Beberapa Contoh Surat Permohonan Maaf

Baaca.id — Melakukan kesalahan menjadi salah satu hal yang wajar bagi manusia, baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Manusia seringkali tanpa sadar melukai dan menyakiti perasaan orang lain.

Jika melakukan kesalahan, seseorang harus meminta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya permohonan maaf dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara lisan maupun tulisan.

Jika seseorang berbuat salah kepada keluarga, teman, sahabat, atau orang terdekat mungkin permintaan maaf dapat disampaikan secara langsung atau melalui alat komunikasi lainnya.

Permintaan maaf secara langsung biasanya mampu membuat orang yang sedang marah menjadi luluh. Seseorang akan terlihat berani dan mau mengakui kesalahannya dengan tulus jika meminta maaf secara langsung.

Namun, ada beberapa permohonan maaf yang harus dilakukan secara resmi. Biasanya, permohonan maaf yang dilakukan secara resmi ini dilakukan oleh perusahaan, instansi, lembaga, pemerintah, dan lain sebagainya.

Suatu perusahaan yang melakukan kesalahan dapat meminta maaf dengan mengirim utusan perusahaan untuk bertemu secara langsung. Namun, terkadang perusahaan yang sibuk tak memiliki cukup waktu untuk bertemu secara langsung, maka permohonan maaf biasanya disampaikan melalui surat yang resmi.

Surat merupakan sebuah alat komunikasi yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini, surat cenderung berkembang untuk alat adminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersifat resmi.

Surat sendiri sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah surat permohonan. Surat permohonan berisi sebuah permintaan atau permohonan tentang sesuatu hal kepada pihak yang terkait, perseorangan, lembaga, organisasi, perusahaan, atau instansi lainnya.

Dalam pembuatan surat permohonan itu sendiri banyak sekali tujuan yang beraneka ragam, mulai dari meminta izin, memohon bantuan, permohonan kerjasama, permintaan maaf, dan lain sebagainya.

Permohonan maaf tersebut dapat ditulis dalam bentuk surat resmi maupun non resmi. Surat permohonan maaf yang ditulis secara resmi digunakan oleh perusahaan terkait permasalahan yang serius dan membutuhkan klarifikasi.

Permohonan maaf secara resmi harus menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan struktur surat resmi. Sedangkan surat permohonan maaf non resmi yang biasanya digunakan untuk urusan personal antar keluarga, teman, kerabat, guru, dan sebagainya, dapat ditulis dalam bahasa sehari-hari.

Dan untuk contoh surat permohonan maaf ini, yang pasti sampai sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Setelah mengetahui beberapa hal penting dalam pembuatan surat permohonan, maka kini Anda hanya tinggal membuatnya.

Sebagai contohnya berikut beberapa contoh format penulisan surat permohonan yang baik dan benar. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh surat permohonan maaf yang dilansir dari docsuratresmi.blogspot.com. Penulisan contoh surat permohonan maaf sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsip dalam penulisan ejaan atau struktur surat yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan Anda tapi jangan kuatir tinggal Anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Baca Juga:

1. Contoh Surat Permohonan Maaf Atas Kekeliruan Barang terhadap Pelanggan

SURAT PERMOHONAN MAAF
Jakarta, 14 September 2013

Kepada
Yth. Pimpinan Toko Alat tulis “Sumber Jaya”
Di

Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama        : Anin
Jabatan    : Pimpinan PT. Buku Tulis Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan Toko Alat Tulis “Sumber Jaya” atas kekeliruan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 10 September 2013 lalu.

Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertangungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertangungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

ttd
Anin

2. Contoh Surat Klarifikasi dan Permohonan Maaf

Cianjur, 18 April 2012 No: 1/I/AKPER/PBL/2012
Lampiran                         : –
Perihal                             : Klarifikasi dan Permohonan Maaf

Kepada
Yth. Kepala Desa Hegarmanah dan Seluruh Warga RW 03 Desa Hegarmanah
Di

Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan kabar dari sebagian warga yang sampai kepada kami selaku mahasiswa, terkait masalah pendataan yang tidak menyeluruh terhadap seluruh warga. Kami bermaksud untuk mengklarifikasi dan meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan kami dalam pelaksanaan pendataan tersebut.

Adapun alasan nya sebagai berikut:

Kekurangan kami dalam mengenal wilayah Desa Salam Nunggal, sehingga ada beberapa wilayah terpencil yang secara tidak sengaja terlewatkan.

Ketidaktepatan waktu kami dalam pendataan bertepatan dengan jam kerja warga, sehingga pada saat pelaksanaannya ada sebagian warga yang tidak berada di tempat.

Keterbatasan waktu yang kami miliki, sehingga pendataan yang kami lakukan kurang maksimal.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Ketua Kelompok RW 03 Desa Hegarmanah

Ahmad Hidayat
NIM. D009.003

3. Contoh Surat Permohonan Maaf karena Kekosongan Barang

Yogyakarta, 19 Januari 2013

Kepada, Yth. Manager Produksi PT. Berkah Ibu

Jln. Kusumaningati No.87 Yogyakarta ————————————————–

Dengan hormat,
Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan Anda mengajukan pemesanan pada kami tertanggal 10 Januari 2013. Semua produk yang tertera dalam formulir pemesanan telah kami antarkan sesuai dengan petunjuk yang Anda berikan. Fotokopi rekening, kami lampirkan sebagai tanda bukti. Namun dengan sangat menyesal, kami tidak dapat mengirimkan pesanan 10 kusen pintu kayu jati ukir karena barang tersebut baru akan tersedia bulan depan.

Kekosongan barang adalah akibat tertundanya produksi karena jenis bahan yang biasa digunakan tidak tersedia. Anda adalah pelanggan tetap kami dan telah bekerja sama cukup lama. Kami harap permasalahan kami ini dapat dimaklumi dan Anda bersedia untuk menunggu produk tersebut selama satu bulan. Salam hangat.

Hormat kami,

Dian Aryani, S.T
Manager Pemasaran PT. DARA TIGA
Lampiran: Rekening No. 1920938278xx

4. Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi Perusahaan

PT. BINA MEMBANGUN INDONESIA “Integrated Property Services”

Jl. Kapeten Surtamin, No. 319, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Telp. 021 77712892, Fax 021 77712891 ———————————————————–

No. : B/112/BBI/02/2016
Lampiran : –

Kepada Yth.
Seluruh Tenant
Gedung Menara BBI
Jl. Kapeten Surtamin, No. 334, Jakarta

Up. : Bapak/Ibu Pimpinan

Perihal : Permohonan Maaf Gangguan Air
Dengan Hormat,

Bersama ini, kami pengelola gedung ingin menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan aliran air bersih di public area kantor Bapak/Ibu di Gedung Menara BBI. Berdasarkan informasi yang kami terima dari PT. Palyja (PAM) bahwa Instalasi Pipa Air Utama pecah pada pukul 22.00 WIB. Hal ini mengakibatkan terganggunya proses pendistribusian air bersih PT. Palyja (PAM) pada hampir seluruh wilayah di Jakarta termasuk di Gedung Menara BBI.

Sebagai informasi bahwa kami juga sudah menyalakan cadangan air bawah tanah (deep well) mulai pukul 07.45 WIB hari ini namun tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seperti biasanya.
Berkenaan dgn hal tersebut di atas, sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena kejadian tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kegiatan operasional di perusahaan Bapak/Ibu. Kami dan PT. Palyja (PAM) akan berusaha semaksimal mungkin agar gangguan ini dapat teratasi secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 4 Oktober 2016

Evant Kurniiawan Bachdim
Manager

Tembusan:

  • Manager
  • Manager OC
  • Palyja (PAM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button