Cara Mengikuti Webinar Prakerja

Baaca.id – Seperti yang telah kami singgung di postingan sebelumnya yang meginformasikan kalau webinar jadi salah satu ketentuan supaya sertifikat timbul di dashboard prakerja yang mana peraturan ini diawali pada gelombang ke-4 serta seterusnya.

Meski banyak dikeluhkan oleh para partisipan kartu prakerja yang baru saja lolos, tetapi kenyataannya webinar ini senantiasa dijalankan demi insentif dari pemerintah. banyak yang keluhan menimpa ketentuan baru di gelombang ke-4 ini apalagi banyak yang bilang webinar itu ribet.

Terdapat pula yang merasa kalau partisipan yang lolos gelombang keempat ini dianak tirikan sebab peraturan yang agak ketat dari tadinya serta pula terdapat sebagian permasalahan lain semacam sertifikat prakerja tidak timbul di dashboard.

Tetapi sepatutnya kita simak saja peraturan pemerintah ini, toh ini demi kebaikan Anda sendiri. serta sesungguhnya apa sih yang diartikan dengan webinar di prakerja ini serta bagaimanakah cara mengikuti webinar prakerja?

Dari tadi saya ngoceh ngalor ngidul, tetapi belum membagikan uraian cara mengikuti webinar prakerja ya? eits, sebelum kalian membaca postingan ini kami sarankan supaya perhatikan dengan baik supaya bisa paham.

Baca Juga:

1. Pengertian Webinar

Webinar ialah suatu aktivitas ataupun seminar yang dilakukan secara daring ataupun online. Biasanya tujuan utama dari webinar merupakan membagikan data dari pemateri ataupun pembicara kepada pendengar dengan perbandingan jarak yang jauh. umumnya aktivitas ini dicoba memakai aplikasi tertentu, salah satu contohnya memakai aplikasi Zoom.

Jadi webinar ini dapat pula dimaksud selaku seminar yang dilakukakan secara online. kemudian gimana cara mengikuti webinar prakerja. Berikut uraian sepenuhnya.

2. Cara Mengikuti Webinar Prakerja

Pada ulasan kali ini saya akan mencontohkan webinar yang dicoba dengan aplikasi Zoom saja sebab memanglah mayoritas webinar di prakerja ini dilakukan via Zoom serta kebetulan ketika megnikuti webinar ini saya memakai Zoom yang cocok dengan persyaratan lembaga pelatihan di Bitlabs.

Serta ketika kita melihat persyaratan webinar pada pelatihan di Skill Academy juga memakai aplikasi Zoom. berikut sesi buat megnikuti webinarnya. Tetapi saat sebelum membaca langkah-langkah di bawah ini harusnya kalian telah mempunyai aplikasi Zoom terlebih dulu yang dapat diunduh di PlayStore, Appstore, di website resminya pula terdapat buat komputer:

  1. Simak Pelatihan Prakerja dari awal sampai akhir.
  2. Sehabis itu kalian akan dibagikan link mengisi form webinar (jika tidak ada, cek email).
  3. Isi formnya serta cek email apakah sama dengan email untuk prakerja.
  4. Kirim dan tunggu link buat mengikuti webinar (umumnya lewat email).
  5. Bila telah memperoleh email semacam ini klik tulisan “klik disini”.
  6. Simak langkahnya, setelah itu bila telah sukses tunggu serta cek email.
  7. Bila terdapat balasan semacam di bawah ini klik “Click Here to Join”.
  8. Hingga secara otomatis kalian hendak dialihkan ke aplikasi Zoom.
  9. Setelah itu isi nama dengan Nama Kalian sendiri yang terdaftar di prakerja, email juga wajib sama dengan yang ada pada catatan prakerja.
  10. Simak Webinarnya, tulis chat ataupun pembahasan.

Panduan Mengikuti Webinar Prakerja

Cara Manual

Cara pertama yaitu dengan cara masuk secara manual. Pertama-tama, masuklah terlebih dulu ke web resminya. Log in serta carilah kolom webinar. Di situ, akan terlihat agenda beserta data lengkap dari Zoom tersebut. Pada data tersebut, carilah meeting id serta passwordnya.

Apabila meeting ID serta password telah didapat, copy kedua informasi tersebut dan masuk ke room meeting. Biasanya, mengikuti webinar prakerja dengan memakai aplikasi Zoom. Oleh karena itu, pastikan untuk install aplikasi tersebut terlebih dulu.

Jika aplikasinya telah terunduh, barulah ID serta password dapat dicoba. Ketika ID serta password telah dimasukkan, jangan cemas ketika belum masuk ke webinar. Sebab, Anda perlu diizinkan terlebih dahulu sampai sampai pihak admin menerima permintaan izin akses mengikuti webinar. Proses penerimaan ini sendiri umumnya tidak lama.

Cara Otomatis

Apabila cara manual dirasa sangat susah, Anda dapat menggunakan cara otomatis. Pada cara otomatis, masukkan ID serta password. Sebab, Anda cuma butuh membuka email formal dari prakerja. Pada email formal itu, akan ada link buat masuk ke Zoom. Klik link itu dan kamu akan otomatis masuk ke Zoom.

Kedua metode tersebut dapat dicoba dengan mudah. Tetapi di ketika sudah di dalam Zoom, pastikan untuk memerhatikan dengan baik. Sebab, apa yang dipaparkan sangat berguna buat kedepannya.

Demikian informasi mengenai cara mengikuti webinar prakerja, semoga membantu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button