Corona di Rusia Menggila, 1.000 Orang Meninggal dalam 24 Jam

Baaca.id, JAKARTA – Rusia diamuk Corona dalam 24 jam terakhir. Otoritas setempat mencatat lebih dari 33.000 orang terinfeksi dan angka kematian mencapai 1.000 kasus.

Ini terjadi di saat kampanye vaksinasi di negara itu terhenti dan hanya beberapa pembatasan yang diberlakukan.
Seperti diberitakan AFP, Sabtu (16/10/2021), penghitungan resmi pemerintah menunjukkan 1.002 kematian dan 33.208 kasus infeksi baru dalam sehari. Ini merupakan angka tertinggi untuk kematian dan jumlah kasus COVID-19 untuk hari ketiga berturut-turut.

Wabah yang melonjak ini terjadi di saat hanya 31 persen warga Rusia yang diinokulasi penuh hingga hari Sabtu (16/10) ini, menurut situs web Gogov, yang menghitung data COVID-19 dari wilayah-wilayah Rusia.

Kurangnya pembatasan ketat telah memungkinkan virus menyebar tanpa terkendali, meskipun sejumlah daerah telah memberlakukan kembali kode QR untuk akses ke tempat-tempat umum.

Kematian akibat COVID-19 di Rusia kini mencapai 222.315, jumlah kematian tertinggi di Eropa.

Pemerintah Rusia telah menolak keras untuk memperkenalkan kembali pembatasan besar-besaran, meskipun mengakui rendahnya tingkat vaksinasi negara itu “tidak dapat diterima”.

Pekan ini, pemerintah Rusia telah mengatakan bahwa pihak berwenang harus memastikan “ekonomi terus bekerja.”

Pada hari Kamis (14/10) waktu setempat, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov sekali lagi mengesampingkan lockdown, dan mengatakan bahwa pihak berwenang harus “terus menjelaskan kepada orang-orang tentang perlunya divaksinasi”.

“Tidak bertanggung jawab jika tidak mendapatkan vaksin,” katanya kepada wartawan.

Tetapi Peskov menambahkan bahwa sistem perawatan kesehatan Rusia siap untuk menghadapi lonjakan pasien COVID-19, dengan mengatakan bahwa rumah sakit tidak “kewalahan”.

“Seluruh infrastruktur medis dimobilisasi,” katanya.

Jajak pendapat independen menunjukkan bahwa lebih dari setengah warga Rusia tidak berencana untuk divaksinasi.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button