Ciptakan Peluang Usaha di Masa Pandemi, Poltek KP Bone Gelar Festival Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa

Baaca.id, BONE – Dalam rangka Generasi Muda Bangkit, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Bone menggelar Festival Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa (FIKMA) di Gedung Sao Deceng Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bone, Kamis (11/11/2021).

Acara yang bertujuan untuk mengetahui produk dari olahan ikan ini diikuti 33 peserta yang berasal dari Poltek KP Bone, Universitas Muhammadiyah Bone, Universitas IAIN Bone dan alumni Poltek KP Bone.

Direktur Poltek KP Bone, Ani Leilani mengungkapkan bahwa kegiatan ini sudah terprogram. Dia mengatakan, sesuai arahan Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa 10 persen dari taruna-taruni diharapkan bisa menjadi wirausaha muda.

“Jadi, kegiatan ini akan memberi ruang kepada mahasiswa untuk bisa berusaha dan mengembangkan usahanya serta melibatkan perguruan tinggi yang ada,” ujar Ani Leilani.

Pembina Kewirausahaan Politek KP Bone, Supriadi menyampaikan, tujuan adanya kegiatan festival ini tiada lain mendorong taruna dan taruni untuk membuat inovasi usaha.

“Khususnya dalam inovasi produk kelautan dan perikanan, serta melahirkan lulusan taruna Politeknik KP Bone menjadi seorang pengusaha,” tutur Supriadi.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Bone, Andi Promal Pawi akan menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari ekonomi kreatif.

“Kami dari Dinas Pariwisata Bone siap mendampingi sekaligus mempertajam inspirasi untuk membangun inovasi dengan memanfaatkan potensi alam yang di Bone” kata Andi Promal.

Adapun inovasi usaha yang dibuat oleh taruna madya diantaranya pembuatan pakan alami ikan dari maggot flour, alarm yang diperuntukkan kepala nelayan untuk dipasang di dalam kapal.

Amplang dan Tumping-Tumping Bandeng, Budidaya Belut Air Bersih Tanpa Lumpur di Kolam Terpal, Pakan Fermentasi Ampas Tahu untuk ikan laut, Pupuk Cair Kompos dari Mangrove, dan Lip Care dari Rumput Laut.

Diketahui, peserta lomba kewirausahaan taruna madya setelah dewan juri meneliti dan mempertimbangkan hasil inovasi kewirausahaan para peserta kompetisi wirausaha taruna dengan kriteria penilaian terdiri dari proposal bisnis, presentasi bisnis dan pameran produk. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button