Begini! Cara Pakai Bedak Lotong yang Mudah

Baaca.id — Cara pakai bedak lotong menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Cara pakai bedak lotong pun mudah dengan menggunakan bedak lotong untuk  perawatan kulit.

Lulur merupakan salah satu perawatan kulit yang oleh para wanita sejak zaman dulu sampai sekarang.

Perawatan kulit dengan cara pakai  lulur bedak lotong  mempunyai manfaat mulai dari mengangkat sel-sel kulit mati sampai mencerahkan kulit.

Ada beberapa jenis lulur tradisional lumpur, rumput laut hingga lulur cendana. Lulur bedak Lotong (bedak hitam) merupakan salah satu lulur tradisional berasal daerah Sulawesi Selatan. Penamaan bedak hitam, karena lulur tersebut terbuat dari beras ketan hitam.

Awalnya bedak lotong biasa di pakai kalangan bangsawan, tetapi perkembangan selanjutnya menjadi lulur khusus pengatin suku Bugis.

Namun, lulur bedak lotong kemudian  diproduksi oleh industri rumahan dengan jumlah terbatas sampai akhirnya bisa berkembang seperti sekarang

Lulur Bedak Lotong Terbuat dari Bahan Alami

Lulur bedak lotong merupakan lulur tradisional yang berbahan alami. Hal ini dapat dilihat dari komposisi bahan dasar lulur yang terdiri dari ketan hitam, kunyit, temulawak, kencur dan minyak zaitun.

Kandungan ketan hitam yang ada di bedak lotong kaya akan mineral, serat, antioksidan membantu regenerasi kulit yang cocok untuk semua jenis kulit.

Lulur bedak lotong kini mulai dipasarkan di swalayan dan supermarket seperti lulur bedak lotong Wardah, Sariayu dan beberapa merk lainnya.

Bahkan beberapa merk bedak lotong muncul variasi baru dengan mencampurkan dengan bahan asam Jawa. Asam Jawa diyakini memiliki kandungan asam tatrat, asam suksinat, sitrat.

Jenis-jenis asam ini mempunyai kandungan Aktivysitas alpha hydroxyacid atau AHA. Dengan cara pakai bedak lotong secara benar inilah bedak lotong yang mempunyai kemampuan mengangkat sel-sel mati sehingga kulit cerah alami.

Baca Juga:

Khasiat Lulur Bedak Lotong

Manfaat yang ada di bedak lotong mampu menghilangkan kulit kusam, mendinginkan kulit, melembabkan dan mempercepat penyembuhan luka. Kulit yang kusam dan berjerawat akan hilang jika cara memakai bedak lotong secara baik dan benar.

Setelah mengetahui khasiat dari bedak lotong, ada baiknya Anda juga memahami cara membuat bedak lotong. Dengan cara ini supaya nanti cara memakai bedak lotong pun menjadi mudah dan praktis.

Cara Membuat Bedak Lotong

Bahan bedak lotong mudah dan cukup menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut, yaitu: beras ketan, jeruk purut, asam Jawa, daun pandan, temu lawak dan wajan untuk menggoreng yang sebaiknya wajan bekas  atau wajan dari tanah liat.

Cara mengolah bedak lotong cukup mudah. Sangrai beras ketan hitam dengan irisan daun pandan sampai hangus merata warnanya. Setelah itu angkat beras, kemudian taruh di wajan.

Sesudah dingin campurkan perasan jeruk purut, asam Jawa serta parutan temulawak ke dalam beras tersebut. Lalu, beri air secukupnya dan  remas-remas ramuan tadi sampai benar-benar tercampur baru kemudian didiamkan selama semalaman keesokan harinya bisa digunakan.

Cara Pakai Bedak Lotong

Cara memakai bedak lotong mudah dan ada 2 cara yang bisa Anda coba. Pertama: mula-mula bersihkan badan dengan sabun sampai bersih. Anda dapat menggunakan dan menggosok ke badan dalam kondisi lembab sebagai body scrub

Cara seperti itu memudahkan ramuan bedak lotong meresap ke kulit. Kedua: Olesi tubuh dengan massase oil baru kemudian dioleskan bedak lotong. Atau dengan mengoleskan bedak lotong ke seluruh tubuh diamkan beberapa menit.

Langkah selanjutnya diamkan sejenak, kemudian gosok secara merata untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel pada tubuh dan bersihkan dengan air sampai bersih.

Cara pakai bedak lotong dengan metode sederhana yaitu siapkan wadah bersih, lalu tuangkan bedak lotong secukupnya  dan campurkan dengan air perbandingan 1:3 sampai tercampur rata.

Setelah itu oleskan pada tubuh pakai kuas atau tangan secara merata dan diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air.

Itulah ulasan singkat tentang cara pakai bedak lotong yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

 

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button