Cara Menghidupkan HP Jika Tombol Power Rusak

Baaca.id Membahas tentang tombol power, ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan tombol power HP rusak. Misalnya karena jalur tombol power tidak terhubung. Jika HP kamu terkena minyak atau air, pada umumnya akan muncul adanya kerak yang akan menyebabkan jalur tidak terhubung dengan sempurna.

Selain itu, ada juga karena switch pada tombel power yang sudah aus, oleh karena itu tembaga yang ada di dalam switch tidak bisa lagi menyalurkan listrik. Alasan rusaknya tombol power selanjutnya yaitu karena adanya arus pendek.

Tanda jika HP kamu mengalami korsleting atau arus pendek yaitu dengan ciri-ciri HP akan menyala dengan sendirinya dan mati sendiri.

Kerusakan pada HP tentunya sudah menjadi hal yang wajar. Yang paling sering mengalami kerusakan salah satunya yaitu tombol power HP yang rusak. Meskipun biaya servis tidak seberapa, tetapi pastinya akan menjadi lebih boros jika hal ini sering terjadi. Untungnya ada beberapa cara menghidupkan hp jika tombol power rusak.

Menghidupkan HP tanpa tombol power memang bisa kamu lakukan. Hal ini menjadi pilihan sekaligus alternatif ketika tombol power di ponsel rusak. Kerusakan yang terjadi pada HP yang kita miliki memang tidak dapat direlakan.

Meskipun kita sudah berusaha untuk mengantisipasi adanya kerusakan, tidak menutup kemungkinan gangguan akan datang kembali.

Berikut ini adalah beberapa cara menghidupkan HP jika tombol power rusak selengkapnya.

Ada dua kondisi ketika tombol power HP kamu rusak, yaitu HP dalam kondisi aktif dan nonaktif atau mati total yang dikutip dari Jalantikus.com seperti di bawah ini.

Baca Juga:

Cara Menghidupkan HP Jika Tombol Power Rusak dalam Kondisi Aktif

1. Colok Memakai Benda Lain

Cara menghidupkan HP jika tombol power rusak, yaitu dengan memakai benda lain. Terdapat beberapa kasus yang mengakibatkan tombol power mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Hal ini dapat dipengaruhi karena bagian luar atau covernya hilang sehingga di dalamnya menyisakan karet. Untuk dapat menekan bagian yang menonjol di dalam tombol power, kamu dapat menggunakan benda-benda lai yang dapat menjangkaunya.

Seperti tusuk gigi, SIM card ejector, dan lain-lain. Benda tersebut aman untuk dipakai mencolok. Pastikan juga kamu tidak memakai benda tajam untuk mencoloknya.

Untuk penggunaan tusuk gigi juga, pastikan ujungnya sudah tumpul. Jika tombol bagian dalam masih berfungsi, seharusnya dengan cara ini HP kamu bisa menyala kembali.

2. Sambungkan dengan Charger atau Powerbank

Buat kamu yang tidak mau ribet, coba isi baterai dengan sesaat. Kamu bisa memakai charger biasa atau dengan powerbank. Jika HP kamu masih dalam keadaan aktif dan menyala, secara otomatis layar akan menyala saat dihubungkan ke charger. Kemudian kamu lanjutkan dengan membuka kunci layar.

3. Menggunakan Tombol Lain untuk Menyalakan Layar

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power, yaitu dengan memakai tombol volume up dan down. Sebelumnya kamu pastikan bisa membuka layar dengan memakai metode pada cara 1 dan 2. Selanjutnya kamu tinggal ikuti cara-caranya sebagai berikut ini.

  1. Instal dan aktifkan aplikasi Power Button to Volume Button.
  2. Lalu klik opsi Enable/Disable Volume Power sampai ikon gear berubah warna.
  3. Aktifkan opsi Boot dan Screen Off untuk sepenuhnya memakai tombol volume sebagai pengganti tombol power.
  4. Selanjutnya restart HP untuk mulai memakainya.
  5. Menggunakan tombol volume up/down sebagai pengganti tombol power. Lalu Tekan Turn off screen untuk mematikan layar.
  6. Instal Double Tap to Wake

Selain itu kamu juga bisa memakai fitur ini yang biasanya sudah tersedia pada HP Android terbaru. Selanjutnya kamu hanya mengetuk layar 2 kali dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci HP. Akan tetapi untuk HP seri lama belum memiliki fitur seperti ini, kamu bisa menginstal aplikasi yang akan kita bahas cara pemasangannya seperti di bawah ini.

  1. K dan install aplikasi Double Tap Screen On and Off.
  2. Aktifkan opsi Double tap to Screen On. Klik OK jika muncul peringatan.
  3. Ketuk aplikasi bernama Screen Off untuk mematikan layar. Aktifkan izin Device Administartor-nya terlebih dulu.
  4. Manfaatkan sensor biometrik.

HP Android rilisan terbaru, mulai dari segmen entry level sampa flagship, saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan sensor biometrik. Yang paling umum digemari yaitu sensor fingerprint atau sidik jari.

Selain fingerprint, ada juga fitur biometrik lain, yaitu face unlock sampai irish scanner yang juga pernah dipakai. Untuk menyalakan HP tanpa tombol power untuk semua tipe HP, kamu bisa ikuti cara-caranya seperti di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan pada HP
  2. Pilih opsi Lock Screen & Password.
  3. Klik opsi Add fingerprint. Lalu pilih jenis kunci layar yang akan kamu pilih.
  4. Atur PIN atau kunci layar sesuai keinginan kamu misalnya kode pin 123456. Lalu tekan Got It pada pop-up yang muncul.
  5. Ikuti proses penambahan sidik jari sesuai dengan apa yang ditampilkan.
  6. Lepaskan dan Pasang baterai.

Salah satu cara yang biasa digunakan di HP ialah dengan melepas dan memasang kembali baterai hp secara cepat saat logo booting muncul pada saat dihubungkan ke cas.

Penggunaan awalnya cukup gampang yaitu kamu hanya perlu menghubungkan ke sumber daya, di saat yang sama pada saat logo booting atau charging muncul ditengah layar, seketika lepas kabel cas dan baterai, selanjutnya kamu pasang kembali secara cepat. Akan tetapi tidak semua perangkat bisa menggunakan cara ini. Karena hanya ada beberapa perangkat tertentu.

4. Menggunakan Ejector SIM Card

Cara yang terakhir, kita bisa pakai ejector SIM Card dan atau sejenisnya untuk menghidupkan HP tanpa menekan tombol power. Pada umumnya, tray SIM atau wadah SIM Card ini akan membuat HP menjadi aktif saat dikeluarkan. Berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Ambil dan siapkan ejector SIM Card HP dan atau benda sejenisnya.
  2. Tancapkan bagian lancip diujungnya ke lubang disamping HP untuk mengeluarkan tray SIM Card.
  3. Lalu, keluarkan saja tray SIM HP kamu.
  4. Setelah tray SIM sukses dikeluarkan, pada umumnya HP akan langsung hidup tanpa memencet tombol power.
  5. Jika HP kamu sudah nyala, pasang tray SIM untuk mulai memakainya.

Akn tetapi, pastikan kamu menggunakannya dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kotoran pada SIM Card saat menggunakan ejector. Karena hal itu menyebabkan sim card tidak terbaca di perangkat kamu.

Cara Menghidupkan HP Jika Tombol Power Rusak dalam Keadaan Mati

Jika HP kamu mengalami kerusakan pada tombol power rusak dalam keadaan mati, kamu jangan khawatir karena hal ini masih bisa dipakai dengan menggunakan cara lain, yaitu dengan memakai PC atau laptop yang sudah terpasang software minimal ADB and Fastboot.

Akan tetapi sebelum itu, pastikan perangkat HP kamu sudah mengaktifkan fitur USB debugging yang terdapat pada opsi Developer options. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Download dan aktifkan software Minimal ADB and Fastboot.
  2. Tekan dan tahan tombol volume down saat HP kamu dalam keadaan mati.
  3. Lalu sambungkan HP Android dengan PC dengan memakai kabel USB.
  4. Buka software Minimal ADB and Fastboot.
  5. Masukkan perintah ‘adb devices’ dan tekan Enter untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung atau tidak.
  6. Masukkan perintah ‘fastboot reboot’ dan Enter.

Setelah melakukan cara-cara seperti di atas, maka secara otomatis HP Android kamu akan terestart dengan sendirinya dan akan masuk ke tampilan awal.

Begitulah cara menghidupkan HP jika tombol power rusak pada HP Android. Sekarang kamu tidak perlu panik dan langsung pergi ke service center untuk menservisnya. Jika HP kamu sudah benar-benar rusak parah dan mendesak, kamu baru bisa melakukan servis.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button