6 Daerah Penghasil Kerajinan Batik yang Penting Diketahui

Baaca.id — Indonesia memiliki kekayaan seni budaya yang khas dari tarian sampai dengan kerajinan batik. Kerajinan khas Indonesia telah dikenal sejak dahulu, bahkan merambah ke berbagai negara di dunia salah satunya: kerajinan batik.

Wilayah Indonesia memiliki potensi besar dalam industri kerajinan batik. Berbagai jenis hingga corak batik yang khas dimiliki Indonesia.

Hal ini terlihat jelas dari produk-produk batik yang dibuat oleh hampir daerah di penjuru Nusantara. Batik Pekalongan, batik Solo sampai dengan batik Banyuwangi deretan beberapa jenis batik khas Indonesia.

Kerajinan batik Indonesia memiliki beberapa cirikhas salah satunya, yakni Batik parang Kusumo. Batik jenis ini berasal dari kota Solo dengan corak yang khas yang mirip ombak laut.

Baca Juga: 11 Tanaman yang Beracun dan Ciri-cirinya

Ciri khas batik Indonesia yang tidak kalah menarik, yaitu: batik Mega Mendung berasal dari kota Cirebon. Motif ini lebih mengangkat corak awan mendung dan masih banyak lagi ciri khas batik Indonesia yang coraknya unik dan berbeda

6 Daerah Penghasil Kerajinan Batik di Indonesia

Surakarta

Salah satu daerah penghasil kerajinan batik terkenal di Indonesia, yaitu Surakarta atau Solo. Kekayaan seni budaya tersimpan di kota yang dengan slogan The Spirit of Java yang khas.

Batik Solo merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit dan Mataram hingga dikenal dengan nama batik Sidomukti.

Motif bunga, bangunan, gunung sampai motif kupu-kupu menjadi ciri khas batik Solo yang juga termasuk batik klasik atau kuno

Anda bisa melihat lebih dekat proses pembuatan sekaligus berburu batik dengan datang langsung ke Kampung Laweyan, Surakarta.

Di kampung Laweyan merupakan central produksi batik solo. Berlokasi di Kecamatan Laweyan. Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin batik sejak tahun 1546.

Setidaknya, Anda akan menjumpai 70 deretan toko yang menjajakan aneka produk batik dari pakaian hingga cendera mata.

Tidak hanya suguhan batik yang indah, tetapi juga suguhan deretan arsitektur bangunan Jawa, Eropa, Islam, dan Tiongkok yang megah.

Yogyakarta

Yogyakarta sejak dahulu populer sebagai daerah penghasil kerajinan batik di Indonesia, bahkan tahun 2014  dinobatkan menjadi kota batik dunia oleh World Craft Council.

Kerajinan batik yang diproduksi kota Yogyakarta begitu beragam motif, antara lain: motif Gompol untuk upacara pernikahan, motif Sido Mukti untuk ijab kabul sampai motif Wahyu Tumurun Cantel.

Kemudian warna-warni pun menarik  cokelat, putih, hingga hitam yang biasanya digunakan saat acara-acara penting. Anda bisa berburu kerajinan batik dibeberapa lokasi yang tersebar di kota Yogyakarta.

Beringharjo, sentral daerah penghasil batik di Yogyakarta. Anda bisa berburu aneka kerajinan batik berbagai motif dengan harga murah dan terjangkau.

Selain Beringharjo, Anda dapat memburu aneka kerajinan batik di sejumlah daerah penghasil batik, yang lain di Yogyakarta meliputi: Malioboro Toko Mirota Batik, hingga Toko Batik Winotosastro

Pekalongan

Daerah penghasil kerajinan batik di Indonesia yang terkenal yaitu Pekalongan. Batik pesisir itulah julukan batik asal Pekalongan, karena terletak di pesisir Utara pulau Jawa.

Motif batik Pekalongan diduga dipengaruhi oleh China, Belanda, dan Arab. Pengaruh inilah pengrajin batik di kota Pekalongan mampu menciptakan beberapa motif yang khas bertema alam dengan warna yang cerah.

Anda dapat berburu berbagai macam produk batik di sejumlah daerah penghasil kerajinan batik di Pekalongan. Pasar Setono yang berdiri tahun 1939 menjadi lokasi yang tepat untuk memburu kerajinan batik.

Lokasi lain cocok untuk berburu batik Pekalongan, yakni Kampung Batik Kauman, yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Pekalongan

Cirebon

Lain lagi batik asal dari Cirebon yang diduga dipengaruhi dengan oleh budaya Cina, karena banyaknya jumlah etnis Cina yang menetap di kota ini.

Motif batik Cirebon bervariasi dari motif singa, naga, Gajahmada dan motif harimau. Anda bisa berburu ke daerah penghasil kerajinan batik di Cirebon, tepatnya di Kampung batik Tulis Ciwaringin.

Di kampung ini Anda dapat melihat dari dekat proses pembuatan batik tulis yang dilakukan secara tradisional, dengan warna alami salah satunya kayu mahoni.

Anda juga bisa menemukan beberapa motif batik tulis khas Ciwaringin, yaitu: motif Bang Biron Dlorong dengan warna.

Baca Juga: Profil dan Fasilitas TransNusa Pesawat Kebanggaan Masyarakat Timur

Pulau Bali

Pulau yang populer dengan sebutan pulau Dewata itu juga merupakan daerah penghasil kerajinan batik di Indonesia sejak tahun 1970. Beragam corak yang menarik dan didominasi warna cerah menjadi satu ciri khas batik Bali.

Perpaduan corak ornamen khas pulau Bali dan Cina memunculkan motif batik yang menarik. Beberapa motif batik khas Bali, antara lain; motif rusa, burung bangau perpaduan khas Pulau Dewata dengan Cina seperti naga, rusa, burung bangau, dan kura-kura dan naga menghasilkan corak batik istimewa.

Kreativitas pengrajin batik Bali mampu menciptakan beberapa motif batik yang menawan. Deretan motif batik khas Bali tersebut antara lain: motif Buketan, singa barong, hingga ulamsari mas.

Itulah ulasan singkat tentang daerah penghasil kerajinan batik di Indonesia yang bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tempat belanja dan berburu batik.



Related Articles

Back to top button