Ciri-ciri Baterai Hp Bocor yang Penting Diketahui

Baaca.id — Setiap orang ingin memiliki baterai hp yang awet dan tahan lama. Namun, terkadang entah karena kecerobohan atau sebab lainnya baterai yang dimiliki cepat boros. Tidak hanya baterai hp yang cepat boros dan habis daya tahannya, tetapi juga handphone cepat panas.

Ciri-ciri seperti ini sebagian orang tidak mengetahui apa penyebabnya. Bisa jadi baterai hp yang Anda miliki mengalami kebocoran. Kasus baterai handphone bocor jarang terjadi, yang biasanya akibat ulah pengguna handphone itu sendiri.

Sebelum mengetahui ciri-ciri baterai hp bocor sebaiknya Anda juga penting memahami penyebab baterai hp yang bocor.

Ada beberapa penyebab baterai handphone bocor:

Pertama: sering charger handphone ketika indikator baterai masih cukup banyak.

Kedua: penyebab lain baterai bocor, yaitu: menggunakan  handphone untuk bermain game, telepon dan streaming saat di charger.

Ketiga: memakai charger yang berbeda merk atau tidak original, dan tidak langsung menyebabkan baterai bocor.

Setelah mengetahui penyebab baterai bocor. Anda juga perlu memahami ciri-ciri baterai hp bocor. Berikut ini ciri-ciri baterai hp bocor penting diketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:

Ketika di Charger Baterai HP Cepat Penuh dan Habis

Cara mengetahui ciri baterai bocor dapat dilihat saat handphone di charger cepat penuh juga cepat habis ketika digunakan. Dari ciri ini menandakan bahwa daya penyimpanan baterainya sudah rusak.

Ketika Charger Baterai Penuh, Setelah Dicopot Langsung Mati

Ada indikasi lain ciri baterai bocor saat di charger terlihat penuh, tetapi setelah charger dicabut langsung mati. Dari tanda tersebut menunjukkan adanya kerusakan total pada baterai yang segera diganti.

Bagian Belakang Hp Terlihat Mengembung

Tanda lain ciri-ciri baterai hp bocor, yakni: bagian belakang hp terlihat mengembung. Cara melihat ciri baterai bocor dengan meletakkan baterai pada lantai.

Setelah itu putar baterai hp di atas lantai yang permukaannya rata, bila baterai tersebut dapat berputar dipastikan baterainya bocor.

Hp Sulit Penuh dan Lama Terisi Ketika Dicharger

Ciri-ciri baterai hp bocor terlihat saat di charger, daya pengisian baterai sulit penuh. Pengisian baterai normal 2-3 jam sudah penuh.

Bila pengisian baterai sampai 3 jam lebih belum terisi penuh, maka kemungkinan baterai mengalami kebocoran.

Hp Sering Panas

Hp sering panas saat tidak digunakan  bisa jadi baterai alami kebocoran. Ada banyak penyebab handphone sering panas, seperti: bermain game, hingga nonton video terlalu lama.

Namun, jika handphone yang dimiliki tidak digunakan masih tetap panas pertanda bocor baterainya. Handphone secara tiba-tiba panas indikasi baterai handphone bocor.

Indikator Baterai Tidak Muncul

Biasanya indikator baterai akan muncul saat melakukan pengisian daya handphone. Munculnya indikatornya baterai menandakan hp sedang pengisian daya.

Indikator baterai tidak muncul saat pengisian penting mengetahui penyebabnya dan perlu Anda curigai.

Ada beberapa masalah yang membuat indikatornya tak muncul. Charger yang bermasalah atau kemungkinan baterai handphone bocor.

HP Hanya Bisa Hidup Jika Dicharger

Masalah lain yang menyebabkan baterai  bocor, bila handphone hanya bisa hidup jika Dicharger. Hal ini pertanda baterai handphone alami kebocoran.

Cara Mengatasi Baterai Hp Bocor

Baterai yang dipakai masih mengalami kebocoran. Anda perlu mengatasi agar baterai HP tidak semakin bocor dengan melakukan beberapa strategi, seperti penggunaan wallpaper atau fitur.

Cara mengatasi baterai Hp bocor dengan  beberapa alternatif, yakni memilih wallpaper yang berwarna gelap, kemudian bisa juga menggunakan dark mode.

Cara lain atasi baterai bocor dengan memakai fitur atau aplikasi penghemat baterai, lalu rajin update aplikasi dan yang terakhir mengatur kecerahan sesuai selera.

Cara seperti ini memungkinkan kebocoran baterai dapat diminimalisir dengan baik. Ketika cara tersebut masih saja terjadi kebocoran pada baterai hp dimiliki.

Ada baiknya Anda menggantinya dengan baterai baru. Demikian informasi singkat tentang ciri-ciri baterai hp bocor yang penting diketahui dan bisa menjadi pengetahuan dan menambah wawasan.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button