Cara Mengetahui Pengguna WiFi di Android

Baaca.id — Cara mengetahui pengguna WiFi di Android merupakan salah satu metode sederhana agar WiFi tidak mudah dibobol oleh pengguna lainnya.

Kasus WiFi dibobol dan lainnya sudah terbiasa terjadi di masyarakat hingga terkadang membuat pemiliknya resah.

Fidelity atau disebut sebagai WiFi yang jaringan internetnya memakai gelombang radio 2,4 Ghz-5 Ghz.

Gelombang radio seperti itu biasanya dimanfaatkan untuk menghubungkan dengan Laptop, hingga smartphone.

Namun, terkadang jaringan internet yang berbasis teknologi WiFi tersebut seringkali lambat membuat akses internet pun jadi lemot

Ada beberapa penyebab internet WiFi lemot jumlahnya banyak mengakses WiFi. Kemudian jangkauan rauter yang jauh.

Penyebab lainnya adalah tumpukan sampah elektronik atau cache yang ada di aplikasi menumpuk dan faktor-faktor lainnya.

Pengguna WiFi di Android

Pengguna WiFi begitu banyak, bahkan banyak kemungkinan munculnya perangkat milik orang lain yang tidak kenal.

Perangkat yang terdeteksi telah menggunakan WiFi melalui Android sudah tentu merugikan pemilik akun WiFi, atau dengan kata lain password WiFi sudah dibobol oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Kasus seperti itu memberikan pengaruh besar terhadap kinerja WiFi. Cara mengetahui pengguna WiFi di Android dapat ditemukan di berbagai aplikasi ponsel.

Sederet aplikasi telah banyak diciptakan oleh para programmer mengatasi pembobol WiFi. Sejumlah aplikasi tersebut bisa ditemukan dan diunduh di Google Play secara gratis. Selain WiFi, ada kouta internet dan paket pulsa sebagai alternatif jaringan internet yang biasa digunakan.

Baca Juga:

Cara Mengetahui Pengguna WiFi di Android

Ada beberapa cara mengetahui pengguna WiFi di Android dengan memakai sejumlah metode, yang berdasarkan dari berbagai sumber berikut ini:

Aplikasi FING

Aplikasi FING merupakan salah satu rekomendasi alat untuk mengetahui pengguna WiFi di Android. Kemampuan memindai perangkat yang terkoneksi di WiFi.

Perangkat yang terdapat pada aplikasi FING menjadi salah satu cara cek pengguna WiFi di Android.

Aplikasi tersebut memiliki kemampuan mendeteksi router, WiFi, laptop, komputer yang terhubung dengan WiFi yang dimiliki.

Aplikasi Who’s on my WiFi

Who’s on my WiFi merupakan salah satu rekomendasi aplikasi cara cek pengguna WiFi di Android. Kinerja aplikasi tersebut menarik mampu menunjukkan perangkat WiFi yang telah digunakan pengguna lainnya.

Namun, aplikasi itu tidak menampilkan nama perangkat hanya alamat IP jenis perangkat. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, Anda harus edit secara manual dan saat membuka aplikasi tersebut langsung terlihat jumlah perangkat yang terhubung lengkap dengan alamat IP.

WiFi Scanner

Cara cek pengguna WiFi di Android, yaitu WiFi Scanner. Sebuah fitur yang berfungsi melihat historis pengguna WiFi setiap harinya.

Informasi yang disajikan secara lengkap meliputi tipe perangkat, IP address dan Mac address yang juga dilengkapi tes kecepatan internet.

Cara cek pengguna WiFi di Android dengan aplikasi WiFi Scanner cukup mudah. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store.

Cek Aktivitas WiFi

Aktivitas WiFi yang tinggi menyebabkan beberapa masalah salah satunya layanan internet jadi lambat.

Indikator lambatnya internet WiFi dapat dilihat dari lampu pada router nirkabel yang berkedip-kedip.

Lampu router yang seperti itu menunjukkan ada seseorang yang memakai WiFi oleh seseorang.

Ubah Status Menjadi Stranger

Metode lain untuk cara cek pengguna WiFi di Android yaitu ubah status menjadi stranger. Cara mudah cukup masuk ke Router Manager lalu pilih Block.

Metode seperti ini memiliki kemampuan perangkat asing tersebut tidak akan dapat terhubung dengan jaringan WiFi yang Anda miliki.

Akses IP Address Router

Ada beberapa cara untuk cara cek pengguna WiFi di Android dengan akses IP address router. Keunggulan lain dari IP address Router tersebut bisa memakai semua tipe smartphone.

Cara cek pengguna WiFi di Android dengan melihat bagian belakang router. Pada bagian tersebut terlihat jelas nomor IP address seperti 192.168.1.1 maupun 192.168.0.1.

Memblokir Perangkat yang Mencurigakan

Jaringan WiFi lambat bisa jadi karena ada pengguna yang sengaja  memakai WiFi tanpa izin dengan cara memblokir penggunanya.

Cara blokir pengguna WiFi tak berizin tersebut mudah, cukup masukkan IP router pengguna ke browser dan lihat detail login router di halaman berikutnya.

Setelah masuk router pilih opsi Security-nya kemudian klik MAC Filtering dan Add Device. Langkah selanjutnya masuk alamat MAC yang ingin diblokir dan klik Apply, Save atau Ok. Dengan cara ini otomatis perangkat tersebut terblokir.

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button