Cara Mengirim Sepeda Motor via Kantor Pos Indonesia

Baaca.id — Bagi Anda yang kebetulan memiliki rencana untuk pergi ke luar kota, atau mungkin sudah berada di luar kota, namun ternyata Anda tidak memiliki kendaraan yang bisa digunakan untuk bepergian ke mana-mana, maka opsi untuk mengirim kendaraan Anda dari daerah asal, sepertinya patut untuk dicoba.

Contohnya saja, jika Anda seorang mahasiswa asal Jakarta yang memutuskan merantau ke kota Yogyakarta, maka alternatif untuk membawa motor yang ada di Jakarta merupakan sebuah pilihan mutlak. Dan, Anda bisa mengirimkan sepeda motor kesayangan Anda, salah satunya melalui Kantor Pos Indonesia.

Hal itu membuat Kantor Pos Indonesia turut menyediakan layanan pengiriman sepeda motor antar daerah. Tenang saja, tarif ongkos kirimnya cukup terjangkau, dan disesuaikan dengan jenis motor yang hendak dikirim.

Ketentuan Sepeda Motor yang Dapat Dikirim Melalui Kantor Pos

Cara mengirim sepeda motor via Kantor Pos yang pertama, adalah menggunakan layanan Paket Pos Jumbo Motor, layanan ini melayani pengiriman paket dalam ukuran besar maksimal 150kg atau sesuai ketentuan lain termasuk sepeda motor, dengan spesifikasi mesin maksimal 250 cc. Jenis sepeda motor yang dapat dilayani antara lain motor sport, moge, vespa, bebek, dan matic.

Namun, layanan ini tidak dapat melayani pengiriman sepeda motor berjenis roda 3.

Motor yang dikirim lewat Pos Indonesia, secara estimasi akan sampai di daerah penerima dalam 14 hari. Adapun Anda juga dapat melacak keberadaannya, menggunakan nomor resi pengiriman yang diberikan oleh Pos Indonesia.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa sepeda motor yang dikirimkan tidak bisa diantar langsung ke alamat penerima, melainkan penerima sendiri yang harus mengambil motor tersebut langsung (tidak boleh diwakilkan), karena ini adalah barang berharga.

Ongkos kirim setiap jenis sepeda motor pun berbeda, karena motor bebek dikonversikan langsung menjadi 100 kg, motor sport dikonversikan 150 kg.

Berikut ini adalah tata cara mengirim Sepeda Motor via Kantor Pos Indonesia.

1) Pengirim datang langsung ke kantor pos Indonesia.
2) Membawa sepeda motor yang hendak dikirim.
3) Temui loket pengiriman khusus.
4) Mengisi Formulir pengiriman dengan lengkap dan benar.
5) Petugas akan memeriksa kelengkapan sepeda motor yang akan dikirim.
6) Pengirim melakukan pembayaran ongkir dan lain-lain.
7) Kemudian Anda akan mendapatkan nomor resi atau AWB.
8) Selesai.

Pengemasan akan dilakukan oleh petugas di kantor pos, dan biaya akan dibebankan kepada pengirim. Biasanya ini akan dijadikan satu dengan ongkos kirim, sehingga sekali bayar langsung selesai.

Baca Juga:

Sebelum memutuskan mengirim sepeda motor lewat Kantor pos Indonesia, pastikan tangki BBM motor tersebut harus dalam keadaan kosong, begitu juga dengan aki, agar segera dilepas dari tempatnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko berbahaya selama dalam perjalanan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melepas kaca spion, untuk meminimalisir kerusakan pada bagian tersebut, karena sepeda motor Anda sangat berpotensi akan terbentur ke sana-ke mari selama dalam perjalanan.

Surat-surat berharga seperti STNK dan BPKB tidak diikutkan dalam pengiriman ini. Maka jika dibutuhkan, Anda bisa mengirimkannya melalui jenis paket dokumen.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa tata cara mengirim sepeda motor via kantor pos ini, tidak berlaku untuk seluruh cabang Kantor pos. Hanya kantor pos tertentu di setiap kabupaten/kota saja yang memberikan pelayanan ini kepada masyarakat. Sehingga, Anda harus datang langsung ke kantor Pos yang kebetulan menyediakan layanan ini.

Cara Mengecek Ongkos Kirim Sepeda Motor

Setelah mengetahui tata cara mengirim sepeda motor via kantor pos, selanjutnya Anda juga dapat mengetahui tarif pengiriman motor antar kota menggunakan layanan milik kantor Pos Indonesia, yang bisa dibilang relatif murah, bila dibandingkan dengan perusahaan jasa ekspedisi lainnya. Selain itu, kantor Pos Indonesia juga telah memiliki pengalaman yang cukup panjang serta jangkauan yang luas.

Berikut ini adalah aspek-aspek khusus yang perlu Anda perhatikan, ketika ingin mengirim sepeda motor Anda via Kantor Pos Indonesia.

1). Datang ke Kantor Pos Pemeriksa (Kantor Pos di Ibu Kota Kabupaten).

2). Pengirim wajib menunjukkan STNK asli dan melampirkan fotokopinya.

3). Mengisi Formulir pengiriman yang telah disediakan.

4). Pengemasan akan dilakukan oleh Pos Indonesia.

5). Biaya pengemasan menjadi beban pengirim.

6). BBM harus dalam keadaan kosong.

7). Aki tidak dalam keadaan terpasang.

8). Kaca Spion wajib dilepas.

Baiklah, itu dia cara mengirim sepeda motor via kantor Pos Indonesia. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda semua, terutama bagi yang hendak mengirimkan kendaraannya ke daerah perantauan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button