Cara Mengetahui Umur Kucing

Baaca.idKucing ternyata memiliki umur hidup yang lebih lama, apabila diberi nutrisi yang bagus. Selain Anda rawat dengan cara memberikan vaksin secara rutin dan juga terapi. Dari perawatan di atas disinyalir dapat membuat umur si meong lebih dari 15 tahun.

Membahas soal umur kucing, untuk menentukan umur pada hewan imut ini memang cukup sulit ya. Tetapi umur dari kucing ini dapat diketahui dengan cara memeriksa bagian tubuh si kucing misalnya gigi dan bulu.

Tingkah laku dari si meong juga dapat menjadi patokan umur lho. Berikut ini cara mengetahui umur kucing yang wajib Anda ketahui.

Cara-cara Mengetahui Umur Kucing

1. Memeriksa Gigi Kucing

Untuk cara mengetahui umur kucing dengan cara memeriksa gigi kucing. Ada beberapa patokan yang meliputi:

Menghitung jumlah gigi kucing

Dengan bertambahnya usia, gigi kucing akan berubah pada setiap waktunya. Saat si meong tengah merasa santai dan nyaman, maka Anda dapat mencoba untuk memeriksa giginya dengan tujuan mengira pada umurnya.

Berikut ini beberapa patokan yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Gigi yang pertama tumbuh terhadap anak kucing menjadi gigi seri (umur 2 sampai 4 minggu) serta taring (3 sampai 4 minggu) dengan gigi geraham (4 sampai 6 minggu).
  • Kucing yang berusia belum genap empat bulan belum memiliki gigi geraham.
  • Pada umur enam bulan sampai satu tahun, si meong mulai memiliki gigi dewasa yang menyeluruh. Di umur ini seluruh gigi dari si meong berwarna putih serta tidak terlihat usang.

Memperhatikan gigi yang menguning

Dengan bertambahnya usia pada si kucing, giginya juga akan menampakan tanda-tanda penuaan. Gigi yang kuning dimiliki oleh si kucing menandakan bahwa ia sudah berusia dewasa atau tua.

  • Pada umur dua tahun gigi si meong mulai menampakan gigi yang sedikit menguning.
  • Di umur lima tahun gigi si meong akan mulai bertambah kuning.
  • Diantara umur lima sampai sepuluh tahun, gigi kucing si meong sudah akan terlihat dengan jelas.

Memeriksa kondisi gigi si meong

Cara mengetahui umur kucing dapat Anda lihat dari kondisi atau keusangan gigi si meong. Periksa keadaan gigi si meong untuk memperkirakan keusangan serta menentukan usia pada kucing.

2. Memeriksa Bulu dan Tubuh Kucing

Berikutnya cara mengetahui umur kucing yang menjadi patokannya antara lain:

Memeriksa ketebalan bulu si kucing

Ternyata panjang pendeknya bulu si meong juga tergantung dengan umurnya lho. Sehingga cara mengetahui umur kucing dengan cara melihat tingkat kelebatan pada bulu si meong, maka Anda dapat mengira-ngira berapa umurnya.

Baca Juga:

Merasakan tekstur bulu si kucing

Memiliki perbedaan yang samar terhadap tekstur bulu si meong pada setiap masa siklus pada hidupnya. Dengan lewat perbedaan tersebut, Anda dapat mengira-ngira si meong yang Anda miliki.

Memperhatikan tipe tubuh si kucing

Dengan bertambahnya usia, maka tingkat keenergikan si meong juga akan berubah, dalam perubahan dari tingkat aktivitas ini juga akan ikut mempengaruhi bentuk dari postur tubuhnya. Maka Anda dapat mengira-ngira umur dari si meong hanya dengan melihat tubuhnya.

3. Melihat Tingkah Laku Kucing

Kemudian cara mengetahui umur kucing dengan cara memperhatikan tingkah laku dari si kucing. Ada beberapa patokannya berikut ini:

Memperhatikan kondisi mood si kucing

Saat kucing sudah berusia tua cenderung memiliki pendengaran dan penglihatan yang kurang baik atau mulai memudar. Dan si kucing juga akan sering merasakan sakit akibat encok. Jika si meong kesayangan Anda tampak seperti diatas maka si meong lagi sakit.

Memperhatikan gerak gerik si meong saat menggunakan litter box

Jika si meong ini memiliki masalah dalam memakai kotak kotorannya, maka terdapat beberapa kemungkinan dari permasalahan. Secara spesifikasi, kucing yang memiliki usia tua mungkin akan sedikit kesulitan dalam memakai kotaknya.

Memperhatikan pola tidur si meong

Kucing memiliki waktu tidur yang bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Maka Anda dapat memperhatikan pola tidur si meong untuk mencari perubahan seiring dengan bertambah usia si meong.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button