Cara Menyimpan Cabe Biar Awet Berbulan-bulan

Baaca.id – Cabe termasuk salah satu bumbu masakan yang gampang busuk dan tidak bisa digunakan kembali apabila disimpan terlalu lama. Mayoritas orang Indonesia tidak bisa lepas dari cabe.

Biasanya cabe digunakan untuk membuat sambal atau sebagai bumbu masak. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang menyimpan banyak atau menyetok cabe di rumah.

Oleh karena itu cara menyimpan cabe agar awet harus diterapkan. Hal ini tentunya bukan hanya sekedar menyimpan ke dalam kulkas begitu saja, Namun kebanyakan orang menyimpan cabe di dalam kulkas supaya lebih awet.

Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa cara menyimpan cabe biar awet dan bahkan bisa bertahan sampai tiga bulan. Berikut ini adalah cara menyimpan cabe yang benar:

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

Cabut Tangkai Cabe

Cara menyimpan cabe biar awet bisa kamu perhatikan pada saat awal membelinya. Kesegaran cabe pasti akan terjaga lebih lama apabila dari awal tidak ada cacat.

Setelah memastikan bahwa cabe yang kamu beli merupakan cabe yang berkualitas dan masih mulus, kamu tinggal memisahkan cabe dari tangkainya. Hal tersebut penting dilakukan supaya cabe tahan lebih lama saat disimpan.

Baca Juga:

Cabe Tidak Perlu Dicuci

Harus kamu ingat, bahwa cabe yang baru saja dibeli dari pasar atau supermarket tidak perlu kamu cuci.

Cara menyimpan cabe biar awet ini cukup dengan mengelap cabenya saja sampai bersih. Kamu bisa memakai tisu kering untuk mengelap cabenya. Jika kamu akan mengolah cabe tersebut, barulah kamu perlu mencucinya dengan air bersih.

Cara Menyimpan Cabe agar Awet

Cara menyimpan cabe biar awet berikutnya yaitu siapkan wadah yang ada tutupnya, lalu alasi tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam. Lalu tata cabe yang akan disimpan ke dalam wadah, pastikan tidak terlalu penuh supaya cabe tidak rusak.

Selanjutnya taruh satu siung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabe. Bawang putih mempunyai

sifat anti bakteri, sehingga cabe tidak mudah busuk dan rasa pedasnya tetap ada.

Setelah itu, tutup wadah rapat-rapat lalu simpan ke dalam kulkas bagian bawah rak. Jangan pernah menyimpan cabe dalam freezer, yang ada membuatnya berair dan cepat busuk.

Jangan lupa untuk sering mengganti tisu dengan tisu yang baru apabila sudah terlihat sedikit basah supaya cabe tetap segar.

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet dengan Mengeringkannya

Mengeringkan cabe bisa membuat cabe menjadi awet, akan tetapi rasa pedas tidak hilang. Proses pengeringan bisa dilakukan diantaranya digantung di bawah sinar matahari, lalu panggang di dalam oven, ataupun memakai alat khusus dehidrator makanan.

Akan tetapi proses cara menyimpan cabe biar awet ini juga tidak sembarangan. Perlu kamu perhatikan wadah dan lokasi penyimpanannya.

Dilansir dari kompas.com, kamu dapat mempertimbangkan membeli dehidrator makanan jika sering mengeringkan bahan makanan. Harga dehidrator makanan ini mulai dari Rp 300.000. Alternatifnya, kamu bisa memakai oven rumahan dengan suhu yang rendah.

Akan tetapi, cara ini membuat cabe kering tidak merata dan cenderung membuatnya matang jadi cepat hitam. Sedangkan, jika mengeringkan cabe tanpa alat alias hanya digantung di bawah sinar matahari akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Mengeringkan Cabe Menggunakan Oven

  1. Pertama yaitu sortir cabe rawit, sisihkan yang mempunyai titik hitam. Apabila terdapat titik hitam, maka cabe akan tetap membusuk atau berjamur meskipun sudah dikeringkan.
  2. Cuci bersih cabe. Kamu dapat memakai sarung tangan supaya tidak terkena pedas cabe di tangan.
  3. Buang tangkai cabe. Kemudian belah cabe dengan ukuran memanjang. Biji cabe jangan dibuang supaya rasanya tetap pedas jika sudah dikeringkan.
  4. Panaskan oven dengan suhu sekitar 45-50 derajat celsius selama 10 menit. Simpan cabe di loyang yang beralaskan kertas roti. Bagian cabe yang terbuka menghadap atas.
  5. Oven cabe sampai benar-benar kering. Bisa memakan waktu sekitar 1-8jam.
  6. Taruh cabe kering dalam wadah kedap udara. Lebih baik lagi jika memasukkan penyerap oksigen ramah makanan.
  7. Simpan wadah berisi cabe kering jauh dari sinar matahari dan area lembab. Simpanlah di dalam lemari makan yang sejuk dan gelap.

Itulah tips dan cara menyimpan cabe biar awet yang telah dirangkum baaca.id. Selain menyimpan ditempat yang baik kamu juga bisa mengawetkannya dengan proses pengeringan. Semoga membantu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button