10 Cara Merawat Ayam Bangkok (BK) Untuk Pemula

Cara Merawat Ayam Bangkok | Baaca.Id – Bagi anda yang ingin merawat ayam bangkok anda perlu menambah beberapa pengetahuan tentang cara perawatan dan pelatihan ayam bangkok muda agar ayam tumbuh sehat dan lincah serta menjadi juara.

Apalagi di zaman yang serba modern ini, Anda bisa dengan mudah mencari informasi dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Salah satunya ada di depan Anda sekarang.

Cara Merawat Ayam Bangkok yang Masih Muda

Untuk membuat ayam aduan Anda kuat dan tangguh, perlu perawatan dan pelatihan yang tepat sejak masih muda, mulai 10 bulan setelah menetas, tapi ada yang bilang 6 bulan.

Ketika ayam mendapat perawatan intensif sejak usia muda, ia akan tumbuh dengan baik dan menjadi juara saat tumbuh.

Sangat disayangkan para peternak ayam aduan banyak yang mengabaikan hal ini, mereka meremehkan perawatan ayam di usia muda, atau mereka sedikit atau bahkan tidak melakukan kesalahan dalam merawat dan melatihnya, sehingga ayam-ayam tersebut dirugikan dan tidak layak untuk tumbuh.

Apa saja kesalahan bagi pemula saat ayam merawat aduan yang muda?

Kesalahan Fatal dalam Merawat Ayam Bangkok Muda

Nah, poin pertama adalah membahas kesalahannya terlebih dahulu, baru kemudian tentang perawatan dan pelatihan:

  • Menyediakan tempat yang buruk bagi ayam bangkok atau kandang yang tidak nyaman dan stress bagi ayam bangkok.
  • Jenis pakan yang diberikan kurang baik sehingga menyebabkan pertumbuhan kurang baik.
  • Ayam muda sering menerima perlakuan diskriminatif dari ayam atau ayam dewasa lainnya, sehingga mereka dapat menjadi lemah mental selama pertempuran.
  • Ayam muda sering berkelahi satu sama lain untuk kepemimpinan.
  • Kesalahan terakhir adalah mengawinkan ayam muda terlalu dini, padahal belum matang.

Menyiapkan Kandang Untuk Indukan dan Anakan Ayam Bangkok

Saatnya merawat ayam, hal yang terpenting adalah persiapan kandang. Ayam harus dipisahkan dari anak ayam. Karena model kandangnya juga berbeda maka kandang ayam didesain sedikit terbuka agar ayam bangkok bisa masuk matahari pagi dan dipukul.

Kandang ayam bangkok tertutup tapi hangat. Dengan begitu anakan Bangkok bisa bertahan lama dan tidak mati kedinginan.

Jika ayam bangkok memiliki semangat bertarungnya, segera dipisahkan dari teman-temannya. Biarkan dia sendiri dulu untuk memperbaiki kondisinya.

Anda harus memberinya makan dengan cepat agar dia cepat pulih dan siap bertarung.

Penyajian Makanan untuk Ayam Bangkok Muda Harus Diperhatikan

Anda harus memberi makan ayam bangkok muda secara teratur setiap hari, serta sesuai jadwal dan tepat waktu. Misalnya, jika anda memberi makanan kepada ayam pada jam 7 pagi, maka harus teratur pada jam 7 pagi setiap hari.

Sedangkan untuk pakan ayam bangkok disesuaikan dengan umurnya. Di bawah ini kami telah memberikan ulasan tentang perawatan ayam bangkok setiap umur dan diet yang tepat untuk pertumbuhannya.

Namun, pakan terbaik untuk ayam bangkok adalah biji-bijian dan beras merah. Mereka yang suka adu coke biasanya diberikan vitamin dan nutrisi ekstra untuk menjadi petarung yang lebih baik.

Dua kali malam mereka memberikan multivitamin B kompleks. Hal ini dikarenakan kondisi ayam pada malam hari yang tenang, sehingga multivitamin mudah diserap dan juga menjadi daya juang baginya.

Tidak agresif untuk ayam bangkok yang semangat juangnya sedang menurun, jadi kami sarankan untuk memberinya pakan tambahan berupa pakan hidup seperti jangkrik, kroto hidup dan tikus.

Dengan begitu ayam bangkok anda akan cepat sembuh dan menjadi agresif kembali.

Nah selanjutnya akan kami jelaskan satu persatu tentang cara merawat ayam bangkok berdasarkan umurnya.

Cara Merawat Ayam Bangkok Saat Berumur 0 bulan

Membuat ayam bangkok kuat dan tangguh harus dimulai sejak awal perawatan, yaitu saat menetas. Umumnya, telur induk ayam hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk ditetaskan.

Pada umur 1 hari setelah menetas, ayam biasanya harus diletakkan di wadah/kotak hangat dengan lampu kecil sebagai sarana penghangat tubuh bayi. Untuk makanan, konsentrat atau kecil bisa diberikan dalam mangkuk.

BACA JUGA :

Merawat bayi Bangkok usia 1-2 bulan

Pada usia 1-2 bulan, ayam bangkok mulai berkembang, dan tentunya Anda perlu menyediakan tempat yang luas agar ayam tetap nyaman. Kami berharap kandang tetap bersih setiap saat, karena ayam rentan terhadap penyakit.

Sedangkan untuk pakan ayam umur 1-2 bulan bisa diberikan dengan konsentrasi yang kurang dan sedikit serta vitamin yang membantu pertumbuhan ayam.

Selain itu, pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan lancar dan akurat karena Anda perlu makan dan minum secara teratur setiap hari.

Cara Merawat Ayam Bangkok Muda

Pada usia 3 bulan, Bangkok mulai menunjukkan sifat ayam yang sebenarnya. Dia bertarung dan bertarung dengan teman-temannya untuk mendapatkan wilayah.

Maka pada usia tersebut, Anda sudah bisa mulai mempraktekkannya. Untuk makanan Anda bisa memberikan konsentrasi besar, campuran beras, dedak dan biji-bijian.

Cara Merawat Ayam Bangkok dari umur 6 sampai 10 bulan

Seperti yang saya tulis di atas, untuk menghindari kontradiksi, dari 6 bulan ke atas, tolong pisahkan ayam dari yang lain. Jangan khawatir jika terjadi sesuatu, karena mereka tidak terlatih dengan baik.

Juga, ketika Anda berusia 6-10 bulan, ini adalah kesempatan Anda untuk memulai latihan dengan istirahat. Biarkan ayam bangkok keluar dari kandang untuk mandi di tanah.

Ayam Bangkok dimaksudkan untuk berotot dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Untuk makanan, saya sudah bisa memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan teman saya untuk membantu pertumbuhan tulang.

Selain itu, pada usia 10 bulan, ayam bangkok mulai menghiasi atau membesarkan bulu.

BACA JUGA :

Memandikan ayam bangkok muda

Banyak orang yang menganggap memandikan ayam itu sepele, bahkan jika dilakukan sembarangan bisa merusak bulu dan kualitas aduannya.

Jadi, ikuti langkah-langkah kami tentang cara memandikan ayam dengan benar:

  • Memandikan ayam pada jam 8 pagi karena tidak hujan.
  • Siapkan air bersih dari sumur, air hangat akan memecah jaringan pertumbuhan bulu ayam.
  • Jangan gunakan sabun.
  • Tahan ayam sampai dingin.
  • Ambil sedikit air dan usap kepala.
  • Tuangkan air dari leher ke bagian bawah tidur siang.
  • Ambil kain atau handuk dan usap air leher sampai ke ujung bawah (tujuannya agar leher tidak terlalu basah, lalu lap dengan kain atau handuk).
  • Bersihkan area jam, banyak kotorannya, jadi harus bersih banget.
  • Cuci punggung ayam, ketiak, kaki dan sayap dengan handuk basah. Ingat, bersihkan dan jangan disiram air karena akan merusak rambut dan keindahan warnanya.
  • Terakhir, bersihkan dubur ayam hingga bersih.

Inilah cara memandikan ayam yang benar. Sangat mudah, bukan? Jadi Anda benar-benar harus berhati-hati untuk tidak mencelupkannya ke dalam air atau menyemprotkannya seperti mandi manusia. Keringkan ayam bangkok Anda setelah mandi.

Keringkan ayam bangkok

Setelah mandi, jemur ayam di bawah sinar matahari pagi. Oleh karena itu, sebaiknya ayam dimandikan pada jam 8 pagi, agar dapat dijemur setelah dimandikan.

Masukkan ayam ke dalam kandang dan jangan lupa beri alas berupa kayu atau batu untuk menghindari ayam menggelinding dan kotor lagi. Jauhkan dari rumah dengan sinar matahari. Biarkan kering sampai jam 10 pagi.

Selebihnya, sinar matahari tidak mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan bulu.

Melatih ayam bangkok muda

Semua perawatan di atas akan menjaga ayam bangkok Anda tetap sehat, tetapi sehat saja tidak cukup dan Anda perlu melatihnya terlebih dahulu jika ingin ayam aduan Anda tangguh dan kuat.

Lakukan latihan fisik seperti latihan pernapasan dan otot, misalnya melompat, berkilauan dan berenang. Perhatikan juga daya tampung ayam anda, jangan berlebihan karena akan merusak ayam.

Kesalahan dalam melatih ayam bangkok muda:

  • Membiarkan ayam basah berlama-lama
  • Memandikan ayam yang belum cukup umur
  • Mandikan ayam dengan air hangat
  • Melatih dengan melemparkannya ke udara
  • Melatih ayam dengan barbel atau beban kaki

Nah Itulah 10 cara merawat ayam bangkok Semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button