12 Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur

Baaca.id Umumnya pada anak yang memiliki usia di bawah 3 tahun masih mengompol dikasur pada saat tidur malam. Akibatnya yaitu menimbulkan noda dan bau pesing dari ompol pada kasur dan pakaian.

Untuk mencegah anak Anda mengompol seenaknya sendiri, Anda bisa memakaikan popok atau dengan memakaikan pampers. Bau pipis atau kencing yang menempel pada kasur, jika tidak cepat ditanggulangi akan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Apalagi jika terkena kasur, selimut, sofa, atau karpet di dalam rumah.

Tugas seorang ibu adalah membersihkan dan membuat tempat tersebut menjadi wangi kembali. Kebanyakan dari para ibu hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Akan tetapi, hasilnya kurang maksimal karena bau ompol dan noda yang tidak mau hilang dan masih mengganggu hidung.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau ompol di kasur yang susah hilang dilansir dari 99.co:

Baca Juga:

12 Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur

1. Alkohol 70%

Pada umumnya, cairan alkohol yang mempunyai kadar 70% sering digunakan untuk membersihkan luka. Akan tetapi mempunyai manfaat lain yang istimewa yaitu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau ompol yang menempel di kasur.

Bagaimana cara menggunakannya? Anda dapat memberikan alkohol 70% ke permukaan kasur yang terkenal ompol. Lalu, diamkan beberapa saat dan tempelkan kain atau handuk bersih diatasnya untuk menyerapnya. Selanjutnya jemur kasur di bawah sinar matahari supaya kasur cepat kering.

2. Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur dengan Memakai Obat Kumur

Anda perlu mencampurkan obat kumur dengan air secukupnya. Kemudian siapkan sikat gigi bekas untuk menggosok-gosok cairan kering bekas ompol yang menempel di kasur. Masukkan sikat gigi ke dalam cairan obat kumur, kemudian gosokkan secara perlahan. Sama dengan penggunaan cara alkohol tadi, Anda harus menempelkan handuk atau kain kemudian, lalu jemur di bawah sinar matahari.

3. Gunakan Bedak Bayi

Jika Anda ingin memakai cara menghilangkan bau ompol di kasur tanpa dijemur, Anda bisa menggunakan bedak tabur bayi. Bedak bayi yang mempunyai aroma wangi bisa menghilangkan bau ompol anak pada kasur.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu, dengan menaburkan bedak bayi secukupnya pada permukaan kasur. Kemudian, diamkan sekitar 1 jam supaya bedak bayi menyerap bau ompol dan menggantinya dengan aroma wangi bedak bayi. Jika Anda merasa sudah cukup meresap, bersihkan bedak menggunakan vacuum cleaner supaya tidak berantakan.

4. Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur dengan Baking Soda dan Cuka Putih

Cara menghilangkan bau ompol di kasur yang satu ini bisa menjadi solusi untuk kasur yang tidak menyerap air seperti, springbed. Langkah pertama yaitu dengan mencampurkan baking soda dan air.

Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke atas permukaan kasur yang terkena ompol. Selanjutnya, tuangkan cuka putih pada bagian permukaan kasur tersebut. Tempelkan dengan memakai kain, handuk dan lap yang sudah dibasahi air. Jika sudah selesai, jemur kasur sampai kering.

5. Tepung Maizena

Bahan yang satu ini merupakan yang praktis dan bisa dijadikan alternatif cara menghilangkan bau ompol di kasur. Anda hanya perlu menyiapkan tepung maizena . Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, cukup taburkan tepung maizena secara merata ke atas permukaan kasur yang terkena ompol.

Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan memakai vacuum cleaner atau kain yang sudah dibasahi dengan air agar tepung tersebut terangkat sempurna.

6. Memakai Kapur Barus

Cara menghilangkan bau ompol di kasur selanjutnya yaitu dengan memakai  kapur barus yang sudah dibubukkan. Sebelum menaburkan bubuk kapur barus Anda harus membersihkan area ompol terlebih dahulu dengan menggunakan deterjen.

Setelah itu, keringkan bekas ompol tadi dengan menggunakan hair dryer. Kemudian, biarkan semalaman sampai keesokan harinya, kemudian bersihkan sisa-sisa bubuk kapur barus secara keseluruhan.

7. Semprotkan Pewangi Pakaian

Cairan pewangi pakaian juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau ompol di kasur. Pertama-tama, Anda harus membuat campuran cairan pewangi pakaian dengan air yang dimasukkan ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke area kasur yang terkena ompol tadi. Setelah itu Anda bisa membiarkan kasur kering dengan sendirinya atau dengan menjemur dibawah sinar matahari, bisa juga dengan memakai kipas angin/hair dryer.

8. Gunakan Soda Kue dan Deterjen

Taburkan bubuk soda kue ke kasur yang terkena ompol. Selanjutnya, diamkan sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan. Kemudian, Anda harus membuat larutan sabun dengan takaran 1 sendok makan deterjen cair yang dicampur dengan 1 liter air bersih.

Masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan ke area yang terkena ompol. Diamkan sekitar 10-30 menit supaya meresap sampai bagian dalam kasur. Jika sudah selesai, pakaikan handuk atau lap kering yang bersih, lalu tekan-tekan pada permukaan yang basah tersebut.

9. Lapisi dengan Koran Bekas

Cara menghilangkan bau ompol kali ini hanya memerlukan beberapa koran bekas. Koran bekas digunakan untuk melapisi area bekas ompol. Tidak banyak yang tahu bahwa koran bekas ini bisa menyerap ompol di kasur sambil ditekan-tekan.

10. Buat Larutan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan bahan beracun bila tertelan atau terhirup. Akan tetapi, bahan kimia ini merupakan pembersih dan penghilang bau yang efektif. Anda dapat memakai hidrogen peroksida ini langsung dari botol atau dicampur air dengan perbandingan 1:2 terhadap air.

Basahi area bernoda ompol tersebut dengan hidrogen peroksida yang telah diencerkan atau tidak diencerkan juga bisa.

11. Oleskan Boraks Pada Noda Urin

Boraks merupakan bahan kimia yang umum ditemukan dalam produk pembersih. Cara menggunakannya yaitu basahi area yang kotor dengan air. Lalu Taburkan boraks di area tersebut. Menggosok boraks dengan memakai kuas atau kain. Kemudian diamkan sampai mengering. Ketika sudah benar-benar kering, sedot area tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner.

12. Menghubungi Jasa Pencuci Springbed

Supaya mendapatkan hasil yang lebih baik dan cara yang benar-benar praktis yang tidak merepotkan yaitu dengan menghubungi  jasa pencuci springbed. Untuk menemukannya pun cukup mudah apalagi di wilayah perkotaan. Biasanya, mereka yang akan datang ke rumah, setelah Anda menghubunginya. Mereka datang dengan membawa peralatannya secara lengkap.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button