Cara Pegang Sumpit yang Baik dan Benar

Baaca.id — Cara pegang sumpit yang baik dan benar merupakan salah satu cara menikmati makanan yang disajikan dengan memakai sumpit sebagaimana dilakukan orang Jepang.

cara pegang sumpit yang baik dan benar juga menjadi salah satu untuk memperoleh banyak  manfaat bagi kesehatan. Sebelum memahami cara pegang sumpit yang baik dan benar, Anda perlu mengerti apa sumpit?

Pengertian dan Ciri Khas Sumpit

Sumpit merupakan sebuah alat makan yang diduga berasal dari Asia Timur, yang terbuat dari kayu. Kayu tersebut. Dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi dua batang kayu yang mempunyai ukuran sama.

Dua batang kayu ini selanjutnya dijadikan alat makan. Cara pegang sumpit baik dan benar adalah dipegang di antara jari-jari tangan kanan.

Sumpit inilah yang dimanfaatkan untuk memindahkan makanan dari piring yang satu, ke piring yang lainnya.

Bahan sumpit terbuat dari beberapa bahan seperti logam, bambu, kayu, gading hingga plastik. Permukaan sumpit biasanya dilapisi pernis, cat supaya mulus mudah digunakan.

Sepasang sumpit dengan ukuran yang sama ini mempunyai ciri khas motif dekorasi dan gambar lainnya di bagian ujung pangkalnya dengan tujuan supaya pasangan sumpit tidak saling tertukar.

Sumpit biasanya dimanfaatkan sebagai alat makan di beberapa negara Asia Timur dan Asia tenggara. Di Indonesia, sumpit bisa ditemukan di sejumlah rumah makan yang menyediakan masakan Jepang, Korea, Tionghoa, dan masakan Vietnam.

Baca Juga:

Manfaat dari Cara Memegang Sumpit biasanya yang Baik dan Benar

Sebelum mengerti cara memegang sumpit yang baik dan benar. Anda penting pula memahami kegunaan lain makan memakai sumpit.

Melatih Otot-otot Tangan

Makan menggunakan sumpit melatih otot-otot tangan saat ambil makanan dengan sumpit. Karena otot-otot tersebut menekan kedua sumpit supaya makanan tidak jatuh.

Melatih Ketelitian

Ketika makan pakai sumpit disisi lain untuk melatih ketelitian saat mengambil makanan dengan sumpit, karena tidak mudah ambil makanan pakai sumpit.

Dengan terbiasa pakai sumpit juga melatih kesabaran dan kedisiplinan agar tidak cepat putus asa saat makan dengan sumpit.

Optimalkan Kerja Lambung

Terampil menggunakan sumpit dipercaya optimalkan kinerja lambung. Hal ini terjadi makanan masuk ke lambung bertahap dan tidak berlebihan jumlahnya. Kinerjanya seperti itu proses sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Cara Pegang Sumpit yang Baik dan Benar

Langkah mudah pegang sumpit yang baik dan benar:

Pertama: meletakkan sumpit di antara jari telunjuk dan jempol bisa dibantu jari manis. Cara pegang sumpit pertama seperti memegang pensil. Dengan cara menaruh di atas jari tengah. Lalu, sisipkan sumpit di sela-sela jempol dan telunjuk, kemudian meletakkan di atas jari manis.

Kedua: meletakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol. Lalu taruh di jari tengah.

Ketiga: Cara pegang sumpit yang baik dan benar dengan memegang sumpit memakai jempol, telunjuk dan jari tengah.

Fungsi lain dari telunjuk dan jari tengah dalam cara pegang sumpit dengan baik dan benar. Tidak lain untuk menggerakkan sumpit. Selain itu, fungsi jari telunjuk maupun jari tengah yaitu mengambil makanan.

Etika dalam Budaya Makan Pakai Sumpit

Ketika pakai sumpit saat makan yang dilakukan orang Asia Timur memiliki etika budaya sendiri. Cara pegang sumpit yang baik dan benar tersebut terdapat beberapa  etika dalam budaya orang Jepang

Pertama: membunyikan sumpit. Etika dalam cara pegang sumpit yang baik dan benar tersebut tidak boleh membunyikan sumpit.

Lewat cara memukulkan sumpit ke mangkuk atau lainnya. Dianggap perbuatan pengemis yang sedang mencari perhatian

Kedua: menusuk makanan atau Sashi Bashi. dalam cara pegang sumpit dengan baik dan benar juga tidak diperbolehkan.

Apalagi makanan tersebut sulit diambil dengan sumpit, kemudian ditusuk pakai sumpit. Cara seperti ini dianggap tidak menghargai dewa

Ketiga: Menunjuk atau melambai dengan sumpit. Terkadang tanpa disadari orang-orang yang sedang makan dengan pakai sumpit tidak sengaja melambaikan tangan atau menunjuk orang pakai sumpit kepada pelayan. Hal ini dilakukan terhadap orang Jepang dianggap tidak sopan.

Cara pegang sumpit dengan baik dan benar saat makan memang perlu perhatian. Namun, dalam budaya Jepang ada cara dan etikanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button