Ini Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor yang Dipakai

Baaca.id — Perkembangan teknologi informasi segala kebutuhan manusia akan menjadi semakin mudah. Teknologi informasi tak hanya dipakai untuk aktivitas perkantoran maupun rumah tangga.

Segala yang berkaitan dengan hukum dan peraturan lalu lintas mengandalkan teknologi. Termasuk cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor.

Beberapa sistem kerja di lingkungan kepolisian sudah menggunakan teknologi informasi. Misalnya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kini sudah bisa dilakukan secara online.

Menariknya, cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang menempel pada kendaraan itu bukan hanya dapat dilakukan pihak kepolisian saja. namun Anda sebagai masyarakat umum juga bisa mendeteksinya.

Berikut ini cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor simak ulasan dibawah ini ya.

1. Menggunakan Aplikasi Mobile

Saat ini pihak kepolisian di Indonesia sudah memiliki beberapa aplikasi mobile yang dapat Anda unduh ke ponsel cerdas (smartphone) yang berbasis sistem operasi Android atau iOS. Dalam aplikasi itu Anda dapat mengetahui siapa nama pemilik kendaraan tersebut.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengunduh aplikasi tersebut secara gratis ke ponsel Anda, kemudian jalankan aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, yang perlu Anda lakukan hanya memasukkan data plat nomor kendaraan secara lengkap.

Cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor melalui ponsel misalnya B 1234 ZXY. Nanti akan tertampil data merk, tipe, warna, tahun pembuatan, masa berlaku pajak kendaraan sampai pemiliknya.

Untuk lebih fokusnya kini pihak kepolisian juga sudah mengembangkan aplikasi mobile untuk pengecekan cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang sudah terbagi pada masing-masing wilayah di Indonesia.

Baca Juga:

Berikut ini wilayah yang sudah memiliki aplikasi masing-masing yang ada di Indonesia.

  • Jakarta: Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  • Jawa Barat: SAMBARA
  • Jawa Tengah: SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  • Jawa Timur: E-SMART SAMSAT JATIM
  • Yogyakarta: PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA

2. Melalui Website Samsat

Selain menggunakan aplikasi mobile, cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang sudah terpasang juga dapat melalui website resmi Samsat masing-masing daerah di Indonesia.

Anda juga dapat menggunakan komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Kemudian masukkan alamat-alamat beberapa Samsat di wilayah Indonesia, untuk cara input tetap sama yaitu laman web terbuka maka masukkan kode plat nomor kendaraan.

Beberapa website diatas dapat Anda di atas dapat Anda gunakan untuk melakukan pencarian. Secara teori memang cukup mudah untuk mengakses dan mencari plat nomor, namun sangat disayangkan masih ada beberapa website yang kadang tak bisa digunakan.

3. Mengirim SMS ke Kepolisian

Cara lain untuk mengetahui siapa pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang terpasang di kedaraan tersebut adalah dengan mengirim SMS kepada pihak kepolisian. Cara ini tak membutuhkan jaringan internet dan biaya yang ditanggung hanya tarif SMS reguler saja.

Wilayah Format SMS
DKI Jakarta Ketik: METRO Nopol

Kirim ke: 1717

Contoh: METRO B3619TRI

Jawa Barat Ketik: poldajbr Nopol

Kirim ke : 3977

Contoh: poldajbr D8899SH

Jawa Tengah Ketik: JATENG Nopol

Kirim ke: 9600

Contoh: JATENG H7689DD

Jawa Timur Ketik: JATIM Nopol

Kirim ke: 7070

Contoh: JATIM L2434MO

4. Datang ke Kantor Samsat

Berikut ini menjadi langkah paling akhir sebagai cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang dipakai. Akan tetapi saat melakukan kunjungan ke Samsat terdekat guna mengetahui siapa pemilik kendaraan tersebut.

Ada beberapa dokumen yang wajib Anda bawa meliputi KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotocopy ddan BPKB asli kendaraan yang akan dicek tersebut. Kemudian itu akan ada biaya yang dibebankan untuk pengecekan kendaraan ini.

Namun kami saran sebaiknya lakukan pengecekan kendaraan Samsat terdekat, saat Anda sudah ingin benar-benar membeli mobil bekas dan memastikan keabsahan dokumen-dokumen dari kendaraan tersebut sebelum melakukan transaksi jual beli.

Itulah informasi mengenai cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor kendaraan yang telah kami rangkum dari berbagai sumer. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button