Covid-19 Mulai Turun, Menko Airlangga: Waspadai Gelombang Susulan

Baaca.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kasus Covid-19 menurun usai PPKM dalam 6 pekan. Namun ancaman gelombang susulan tetap harus diwaspadai.

“Ini belum akhir dari pandemi. Masyarakat tidak boleh lengah karena ada penurunan kasus. Kita harus tetap waspada pada gelombang gelombang berikutnya,” ujar Airlangga dala konferensi pers, Senin (6/9/2021).

Menurut Airlangga, banyak hal positif yang dicapai sejak PPKM. Di antaranya angka kesembuhan yang saat ini menyentuh 92,8%. Selanjutnya, peta penyebaran wilayah zona merah juga kian menyusut.

Selain itu, angka keterisian RS atau bed occupancy rate (BOR) Indonesia sudah turun sebesar 76 persen pada pekan ini. PPKM di Jawa dan Bali disebut Airlangga menunjukkan efektivitas cukup menggembirakan.

Airlangga juga mengungkapkan, hingga 5 September 2021, sebanyak 66,78 juta warga telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Kemudian sebanyak 38,2 juta warga telah menerima dosis kedua.

Lalu vaksinasi dosis ketiga untuk SDM kesehatan sudah menyasar 713.068 orang.

“Dan vaksinasi kepada warga lanjut usia perlu dipercepat. Dengan ini kita sudah memvaksinasi sebanyak 105,7 juta dosis. Dan Indonesia berada di peringkat keenam dunia. Namun kita tetap harus waspada dan harus berupaya keras untuk percepatan vaksinasi,” tegas Airlangga.

“Perlu ditekankan bahwa vaksinasi adalah salah satu strategi untuk penanganan Covid-19 dan tentunya menggunakan masker, peningkatan 3T itu menjadi hal yang sangat penting,” lanjutnya.

Denga kerja sama yang baik dari semua elemen masyarakat, diharapkan Indonesia bisa mengendalikan pandemi covid dan memulihkan perekonomian nasional.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button