Cara Pasang Aki Motor yang Tepat

Baacaa.id — Diketahui, aki atau baterai merupakan salah satu komponen penting sepeda motor. Tanpa aki, sepeda motor tentu saja tidak akan bisa berjalan.

Namun, ternyata aki memiliki masa tenggang waktu hanya kurang lebih dari 2 tahun yang tergantung pada pemakaian. Sebelum mengetahui cara pasang aki motor, penting untuk mengenali fungsi dari aki motor.

Fungsi Aki Motor

Ada beberapa fungsi penting dari aki mulai dari menyalakan motor dengan starter, lampu penerangan, hingga berfungsi menyuplai daya pada mesin.

Ketika mendekati masa habis menunjukkan tanda-tanda salah satunya starter elektrik tidak berfungsi berarti aki sudah harus diganti.

Oleh karena itu, penting memperhatikan kondisi aki pastikan dalam baik. Sebelum mengetahui cara pasang aki motor yang rusak, perlu juga memahami tanda-tanda aki motor alami kerusakan berikut ini:

Starter Elektrik tidak bisa berfungsi

Cara pasang aki motor dapat dilakukan dengan melihat dari starter elektrik yang tidak berfungsi secara baik. Hal ini terjadi akibat aki yang ada dalam mesin motor kondisi rusak, kemudian menghidupkan mesin dengan cara manual.

Suara Klason Kurang Nyaring dan Cahaya Lampu Redup

Tanda lain aki motor rusak dilihat dari suara klakson dan cahaya lampu meredup. Tanda seperti itu memudahkan Anda untuk segera mengganti aki motor.

Masih ada beberapa tanda-tanda kerusakan pada aki motor yang penting mendapatkan perhatian bagi pengguna motor.

Lantas bagaimana cara pasang aki motor yang benar apalagi bagi pemula bisa jadi masalah, karena akan mengalami kesulitan memasangkannya.

Jenis-jenis Aki yang Penting Diketahui

Sebelum mengetahui cara memasang aki motor yang benar. Anda terlebih dahulu perlu memahami jenis-jenis aki motor.

Dengan cara ini Anda akan mengerti komponen-komponen aki motor yang sesungguhnya. Aki motor terdiri dari 3 jenis aki basah, aki hybrid, dan aki kering.

Ketiga jenis aki ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing salah satunya aki kering. Aki kering mempunyai tehnologi yang lebih canggih.

Perawatan aki kering lebih mudah daripada aki basah atau aki hybrid. Kandungan cairan elektrolit dan timah kalsium menjadi keunggulan jenis aki kering.

Kelebihan lain dari aki kering adalah mempunyai tutup segel yang kuat serta tidak mudah tumpah dan masih banyak beberapa kelebihan yang dapat ditemukan di jenis-jenis aki lainnya.

Mengganti Aki Rusak dengan yang Baru

Setelah mengetahui jenis-jenis aki perlu memahami aki yang telah rusak atau tidak. Cara memasang aki motor yang benar adalah salah satu solusinya.

Oleh karena itu, aki telah rusak tidak layak digunakan lagi dan segera diganti yang baru.

Cara mengetahui aki rusak atau tidak dengan membuka aki dari mesin motor. Ciri aki berkualitas dapat bertahan 3 tahun. Namun, kesemuanya itu tergantung pada pemakaian maupun perawatan.

Ciri aki motor rusak yaitu performa mengalami penurunan. Ciri-ciri seperti ini pertanda aki harus diganti dengan baru.

Baca Juga:

Tidak semua orang bisa menggantikan aki motor, apalagi bagi orang-orang awam yang minim paham seluk beluk motor.

Dirangkum dari berbagai sumber. Berikut ini cara memasang aki motor yang benar dan bisa dipelajari;

Pastikan Mesin Motor Keadaan Mati

Saat Anda melakukan pemasangan aki baru pastikan kondisi motor dalam keadaan mati. Setelah mesin motor mati cabut semua kabel yang menempel aki secara pelan-pelan dan hati-hati.

Cara Mencabut Kabel dan Baterai Aki

Ketika Anda akan mencabut kabel pastikan pula kabel yang Anda cabut bermuatan negatif. Tidak asal mencabut kabel aki, karena ada aturannya supaya kabel tidak rusak dan menghindari kemungkinan adanya konslet.

Cara mencabut kabel tidak sulit, cukup melonggarkan baut pada aki, baru kemudian cabut kabelnya. Sesudah kabel tercabut dari aki, baru kemudian mencabut baterai aki. pKetika mencabut baterai aki, pastikan air aki tidak tumpah terciprat ke kulit yang dampak bagi kesehatan

Pasang Aki Baru

Aki lama terbongkar, maka pasang aki baru segera dipasang kembali berikut kabel-kabel yang telah dilepas. Cara memasang aki motor yang baik dan benar dengan memasangkan kabel yang negatif dipaling akhir.

Anda perlu menambahkan cairan anti korosi pada aki baru yang sudah terpasang. Hal tersebut bertujuan mencegah adanya korosi pada terminal aki.

Selalu Menjaga Kebersihan Aki dan Pengecekan Ulang

Pastikan selalu menjaga kebersihan kabel dari kotoran debu pada aki supaya kinerja tidak terganggu. Pengecekan ulang aki terutama bagian regulator apakah kondisi baik atau tidak menjadi kunci utama dalam cara memasang aki motor baik dan benar.

 

 

 

 

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button