anda cukup menyiapkan lem khusus untuk menambal tangki yang bocor, seperti lem fiber glass, atau bisa menggunakan cara patri.

Beberapa cara seperti tersebut memang sangat mudah dilakukan, prosesnya pun juga sangat cepat tanpa harus menunggu lama layaknya jika dilakukan di bengkel.

Berikut ini cara mengatasi tangki motor bocor dngan menggunakan fiber glass.

  1. Siapkan fiber glass dan peralatan lain untuk melepas tangki motor.
  2. Campurkan lem fiber glass antara resin dan katalis untuk menambal tangki motor yang bocor
  3. Lepas terlebih dahulu tangki motor anda.
  4. Setelah dilepas, bersihkan terlebih dahulu bagian dalamnya.
  5. Kemudian cari bagian yang bocor dan tandai bagian yang bocor tersebut.
  6. Selanjutnya amplas bagian tangki yang bocor, oleskan dengan lem fiberglass tadi.
  7. Biarkan tangki yang sudah dilem sampai mengering.

Dan berikut ini adalah cara menambal tangki motor bocor dengan patri:

  1. Anda cukup melepas tangki motor terlebih dahulu.
  2. Setelah dilepas, bersihkan tangki motor kesayangan anda.
  3. Setelah dibersihkan, cari bagian-bagian yang bocor tersebut dan langsung ditandai agar lebih mudah ditemukan.
  4. Selanjutnya anda bisa pergi ke bengkel las, lalu patri bagian tangki yang bocor.

Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Menggunakan Lem G

Selain kedua cara di atas, anda juga dapat menggunakan lem G untuk menambal bagian tangki motor yang bocor. Lem G ini dipercaya mampu menambal tangki yang bocor dalam waktu cepat. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama, siapkan lem G, Amplas, Serbuk pasir atau semen.
  • Kemudian, lepas tangki motor dan bersihkan kotoran yang terdapat di dalam tangki. Pastikan tangki anda sudah bersih dan tidak mempunyai sisa bahan bakar yang menempel. Sehingga lem G dapat menempel dengan sempurna.
  • Setelah itu, gosok bagian tangki yang bocor, lalu teteskan lem G ke bagian tangki yang bocor tersebut.
  • Lalu taburi lem G menggunakan serbuk pasir atau semen, agar permukaan lem menjadi cepat mengeras.
  • Dan yang terakhir anda cukup meng-amplas tangki motor anda, sehingga hasilnya akan lebih rapi.

Itulah dia, beberapa cara mengatasi tangki motor bocor yang dapat anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda terkait perawatan motor, dan bisa mengatasi masalah kebocoran pada tangki motor anda. Sehingga bisa digeber kembali seperti sedia kala. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button