Cara Cek Pajak Kendaraan Makassar Agar Tidak Terlambat

Baaca.id — Membayar pajak kendaraan merupakan suatu kewajiban bagi siapa saja yang memiliki kendaraan. Membayar pajak bisa dilakukan pertahun atau per lima tahun dan harus dibayar secara tepat waktu.

Tetapi tidak sedikit pemilik kendaraan yang lupa melakukan pembayaran pajak sehingga harus rela mendapatkan sanksi administrasi atau denda. Maka dari itu sangat diperlukan untuk memastikan kapan pajak kendaraan harus dibayar.

Sebelumnya jika ingin mengecek pajak kendaraan harus langsung mendatangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) terdekat. Namun seiring bertambahnya teknologi, pelayanan kepada masyarakat semakin dimudahkan.

Saat ini pengecekan bisa dilakukan dimana saja dengan melalui online ataupun tempat lain selain Samsat. Dengan sistem online, masyarakat bisa mengetahui status pajak kendaraan serta besaran biaya yang harus dibayar untuk melakukan perpanjangan pajak kendaraan.

Salain itu untuk membayar pajak kendaraan pun saat ini sangat mudah. Badan Pendapatan Daerah Sulawesi Selatan sejak awal Maret 2019, dikutip dari laman idntimes.sulsel.com, memberlakukan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui minimarket.

Untuk tahap awal, sistem ini berlaku pada 500 lebih gerai Indomaret di 24 kabupaten/kota.

Pembayaran via minimarket semakin memanjakan wajib pajak. Sebab sebelumnya, Bapenda Sulsel juga telah memberlakukan berbagai kemudahan seperti melalui ATM, Samsat Keliling, Mobile Banking, dan lainnya. Pengecekan ini berlaku di seluruh wilayah Sulsel termasuk Makassar.

Bagi kamu yang berada di Makassar sebelum membayar pajak kendaraan sebaiknya cek terlebih dahulu untuk memastikan jumlah yang harus dibayar dan tenggat waktu pembayarannya. Simak penjelasan cara cek pajak kendaraan Makassar sebagai berikut:

Cara Cek Pajak Kendaraan Makassar Melalui Aplikasi

Untuk cara cek pajak kendaraan Makassar melalui aplikasi sendiri bisa dilakukan dalam cakupan wilayah nasional. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Samsat Online Nasional (Playstore).
  • Masukkan data diri dan data kendaraan yang diminta pada kolom tersedia.
  • Tekan menu Pendaftaran untuk mengetahui nilai pajak kendaraan yang Anda miliki.
  • Ikuti instruksi pengisian formulir yang ada pada aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai, Anda akan mendapati informasi mengenai nilai pajak, tanggal jatuh tempo, dan jatuh tempo STNK.
  • Anda akan mendapat kode bayar perbankan (yang telah bekerjasama dalam pembayaran) untuk kemudian digunakan dalam pelunasan pajak ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Makassar Kasir Minimarket

Pada aplikasi e-Samsat Sulsel, wajib pajak diarahkan untuk mengisi data diri kendaraan. Di antaranya area penerbitan STNK, nomor pelat, dan nomor rangka kendaraan. Juga diminta mengisi nomor KTP dan alamat email.

Baca Juga:

Pengisian data untuk mendapatkan kode bayar, yang dibawa ke Indomaret untuk melunasi pajak kendaraan. Perlihatkan kode bayar kepada kasir, yang akan memberitahukan nominal pajak yang mesti dibayar. Setelah membayar, kasir akan memberikan resi.

Selanjutnya masyarakat diberi waktu dua minggu ke Samsat terdekat untuk mendapatkan bukti pajak dan pengesahan STNK.

Cara Cek Pajak Kendaraan Makassar Melalui Twitter atau SMS

Sebelum membayar ke Indomaret, kamu juga bisa lebih dulu mengecek nominal pajak kendaraan melalui gawai. Bapenda Sulsel menawarkan dua cara, yakni melalui layanan Twitter dan SMS.

Di Twitter, kirimkan pesan atau DM kepada akun @SamsatSulsel dengan format, “Sulsel (spasi) nomor kendaraan (spasi) nama kabupaten/kota. Contohnya: Sulsel DD 2627 RI Makassar.

Untuk via SMS, formatnya sama. Kirim pesanmu ke 99250 untuk info rincian pajak kendaraan.

Kapan Seharusnya Bayar Pajak?

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dwi Wahyu Rahardjo, mengungkapkan satu bulan sebelum jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan sudah bisa dibayarkan.

“Misalnya pajak kendaraan mati di bulan Februari, awal Januari mau bayar tentu bisa. Tapi jika tiga bulan sebelum jatuh tempo ingin bayar belum bisa dilakukan,” kata Dwi Wahyu Rahardjo saat dihubungi GridOto.com, Senin (4/1/2021).”

Namun walaupun pembayaran dilakukan lebih awal dari waktu yang ada, Dwi memastikan, tempo atau masa aktif STNK tidak akan mengalami perubahan dan masih tetap seperti sebelumnya.

Dari informasi diatas, maka untuk mengantisipasi keterlambatan membayar pajak kendaraan, ada baiknya untuk cek pajak kendaraan Makassar kapan tenggat waktu pembayaran. Proses pengecekannya pun sudah sangat fleksibel dan tidak perlu mengantri panjang di kantor Samsat.

Bagi kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang fleksibel karena bekerja, ada baiknya mengikuti tips-tips cara cek pajak kendaraan Makassar seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button