Cara Meningkatkan Konsentrasi

Baaca.id — Cara meningkatkan konsentrasi otak dengan mengonsumsi makanan yang bergizi membuat pikiran fokus dan konsentrasi. Dengan konsentrasi pekerjaan akan cepat selesai dengan hasil yang baik dan maksimal.

Namun, terkadang konsentrasi itu sulit, akibat dari berbagai gangguan membuat konsentrasi pun menjadi terganggu. Biasanya konsentrasi yang hilang disebabkan oleh beberapa faktor.

Berbagai hal bisa memicu gangguan konsentrasi baik dari masalah kesehatan atau penyebab lainnya. Lantas, apa penyebab konsentrasi terganggu? Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi otak itu?

Sebelum memahami cara meningkatkan konsentrasi otak. Terlebih dahulu penting mengenali faktor-faktor penyebab sulit konsentrasi

Penyebab Sulit Konsentrasi

Kurang Tidur

Istirahat yang kurang mempengaruhi mood, daya  tubuh maupun konsentrasi menurun akibat otak tidak ada istirahatnya. Kurang istirahat berdampak pada kesulitan konsentrasi.

Kurang Berolahraga

Kegiatan olahraga penting untuk kesehatan tubuh. Tetapi kurang dan jarang melakukan aktivitas olahraga membuat konsentrasi pun sulit. Aliran darah tidak lancar hingga membuat oksigen juga kurang maksimal mengalir ke otak.

Rajin berolahraga energi dalam tubuh terbakar, kemudian dengan cara ini oksigen dalam otak pun mendapat suplai yang cukup dari tubuh.

Pola Makan yang Kurang Sehat

Makanan yang tidak sehat memicu munculnya obesitas atau berat badan berlebih. Tubuh yang berat badan lebih membuat sulit bergerak aktivitas serta kurang berolahraga.

Gerakan tubuh yang aktif maupun sehat mempengaruhi kesehatan otak. Tubuh yang sehat membuat otak bekerja secara maksimal dan bisa lebih konsentrasi.

Pola makan yang sehat menjadi cara  meningkatkan konsentrasi otak yang simpel dan mudah. Komsumsi makanan yang sehat bergizi mengandung protein dan omega baik bagi kesehatan otak.

Stress Berlebihan

Sulit konsentrasi akibat dari stress atau banyak pikiran. Stress membuat otak tidak fokus hingga menyebabkan konsentrasi otak terganggu.

Cara Meningkatkan Konsentrasi yang Mudah dan Efektif

Sarapan Pagi

Sarapan di pagi hari memberikan nutrisi dan gizi seimbang pada tubuh. Dengan sarapan pagi kesehatan otak menjadi lebih baik, kemudian Anda juga bisa fokus bekerja.

Saat pagi hari alangkah baiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Komsumsi makanan yang kaya serat seperti gandum, produk susu, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga:

Konsumsi Ikan

Ikan kaya protein dan gizi yang tinggi, tetapi juga kandungan asam lemak omega 3. Konsumsi Ikan secara teratur menjadi salah satu cara  meningkatkan konsentrasi.

Komsumsi Ikan setidaknya 2 kali seminggu. Beragam ikan bisa dikonsumsi secara bergantian sebagai salah satu meningkatkan gizi sekaligus kesehatan otak Anda.

Makan Coklat dan Kacang-kacangan

Kandungan vitamin E yang ada di dalam kacang-kacangan yang tinggi, tetapi juga mengandung antioksidan dipercaya mampu  meningkatkan konsentrasi.

Selain kacang-kacangan, jenis cokelat dark kaya akan jenis dark chocolate bahkan kaya kafein yang bisa bantu meningkatkan konsentrasi.

Olahraga Rutin

Rutinitas sehari-hari dengan olahraga selama 70 menit per minggunya dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Olahraga teratur membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Kondisi tubuh yang prima memiliki kemampuan meningkatkan kesehatan otak. Dari sinilah kemudian kemampuan untuk konsentrasi pun lebih baik

Melatih Otak

Kesehatan otak perlu mendapat perhatian dengan latihan supaya otak tetap terjaga. Ada beberapa cara melatih kesehatan otak, salah satunya adalah permainan atau kuis.

Metode pelatihan ini cukup sederhana dan mudah yang dirancang khusus untuk melatih kemampuan kognitif. Beberapa permainan maupun kuis yang bisa dilakukan melatih kognitif, salah satu ya adalah teka teki silang

Permainan lainnya yang dapat dicoba yaitu permainan sudoku, catur, dan permainan memori. Sejenak bermain games setidaknya 15 menit selama 5 hari. Cara tersebut mampu meningkatkan konsentrasi.

Tidur Berkualitas

Istirahat yang cukup memperbaiki pola  hidup. Dengan tidur berkualitas otak dapat bekerja secara maksimal  dan meningkatkan konsentrasi.

Mediasi

Mediasi salah satu cara melatih otak agar tetap sehat. Mediasi tersebut pelatihan pernafasan selama 30 menit. Mediasi dapat di lakukan setiap pagi hari sesudah bangun dan malam hari sebelum tidur. Cara seperti ini membuat pikiran menjadi tenang konsentrasi pun menjadi lebih baik.

Istirahat di Antara Kegiatan

Istirahat sejenak selama rutinitas pekerjaan membuat pikiran lebih tenang. Istirahat penting dilakukan untuk memberikan kesempatan otak untuk jeda. Pengaruhnya luar biasa bagi kesehatan tubuh dan otak yang buat konsentrasi pun lebih baik.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button