Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card

Baaca.id — Banyaknya file yang masuk ke WhatsApp membuat memori penyimpanan menjadi penuh. Akibatnya, kamu tidak bisa mengunduh aplikasi baru di smartphone. Solusi dan cara setting penyimpanan WhatsApp ini sangat dibutuhkan agar fitur yang ada di smartphone kamu tidak terbatas.

Tidak seperti layanan pesan singkat (SMS) yang serba terbatas, WhatsApp memberlakukan pesan gratis melalui internet dan bisa sebebas mungkin mengirim foto, video, bahkan bisa digunakan untuk mengirimkan file dokumen kerja. Karena itulah file yang masuk menjadi menumpuk.

Keterbatasan memori ini biasanya terjadi pada pengguna WhastApp yang memiliki penyimpanan internal terbatas seperti 8 GB dan 16 GB. Karena itu, mau tidak mau harus terpaksa menghapus file-file yang ada. Permasalahannya terkadang bagaimana jika ternyata banyak file-file penting yang enggan untuk di hapus?

Alih-alih membeli smartphone baru, lebih baik kamu melakukan cara setting penyimpanan WhatsApp ke SD Card. Selain hemat, solusi ini juga sangat mudah dilakukan. Terdapat dua alternatif yang bisa dilakukan, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Kedua pilihan tersebut bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kapasitan smartphone yang kamu punya. Dikutip dari berbagai sumber, Berikut caranya:

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke Kartu SD Card Tanpa Aplikasi

Menjadikan SD card sebagai penyimpanan utama bertujuan agar media atau file yang kamu dapatkan melalu WhatsApp dapat tersimpan secara otomatis di SD card.

Cara setting penyimpanan WhatsApp ke SD card ini merupakan langkah terbaik. Selain menonaktifkan fitur penyimpanan otomatis, Fitur penyimpanan otomatis adalah fitur yang memungkinkan aplikasi whatsapp akan mengunduh file apapun secara langsung baik yang dibagikan oleh seseorang ke inbox maupun ke grup.

Baca Juga:

Sayangnya cara ini hanya berlaku pada android versi tertentu, misalnya pada versi 6 ke atas. maka jika menggunakan langkah di bawah ini belum berhasil maka disarankan menggunakan cara yang lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Pertama

Perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di kartu memori (kartu SD), jadi sebelum melakukan langkah di atas sebaiknya Anda mencadangkan terlebih dahulu seluruh data penting yang ada di kartu SD. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan buka menu pengaturan pada smartphone.
  • Cari pengaturan “penyimpanan”.
  • Pilih memori SD Card atau Memori External
  • Format Kartu SD Card menjadi Penyimpanan internal

2. Cara Kedua

Karena setiap ponsel memiliki tampilan dan menu yang berbeda, sehingga jika menggunakan cara sebelumnya tidak bisa maka bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Buka Menu pengaturan Ponsel
  • Pilih Menu pengaturan Pemeliharaan Perangkat
  • Kemudain Pilih Opsi Penyimpanan
  • Lalu Tap Menu titik tiga pada pojok kanan atas
  • Tap Opsi Pindahkan penyimpanan ke kartu SD
  • Pilih File WhatsApp

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke Kartu SD Card dengan Aplikasi

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan ada memori yang tersisa untuk mendownload aplikasi lain. Untuk menggunakan cara setting penyimpanan WhatsApp ke kartu SD card dengan aplikasi ini mengahruskan kamu untuk root terlebih dahulu.

Mengalihkan penyimpanan ke memori eksternal bisa untuk mengosongkan ruang internal sehingga anda bisa leluasa dalam menginstall aplikasi. Akan tetapi yang perlu anda perhatikan untuk menggunakan cara ini adalah shmartphone kamu harus diroot.

Sebelum membutuskan untu melakukan root, pastinya kamu sudah harus tahu resiko jika ponsel telah di root. Diantaranya, garansi hilang, masalah update pada system oprasi, dan kemungkinan adanya virus masuk atau terkena hacker. Pasalnya, proses rooting berarti memperbolehkan smartphone kamu untuk disisipi sistem dari luar.

Akan tetapi jika kamu penasaran, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Silahkan install aplikasi FolderMount.
  • Pada halaman List of pair silahkan tap tanda plus.
  • Maka akan diarahkan ke halaman Folder fair of setting.
  • Pada kolom Nama silahkan isi dengan tuliasan WhatsApp Eksternal.
  • Pada kolom Source Silahkan tempatkan File Media penyimpanan whatsapp yang terimpan di memori internal.
  • Kemudian pada kolom Destination Silahkan tujukan ke Memori eksternal.
  • Silahkan beri centang pada menu Exclude from media scan Untuk menghindari duplikat file.
  • Terkhir Tap Simpan pada Menu Centang di pojok kanan atas

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button