Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Baaca.id — Cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar merupakan salah satu bagian proses dari tata cara melamar pekerjaan.

Daftar riwayat hidup atau CV merupakan syarat utama dalam mendaftar suatu pekerjaan di perusahaan atau instansi terkait.

Sebelum memahami cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar. Anda terlebih dahulu perlu mengerti apa itu daftar riwayat hidup atau CV?

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae biasa juga disingkat CV adalah suatu resume atau kesimpulan yang membahas tentang data diri lengkap dari tanggal, bulan dan tahun lahir.

Juga berisi mengenai riwayat pendidikan yang pernah ditempuh dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi.

Tidak lupa juga cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar dengan mengisi daftar pengalaman pekerjaan yang pernah dilakukan selama beberapa tahun terakhir dalam bentuk CV.

Daftar riwayat hidup ini menjadi cara efektif untuk mendapatkan kesempatan pekerjaan yang diidamkan.

Hal lain dari curriculum vitae yang penting diketahui merupakan hal yang pertama dilihat suatu perusahaan atau institusi dari seorang pelamar pekerjaan.

Dari sebuah CV begitu penting bagi seorang pelamar pekerjaan, karena cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar sebagai kunci utama. Atau dengan kata lain dari CV tersebut memberikan kesan pertama yang ada pada diri seorang pelamar oleh suatu perusahaan atau instansi terkait.

Cara Mengirimkan CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Kirim CV dalam Bentuk File PDF

Alasan CV dalam bentuk file PDF bertujuan agar mudah dibaca dan dipahami. Anda bisa mengubah file ke PDF mudah, cukup klik tombol save kemudian pilih bentuk file di file dokumen yang akan tersimpan.

Mengisi Alamat dan Subjek di Bagian Email

Hal yang penting dalam cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar, adalah mengisi alamat dan subjek di bagian email.

Baca Juga:

Anda wajib mengisi alamat maupun subjek yang di email, karena untuk memastikan alamat email yang dituju, tanpa menulis alamat email, surat lamaran pekerjaan tidak akan pernah sampai tujuan. Kesalahan alamat email dapat merugikan Anda sendiri.

Setelah alamat email diisi kemudian mengisi subjek di bagian email sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Posisi tersebut adalah staf perusahaan, maka pada subjek di bagian email ditulis staf perusahaan berikut nama pelamar.

Menulis di Body Email dengan Gaya Bahasa yang Lugas

Langkah selanjutnya yang penting diketahui yaitu penulisan di body email. Penulisan di body email perlu diperhatikan, karena tulisan di body ini semacam surat lamaran untuk mengirimkan CV dan berkas lainnya ke perusahaan atau instansi terkait.

Penulisan surat lamaran alangkah baiknya semenarik mungkin dengan gaya bahasa yang lugas dan semiformal. Alasannya, surat lamaran yang di tulis dalam body email merupakan kunci utama dalam melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, penting dihindari kesalahan tulisan di body email, karena bisa jadi hanya satu kalimat terdapat kesalahan lamaran Anda ditolak.

Salah satu poin penting dalam mengirim CV lewat adalah menulis kalimat tentang beberapa alasan.

Mengapa memilih pekerjaan tersebut sesuai kriteria maupun keinginan Anda. Tidak lupa juga tulis apa saja yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan seperti kemampuan, pengetahuan, hingga jasa dimiliki.

Saat menulis surat lamaran, penting Anda lakukan untuk mempromosikan diri atas prestasi yang Anda miliki selama ini

Mengisi bagian akhir paragraf dengan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atau, instansi yang telah mempertimbangkan CV yang terlampir.

Kemudian tidak lupa dalam paragraf tersebut Anda menyebutnya telah melampirkan CV dan persyaratan lainnya yang sudah terkirim.

Di akhir paragraf dan penutup bagian surat lamaran penting pula disertakan kalimat hormat saya, kemudian di tulis nama lengkap sesuai KTP.

Melampirkan Semua Persyaratan

Sesudah mengisi semua bagian dari email, selanjutnya kemudian mengecek, melihat secara menyeluruh kelengkapan berkas atau data yang diminta oleh perusahaan.

Kelengkapannya tersebut meliputi KTP, transkrip nilai, ijazah, foto, sertifikat dan lainnya yang disimpan dalam file tidak lebih dari 2 MB.

Berikutnya dalam proses penyimpanannya setiap perusahaan biasanya meminta file berbeda-beda. Mulai dari file bentuk pdf, docx, doc hingga RAR.

Jika dimintai menyertakan foto, pastikan kualitas foto terbaik dan jelas tidak lebih 2 MB. Bentuk tulisan, dari format yang sudah dikirimkan.

Kemudian, pastikan cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar tanpa ada kesalahan apapun.

Sebelum memutuskan mengirimkan surat lamaran beserta CV dan lainnya perlu dilakukan pengecekan kembali.

Pastikan pula isi surat lamaran, lampiran, subjek sampai alamat email semuanya benar. Setelah yakin dengan surat lamaran beserta CV dan lainnya segera kirimkan ke alamat email yang dituju.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button