Cara Mengkilapkan Body Motor dengan Mudah dan Praktis

Baaca.id — Body sepeda motor selalu mengkilap, mesin awet dan performa yang bagus menjadi impian setiap pengguna sepeda motor.

Cara mengkilapkan body motor dengan bahan murah dan alami merupakan salah satu cara perawatan sepeda motor yang sederhana. Perawatan motor dengan cara mengkilapkan body motor membuat awet dan tetap kinclong seperti baru.

Motor tampak kusam dan kotor tentunya menjadi tidak menarik. Ada banyak sebab body motor kotor salah satunya debu kotoran yang menempel pada body motor.

Body motor yang jarang dibersihkan bukan hanya bodynya yang kusam, tetapi juga mempengaruhi mesin motor dan penurunan performa tidak terlihat baru lagi.

Cara mengkilapkan body motor dengan benar maupun perawatan berkala memiliki manfaat, antara lain: aman dan nyaman, karena kondisi motor bersih dari debu dan berfungsi secara optimal mula lampu, rem hingga lampu

Nilai jual tetap tinggi, meski motor bekas. Body motor yang selalu mengkilap seperti baru mempengaruhi harga sebuah sepeda motor membuat harga nilai jualnya tinggi.

Cara Merawat Body Motor Tetap Mengkilap yang Mudah dan Praktis

Merawat body motor tetap mengkilap cukup mudah  tidak membutuhkan biaya besar. Kesemuanya itu kembali cara perawatannya yang dilakukan secara rutin.

Rutin Mencuci Motor

Seminggu sekali motor dicuci dengan air dicampur sabum khusus atau bahan alami lainnya. Sabun deterjen tidak perlu dipakai mencuci motor membuat cat motor menjadi cepat kusam.

Parkir di Tempat yang Teduh

Cat motor yang sering terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu lama cat motor cepat memudar.

Parkir di lokasi yang banyak pepohonan salah satu cara melindungi body motor tetap mengkilap. Pakai pelindung motor yang banyak dijual di pasaran.

Pakai Pengkilap Khusus dan Hindari Zat Kimia

Dengan cara memakai pengkilap yang direkomendasikan, kemudian menghindari zat kimia merupakan salah satu cara mengkilapkan body motor secara sederhana.

Karena zat kimia pada pengkilap mengandung  senyawa asam atau zat pewarna yang dapat merusak cat motor.

Baca Juga:

Keringkan Motor Setelah Dicuci

Sesudah motor dicuci sebaiknya keringkan  bodu motor dengan kain yang bersih sampai tidak ada air yang tersisa. Air yang tersisa tersebut bila kering meninggalkan noda atau bercak-bercak yang nantinya lama kelamaan warna cat memudar.

Gunakan Kompon

Bentuk dari kompon yang berupa gel atau pasta merupakan salah satu alat pembersih body motor yang efektif. Daya pembersih kompon ampuh menghilangkan noda yang melekat body motor.

Cara mengkilapkan body motor dengan kompon mudah, yaitu cukup oleskan gel kompon pada bodi motor secukupnya. Saat oleskan kompon sedikit saja secukupnya. Terlalu banyak penggunaan bahan gel ini akan membuat cat motor mengelupas.

Lalu, gosok pelan-pelan dengan kain bersih, lembut secara memutar.

Sesudah goresan atau noda hilang. Anda bisa mengulangi lagi supaya body motor menjadi mengkilap. Kompon dapat diperoleh di toko-toko bangunan dan cat terdekat.

Gunakan Minyak Goreng Kelapa Sawit

Cara mengkilapkan body motor dengan minyak  goreng kelapa sawit yang masih baru. Body motor dapat mengkilap tanpa noda menggosoknya dengan mengoleskan minyak goreng pada body motor.

Setelah itu, digosok arah memutar dengan bantuan kain lembut dan bersih setelah motor dicuci dengan air.

Menggosok body motor dengan minyak  goreng motor sebelum mencuci motor tidak ada fungsinya karena minyaknya akan hilang terkena air.

Minyak goreng yang digunakan untuk cara mengkilapkan body motor, adalah minyak goreng  yang masih baru bukan minyak goreng bekas.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa juga dimanfaatkan untuk mengkilap body motor. Caranya mudah sebelum mengoles dengan minyak kayu putih.

Terlebih dahulu motor dilap kain lembut dan bersih baru, kemudian body motor dilap dengan kain yang telah diberi secukupnya minyak kayu putih secara perlahan. Hasilnya body motor mengkilap noda hilang tanpa bekas.

Mencuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Air hujan mempengaruhi warna cat pada body motor, kemudian supaya body motor tetap mengkilap segera mencuci motor sesudah terkena air hujan.

Air hujan mengandung asam nitrat, jika terlalu lama menempel pada bodi motor, akan meninggalkan noda yang menghilangkan kilap cat dan akhirnya menjadi karat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button