Cara Top Up KUR BRI Tanpa Agunan Agar Disetujui

Baaca.id — Saat ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan. Pengajuan dan cara top up KUR BRI pun bisa dilakukan dengan mudah melalui digital atau online.

Cukup dengan login https://kur.bri.co.id melalui komputer atau smartphone, Anda sudah bisa melakukan pinjaman. KUR sendiri mengusung bunga rendah serta persyaratannya mudah dan fleksibel, dengan memberikan maksimal pinjaman hingga Rp 50 juta.

Dalam pengajuannya debitur KUR BRI bebas biaya administrasi dan provisi. KUR BRI juga menawarkan suku bunga ringan 6% pa.

Pemerintah membentuk program ini untuk memajukan usaha UMKM ataupun koprasi. Dikutip dari berbagai sumber, Pemerintah menerbitkan paket kebijakan pengembangan serta pemberdayaan yang bertujuan untuk menciptakan tenaga ahli pada bidangnya.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini baru sekitar 20% usaha ultra mikro yang memiliki akses pembiayaan.

“Mudah-mudahan kita bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya yang semurah mungkin,” kata Sunarso sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Senin (8/2/2021).

KUR BRI tanpa agunan menyasar kepada sekitar 57 juta usaha masyarakat ultra mikro yang minim akses pendanaan. Dengan itu kesejahteraan dapat tercapai dengan perekonomian yang semakin membaik. Program tersebut bertujuan untuk meminimalisir kegagalan dalam usaha.

Sunarso menjelaskan, usaha ultra mikro berada di bawah usaha mikro, dengan ticket size-nya di bawah Rp 10 juta. Tenor pinjaman bisa lebih pendek, karena banyak dari pelaku usaha ultra mikro kebutuhan pinjamannya harian.

Tabel pinjaman KUR terbaru dari bank BRI update 2021 adalah berupa brosur perhitungan angsuran cicilan perbulan menurut jumlah kredit terhadap tenor 12, 24, 36 bulan masa pelunasan berakhir.

Perlu diketahui bahwa top up atau pengajuan tambahan pinjaman plafond pinjaman KUR dengan produk pinjaman lain itu sedikit berbeda. Perbedaan yang paling menonjol adalah cara top up KUR BRI, kita wajib melunasi sisa pinjaman terlebih dahulu. Setelah itu baru kita mengajukan lagi.

Misalnya pinjaman sebelumnya Rp 7 juta. Berjalan beberapa bulan kemudian sisa pinjaman menjadi Rp 2 juta. Kita wajib melunasi Rp 2 juta tersebut untuk mengajukan pinjaman sampai dengan Rp 10 juta.

Ada tiga jenis KUR yang ditawarkan Bank BRI. Diantaranya KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI.

KUR mikro merupakan kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafond sampai Rp 25 juta per debitur.

KUR kecil adalah kredit modal kerja dan atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layanan plafond Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur.

Baca Juga:

KUR TKI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond sampai Rp 25 juta.

Dengan mematuhi dan melakukan cara toup up KUR BRI yang baik dan benar maka pengajuan kamu akan dengan mudah disetujui. Untuk lebih spesifiknya silahkan lihat poin-poin di bawah ini.

Terdapat syarat dan ketentuan yang harus nasabah patuhi dengan baik dan benar. Berikut cara top up KUR BRI yang baik dan benar.

Cara Top Up KUR BRI Melalui Website kur.bri.co.id

Simak cara top up KUR BRI tanpa agunan adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman kur.bri.co.id.
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman”.
  3. Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih ” Daftar”.
  4. Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik “Setuju”
  5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online. Di antaranya berisi tentang Profil Anda, Profil Usaha, Unggah Dokumen, dan Data Pengajuan.

Syarat Pengajuan KUR BRI

  1. Individu (perorangan).
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab).
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Proses Pengajuan KUR di BRI

Secara umum proses pencairan membutuhkan waktu 7 hari sampai 14 hari kerja sejak survei dilakukan oleh pihak BRI. Cara lolos survey KUR BRI dengan melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan Bank BRI.

Itulah cara top up KUR BRI yang telah kami rangkum, semoga membantu.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button