Cara Mengurus Surat Pindah dengan Mudah dan Cepat

Baaca.id — Pindah domisili karena tuntutan pekerjaan merupakan salah satu alasan mengapa sebagian orang memilih dan memutuskan untuk pindah alamat.

Keputusan pindah domisili membuat seseorang mengharuskan mengurus sejumlah surat-surat berharga. Namun, sebagian orang terkadang tidak mengetahui bagaimana cara mengurus surat pindah tersebut. Hal ini menjadi mudah ketika nanti mengganti data di kartu keluarga maupun KTP.

Manfaat Memiliki Surat Pindah

Sebelum memahami cara mengurus surat pindah, Anda sebaiknya pula mengetahui fungsi maupun manfaat dari surat pindah tersebut.

Manfaat dari mengurus surat pindah tersebut memudahkan saat nanti ada kepentingan perbankan atau pembuatan paspor, pemilu, dan finansial yang tentu membutuhkan data sesuai dengan tempat tinggal saat ini.

Pengaruh surat pindah begitu besar terhadap berbagai hal termasuk KTP maupun KK. Urusan penting dalam beberapa hal juga membutuhkan surat pindah.

Pembuatan akta kelahiran, urusan pernikahan, jual beli tanah, hingga urusan perbankan. Oleh karena itu, mengurus surat pindah tersebut penting dilakukan.

Syarat Mengurus Surat Pindah Domilisi

Persyaratan surat pindah domisili tidaklah sukar, Anda hanya menyiapkan beberapa berkas penting. Mulai dari KTP dan KK asli dan fotokopinya. Kemudian 3 lembar foto ukuran 3X4, surat pengantar pindah dari RT/RW setempat.

Tidak lupa juga surat pindah yang telah distempel dari kantor kelurahan dan kecamatan penting untuk disertakan dalam lampiran.

Baca Juga:

Prosedur dan Cara Mengurus Surat Pindah

Pertama: Mula-mula Anda siapkan berkas kemudian dilengkapi kesemuanya termasuk fotokopi KTP dan lainnya yang dibutuhkan.

Surat pengantar pindah kepada RT/RW setempat dengan mendatangi rumah ketua atau ketua RW tempat Anda tinggal.

Anda perlu menyerahkan beberapa berkas persyaratan yang telah dipersiapkan sebelumnya sebagai syarat untuk mendapatkan surat pengantar pindah alamat KTP tanpa biaya apapun.

Kedua: Sesudah mendapatkan surat pengantar dari RT/RW. Langkah berikutnya pergi ke kantor kelurahan setempat.

Saat dating ke kelurahan tidak lupa membawa berkas persyaratan penting seperti surat pengantar, kartu keluarga, dan KTP Anda yang asli beserta fotokopinya.

Ketika mengunjungi kantor kelurahan, Anda mesti melaporkan kepada petugas kelurahan di domisili bahwa Anda ingin pindah alamat.

Anda juga harus mengisi formulir permohonan pindah domisili. Setelah formulir diisi, Anda dapat mendapatkan surat pengantar atau keterangan yang harus dibawa ke kantor kecamatan.

Ketiga: Di kantor kecamatan, berkas-berkas yang dari kelurahan diperiksa kembali kelengkapannya. Jika memenuhi persyaratan Anda akan memperoleh surat keterangan yang di tandatangani oleh camat setempat.

Surat keterangan dari kecamatan kemudian dibawa ke kantor Disdukcapil. Di Disdukcapil berkas-berkas tersebut diperiksa kembali. Baru kemudian ditandatangani untuk memperoleh surat keterangan pindah domisili yang baru.

Mengurus Surat Pindah di Domisili Baru

Setelah pindah ke domilisi yang baru, Anda datang ke kantor kelurahan setempat dengan membawa surat pindah dari tempat yang lama. Di kantor kelurahan Anda harus mengisi formulir F-1.38 atau surat pindah datang yang ditandatangani oleh lurah setempat.

Selanjutnya, Anda pergi ke kantor kecamatan dengan membawa formulir untuk ditandatangani oleh camat setempat. Baru kemudian datang ke kantor Disdukcapil dengan membawa formulir dari kantor kecamatan dan berkas-berkas lainnya.

Dari sinilah akhirnya surat keterangan pindah datang tersebut ditandatangani oleh Disdukcapil. Kemudian surat keterangan pindah datang ini sebagai pengganti KTP sementara sembari menunggu KTP baru terbit.

Urusan surat pindah tidak dipungut biaya apapun, tetapi setiap daerah memiliki kebijakan dan prosedur yang berbeda-beda.

Urus Surat Pindah Bisa Diwakilkan Keluarga

Ketika pindah domisili bisa diwakilkan oleh keluarga dalam urusan tersebut. Namun, setiap daerah memiliki kebijakan masing-masing.

Di daerah kota Surabaya urusan surat pindah bisa di wakilkan oleh keluarga dengan persyaratan sebagaimana yang dilansir http://dispendukcapil.surabaya.go.id.

Surat pindah yang telah habis masa berlakunya bisa diperpanjang. Cara memperpanjang surat pindah cukup mudah.

Anda dapat melegalisir surat pindah yang telah habis masa berlakunya di instansi terkait dengan membawa berkas-berkas penting.

Berkas tersebut sebagai berikut: KK Asli, KTP asli, fotokopi akta kelahiran bila ada dan fotokopi akta kawin bila sudah kawin. Urus legalisir surat keterangan pindah juga bisa di wakilkan oleh keluarga.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button