Daftar CPNS Lulusan SMA

Baaca.id — Pada tahun 2021 ini, pemerintah membuka kesempatan bagi yang ingin mendaftar CPNS lulusan SMA. Terdapat beberapa formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2021 di sejumlah kementerian ataupun lembaga Negara.

Formasi yang dibuka dalam seleksi CPNS tahun 2021 tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk sarjana saja, namun juga terbuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Thajo Kumolo mengatakan bahwa rencana pembukaan pendaftaran seleksi CPNS tahun 2021 ini adalah bukan April-Mei.

Namun beliau tidak secara pasti menyebutkan tanggal dibukanya pendaftaran CPNS tahun 2021 tersebut.

Dilansir dari TribunJogja.com, formasi yang akan dibuka pada penerimaan CPNS tahun 2021 ini diantaranya adalah profesi guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

Jika berkaca pada pendaftaran CPNS tahun lalu atau periode sebelumnya, terdapat enam instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK

Daftar CPNS Lulusan SMA

Setelah membaca secuil informasi yang telah dibahas di atas, tentu saja Anda penasaran mengenai apa saja daftar CPNS lulusan SMA. Untuk itulah di artikel ini akan membahas mengenai daftar CPNS lulusan SMA yang perlu Anda ketahui.

Berikut nama-nama instansi dan data formasi yang membuka penerimaan CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang telah kami rangkum dari kanal Youtube Ardhana Channel.

1. Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham)

Lembaga Negara pertama yang yang membuka penerimaan CPNS untuk SMA dan sederajat adalah Kemenkumham. Dari data kemenkumham pada tahun 2019 menyebutkan bahwa terdapat 3.532 formasi khusus yang disiapkan untuk lulusan SMA dan sederajat.

Jumlah tersebut diperinci lagi dengan 2.875 formasi yang diperuntukkan untuk lulusan SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir.

Dari 2.875 formasi tersebut, sebanyak 101 formasi diperuntukkan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, dan sisanya sebanyak 2.774 formasi untuk formasi umum.

2. Kejaksaan Agung (Kejagung)

Untuk Kejaksaan Agung sendiri membuka penerimaan CPNS sebanyak 2000 formasi untuk lulusan SMA dan sederajat. Terdapat dua jabatan yang ditawarkan oleh Kejaksaan Agung sendiri.

Pertama adalah pengawal tahanan atau narapidana dan yang kedua adalah pengemudi kapten. 2000 formasi yang sudah disiapkan, nantinya akan ditemnpatkan di dua jabatan tersebut dengan rincian per jabatan masing-masing 1000 formasi.

Untuk jabatan pengawal tahanan atau narapidana, sebanyak 2 orang diberikan kepada putra/putri Papua dari 1000 formasi.

Sementara 998 orang lainnya dialokasikan atau diberikan untuk umum. Rincian formasi tersebut juga berlaku untuk pengemudi kapten.

3. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga membuka formasi pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA dan sederajat. Kementerian LHK telah menyiapkan sebanyak 80 formasi untuk lulusan SMA sederajat.

Terdapat satu jabatan dari 80  formasi yang dibuka Kementerian LHK tersebut, yaitu jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi kehutanan.

Baca Juga: Harga Kelapa Bonsai

4. Kementerian Pertanian (Kementan)

Pendaftaran penerimaan CPNS selanjutnya adalah Kementerian Pertanian atau Kementan. Pada tahun 2019, kementan membuka 45 formasi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA dan sederajat.

Rincian formasinya yaitu sebanyak 26 kursi untuk jabatan pelaksana pemula/pemula paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula paramedik veteriner sebanyak 9 kursi.

5 kursi untuk pelaksana pemula/pemula paramedik pengawas mutu pakan, 2 kursi untuk pemeliharaan kebun, dan 1 kursi untuk pemula pengendali organisme pengganggu tumbuhan.

5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kemendikbud juga membuka penerimaan pendaftaran CPNS pada tahun 2019. Sebanyak 11 formasi yang disiapkan dan terbagi atas 3 jabatan.

3 jabatan tersebut adalah pengadministrasian keuangan sebanyak 3 formasi, teknisi laboratorium 2 formasi, serta 6 formasi untuk teknisi pemetaan dan penggambaran.

6. Badan Intelejen Negara (BIN)

BIN menerima 200 formasi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA dan sederajat. Formasi ini dibagi atas 3 jabatan

3 jabatan tersebut adalah pranata komputer pelaksana pemula untuk sub Direktorat Liasion, Direktorat Kerja Sama Internasional, serta Deputi Bidang Intelejen Luar Negeri.

Demikianlah telah disajikan mengenai info menarik seputar daftar CPNS lulusan SMA yang mungkin saja dapat dijadikan referensi bagi anda semua.

Related Articles

Back to top button