Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Termudah dan Resmi

Baaca.id — Masih banyaknya peserta yang bingung mengenai cara mengetahui tunggakan BPJS yang benar. Informasi mengenai BPJS ini sudah banyak, namun kalau penyajiannya bertele-tele alias tak langsung ke poin yang dibahas jadi bikin pusing.

Anda pasti malas membaca informasi seperti itu, apalagi kalau Anda ingin buru-buru mendapatkan informasinya. Alih-alih sukses, eh malah tersesat ikuti cara mengetahui tunggakan BPJS yang isinya berputar-putar.

Baik langsung saja ya, simak ulasan kami untuk Anda mengetahui bagaimana cara mengetahui tunggakan BPJS dan cara membayar BPJS yang mudah dan tak ribet, seperti apa caranya yuk kita cek sama-sama!

Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Beserta Tagihannya

Untuk cek tunggakan BPJS, Anda dapat menggunakan salah satu langkah di bawah ini.

1. Melalui SMS

Untuk cek tagihan BPJS via SMS, Anda hanya perlu mengetik NIK (spasi) (nomor induk kependudukan Anda) atau NOKA (spasi) (nomor kartu BPJS Anda), kemudian kirimkan ke nomor BPJS di 08777-5500-400.

2. Melalui Website

Anda juga dapat mengecek tunggakan BPJS melalui via website, dengan mengakses halaman resmi BPJS di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Kemudian isi data yang diperlukan berupa nomor kartu BPJS, tanggal lahir dan angka validasi. Setelah itu pilih menu Cek dan data pembayaran bakal keluar. Anda akan mendapatkan informasi mengenai nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ditanggung dan status aktif.

Baca Juga:

3. Melalui Aplikasi

Untuk mengecek tagihan BPJS melalui aplikasi smartphone, pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu di App Store maupun Play Store. Kemudian masukkan nomor BPJS dan alamat email.

Setelah berhasil masuk aplikasi, pilih menu Tagihan > Premi. Kemudian jumlah tunggakan BPJS akan muncul.

4. Melalui nomor virtual account

Menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda akan diberikan nomor kartu dan nomor rekening virtual (virtual account) di kartu anggota dan dikirim melalui pesan SMS. Nomor kartu ini berguna untuk pengecekan tagihan dan status keanggotaan kalau Anda ternyata lupa.

Sementara nomor rekening virtual berguna untuk pembayaran iuran karena ada banyak cara, baik konvensional maupun platform digital, untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memiliki nomor virtual account di bank tersebut.

Nomor VA ditambah nomor di kartu peserta itulah yang menjadi nomor tujuan Anda untuk membayar iuran, Artinya apabila Anda kehilangan kartu tersebut dan lupa nomornya, Anda tak dapat membayar iuran.

Nomor VA sendiri dapat berbeda antara bank yang satu dan bank yang lain. Untuk bank BRI, nomor VA-nya adalah 88888, sedangkan untuk bank Mandiri nomor VA-nya adalah 89888. Anda langsung kasih contoh saja biar Anda paham.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan

Ada kalanya Anda kehilangan kartu anggota BPJS dan lupa berapa sih nomor BPJS-mu. Padahal nomor tersebut dibutuhkan untuk mengecek tagihan yang perlu Anda bayar. Untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan, Anda melakukan cara berikut ini.

1. Hubungi Call Center

Hubungi call center BPJS Kesehatan untuk mengetahui nomor BPJS. Petugas akan membantu Anda untuk mendapatkannya.

2. Pakai Kartu BPJS Kesehatan Milik Anggota Keluarga

Kalau punya Anda hilang, Anda sebenarnya bisa lho meminjam kartu BPJS Kesehatan milik anggota keluarga. Asalkan anggota tersebut sudah terdaftar pada kartu keluarga yang sama dengan Anda.

Cara Bayar BPJS Kesehatan

Sekarang bayar BPJS Kesehatan semakin mudah karena ada beberapa metode yang dapat lakukan. Tinggal dipilih saja metode mana yang mudah Anda lakukan. Berikut ini metode pembayaran tagihan BPJS tersebut.

  • Bayar di Kantor BPJS Kesehatan
  • Bayar di ATM BRI, BNI Mandiri, BTN, BCA
  • Bayar di Kantor Pos
  • Bayar di Indomaret dan Alfamart
  • Bayar di loket pembayaran multitagihan
  • Bayar melalui e-commerce
  • Bayar lewat mobile banking

Jangan sampai Anda kena denda karena telat bayar iuran BPJS Kesehatan ya! Jadi Anda sudah tahukan cara mengetahui tunggakan BPJS dan cara cek tagihan BPJS yang mudah dan gak ribet?

Semoga cara-cara diatas dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa iuran dan tunggakan BPJS Kesehatan yang harus Anda bayarkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button