Waspada, Begini Cara Mengetahui Undian Asli atau Penipuan

Baaca.idBadan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat terjadi peningkatan penipuan undian berhadiah lima kali lipat pada 2021 dibandingkan pada tahun sebelumnya. Modus penipuan ini marak ditemukan pada layanan SMS, aplikasi chatting atau media sosial lainnya.

Sampai saat ini berbagai promosi dalam penjualan produk sering diselipi dengan penawaran yang menggiurkan berupa hadiah menarik atau doorprize dalam kemasan. Bahkan tak sedikit pula dijumpai warga yang memperoleh undian gratis berhadiah melalui SMS atau telepon.

Akan tetapi Anda harus menyikapinya dengan hati-hati sebab rawan terjadi penipuan. Untuk cara mengetahui undian asli atau palsu, kami memiliki trik khusus untuk Anda agar bisa memastikan kebenarannya.

Pertama, cara mengetahui undian asli memiliki izin undian dari Kementerian Sosial yang terdapat nomor izin yang ditampilkan dalam kupon undian. Apabila nomor izin dari Kemensos tidak ditampilkan, maka dapat dipastikan undian itu abal-abal (palsu).

Kedua, pemenang undian yang mendapatkan hadiah pasti akan dipanggil oleh penyelenggara dan bertemu langsung disaksikan notaris, perwakilan Dinas Sosial dan dari kepolisian. Kemudian hadiahnya juga bisa langsung ditunjukkan kalau dimintai sejumlah uang pajak.

Akan tetapi apabila pengumuman pemenang undian disampaikan melalui SMS atau telepon, dapat dipastikan bahwa undian tersebut palsu. Sebab, ujung-ujungnya nanti Anda diminta mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan.

Baca Juga:

Cara Mengetahui Undian Asli atau Penipuan

1. Cermati Pengirim Pesan

Dengan modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi, salah satunya melalui WhatsApp. Cara tersebut dinilai efektif untuk mengantisipasi dengan memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.

Apabila terdapat panggilan oleh akun bisnis WhatsApp yang mengaku sebagai perwakilan dari penyelenggara undian berhadiah, maka diharapkan untuk memperhatikan nomor tersebut sesuai dengan situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara.

Jika nomornya berbeda, apalagi nomor tersebut meminta data pribadi dan informasi lainnya, maka dianjurkan untuk tidak merespon dan dapat melaporkan akun tersebut ke pihak WhatsApp agar segera ditangani.

2. Perhatikan Tautan yang Diberikan

Modus ‘phising’ akan mengarahkan calon korban ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Untuk itu, menyamakan dengan situs resmi dari penyelenggara undian dianggap penting untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan Anda.

3. Waspadai Bentuk Permintaan Informasi Pribadi dan Biaya

Pada penyelenggaraan undian berhadiah kebanyakan dilakukan verifikasi data pribadi. Pada tahap ini, peserta undian rentan terhadap aksi penipuan yang berkedok verifikasi data pribadi, sehingga pemungutan biaya sebelum mendapatkan hadiah.

Untuk itu diharapkan memperhatikan dengan seksama segala bentuk informasi dan syarat ketentuan yang berlaku, saat mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu program terutama yang bersifat daring.

Informasi yang biasanya dibutuhkan oleh penyelenggara untuk proses verifikasi antara lain : nama lengkap, nomor telepon, nomor identitas (KTP/SIM), alamat sesuai kartu identitas, bukti nomor undian.

Apabila dari pihak penyelenggara meminta Anda untuk menyebutkan identitas yang bersifat sensitif seperti pin ATM, nomor kartu kredit, nama ibu kandung maupun memungut biaya maka dapat dipastikan hal tersebut sudah mengarah pada modus penipuan berkedok undian.

4. Hubungi Pihak Penyelenggara

Terakhir, cara mengetahui undian asli atau penipuan adalah menghubungi pihak penyelenggara undian berhadiah. Hal ini dinilai penting untuk segera mengambil tindakan saat menemukan atau menerima informasi yang meragukan.

Selain melalui telepon, smsm maupun chat WhatsApp pelaku umumnya juga menggunakan saluran komunikasi konvensional dalam bentuk surat yang dikirimkan berisi tata cara klaim hadiah. Surat yang dikirimkan ini dibuat seolah menyerupai pengumuman resmi.

Maka segera Anda menghubungi call center pihak penyelenggara untuk melaporkan adanya potensi modus penipuan dan mencegah diri Anda terjebak ke dalam penipuan tersebut. Apabila Anda sudah terlanjur memberikan informasi pribadi segera hubungi pihak berwajib.

Kemudian untuk memastikan undian tersebut palsu, cobalah untuk menelpon nomor yang tertera di kupon doorprize itu. Bagi masyarakat awam yang tidak bingung saat mendapatkan kupon maupun undian doorprize berupa hadiah langsung.

Sehingga di sarankan untuk tidak langsung meresponnya ya. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melaporkan pada dinas sosial terlebih dahulu atau bisa ke pihak berwajib seperti polsek dan menanyakan kebenaran undian tersebut.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui undian asli atau abal-abal yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan tetap waspada ya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button