Chaidir Syam: Mari Samakan Persepsi tentang Arah Pembangunan di Tahun 2022

Baaca.id, MAROS – Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam mengajak semua untuk saling merangkul, menjalin kekompakan guna menyamakan persepsi, tentang arah pembangunan di tahun 2022.

Ajakan itu disampaikan Chaidir saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbag) RKPD tingkat Kabupaten Maros di Ruang Pola Kantor Kabupaten Maros, Senin, (29/3/2021).

“Meskipun masih dalam pandemi covid, tidak menurunkan semangat kita dalam berinovasi dan menumbuhkan kreativitas dalam melahirkan program-program pembangunan,” ujar Chaidir.

Kegiatan ini mengangkat lima prioritas pembangunan daerah yakni, peningkatan kualitas SDM, peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat,  penanganan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas pemukiman masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan, Serta optimalisasi pelayanan publik melalui pelayanan birokrasi.

“Perkirakan kondisi di tahun 2022 terkait penanganan pasca pandemi covid-19 akan difokuskan pada tiga sektor, yaitu ekonomi, sosial, dan kesehatan. Musrenbang kali ini diharapkan dapat menghasilkan program-program atau perencanaan di tahun 2022 yang betul-betul menjadi kebutuhan atau prioritas pembangunan bagi Kabupaten Maros,” tutur Chaidir.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Kesekretariat Daerah Provinsi Sulsel, A. Mirna yang hadir pada acara tersebut berharap, musrenbang kali ini tidak mengurangi subtansi pelaksanaan, yaitu singkronisasi dan penyelarasan perencanaan pada level kabupaten kota dan penajaman program pada kegiatan RKPD pada tahun 2022.

“Pihak kami baru-baru ini, baru saja melaksanakan program Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Ini salah satu kegiatan yang diharapkan dapat memacu instansi pemerintah untuk tetap menciptakan inovasi yang lebih baik,” ujar Mirna.

Dia menambahkan, perencanaan pembangunan di tahun 2022 akan difokuskan Pada pemulihan kehidupan masyarakat. Diharapkan roda perekonomian dapat Kembali berjalan memperkuat sistem ketahanan pangan dan membangun sistem perlindungan sosial secara terpadu. (*)

Related Articles

Back to top button