Tips Cara Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar

Baaca.id — Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan. Kesehatan sangat menunjang dalam menentukan produktivitas Anda, terdapa banyak sekali kerugian yang diderita saat kesehatan kita menurun (sakit) seperti tidak menghasilkan uang, biaya obat mahal dll.

Akan tetapi masih banyak juga yang beranggapan bahwa untuk menjaga kesehatan harus mengeluarkan banyak uang karena makanan sehat dan olahraga itu mahal. Padahal itu semua nyatanya tidak benar.

Nah jika Anda ingin sehat dan bugar, yuk kita simak Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar berikut ini.

1. Berfikir Positif

Pertama, Anda bisa lakukan dengan cara berfikir positif. Mengapa demikian? Ingatkah Anda pada sebuah kalimat “Mens sana in corpore sano”? Ya, itulah jawabannya, di dalam tubuh yang sehat terdapat fikiran yang tenang dan sehat.

Usahakan selalu berfikiran positif terhadap segala macam masalah yang menerpa kita ya. Karena setiap masalah pasti ada solusinya. Kalau perlu hiburlah diri Anda agar selalu terhindar dari stres dan berfikiran positif.

2. Aktivitas Fisik

Lakukan secara rutin minimal 30 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. Aktifitas fisik bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga merupakan cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dan bersosialisasi maupun berkumpul bersama keluarga.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Buah dan sayuran merupakan salah satu komposisi makanan sehat. Konsumsi minimal lima porsi sayuran dan buah yang berbeda pada setiap harinya. Satu porsi adalah sekitar satu genggaman tangan, sepertiga dari porsi makanan.

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar konsumsi yang memiliki komposisi tepung seperti sereal, roti, kentang, nasi maupun mie. Sereal gandum maupun roti gandum lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang rendah serat lainnya.

4. Mengontrol Kondisi Emosional

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar juga membutuhkan kesehatan emosional dan istirahat yang cukup. Suasana hati yang bagus dapat menurunkan resiko terjadinya stress atau kecemasan.

5. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok maka ambil keputusan untuk memilih berhenti merokok merupakan salah satu tindakan paling efektif Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko menderita penyakit dikemudian hari.

Kita mengetahui sebelumnya dampak dari merokok dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker paru-paru, penyakit jantung dan serangan stroke.

Baca Juga:

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam dalam sehari merupakan Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar serta dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

7. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar kurangi mengkonsumsi alkohol secara berlebihan agar kesehatan Anda baik-baik saja. dampak buruk yang akan terjadi karena konsumsi alkohol secara berlebihan adalah gangguan pada organ.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit pankreas, hati, ginjal, perut, jantung dan masih banyak lagi dampak buruk yang akan terjadi pada si pengkonsumsi.

8. Menjaga Pola Makan

Anda harus menjaga pola makan, jangan sampai Anda meningkatan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tak bisa menjaga pola makannya, dia akan mudah terkena penyakit maag.

Gejala maag yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut. Berikut ini beberapa tips menjaga pola makan yang baik :

Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang sudah tak asing lagi tentang makanan dengan gizi yang seimbang, makanan yang bergizi adalah 4 sehat dan 5 sempurna.

Hindari Makan Berlebihan atau Kurang

Jangan sampai makan berlebihan maupun kekurangan, sebab kalau makan berlebihan dapat membuat Anda jadi gemuk atau obesitas.

Konsumsi Makanan Berserat

Makan makanan yang berserat (sayur dan buah) makanan yang berserat sudah dipercaya dan terbukti sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Anda harus makan makanan yang berserat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Makanan yang berserat memiliki fungsi untuk menghindari dari sembelit dan juga menyehatkan organ pencernaan. Dan dapat mengeluarkan racun yang menempel di usus terutama usus besar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button