11 Danau Terbesar di Dunia

Baaca.id – Danau merupakan salah satu badan air besar yang keberadaannya sangat manusia butuhkan dalam menjalani roda kehidupan. Biasanya, danau terbentuk melalui proses glasial, aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik atau manusia dengan sengaja menciptakannya.

Danau yaitu salah satu kekayaan alam di dunia yang mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Selain keindahannya, suasananya yang sejuk dan menenangkan, sering kali membuat danau menjadi tempat wisata yang dikunjungi untuk sekedar menenangkan hati dan pikiran.

Supaya memudahkan kamu mengetahui daftar danau terbesar di dunia yang dilansir dari Idntimes.com akan membahas beberapa danau terbesar di dunia seperti dibawah ini.

Kumpulan Danau Terbesar Di Dunia

1. Laut Kaspia

Laut Kaspia atau yang biasa disebut Laut Mazandaran ini menemati peringkat danau terbesar di dunia dengan mempunyai luas sekitar 371.000 km², dengan daerah cekungan meliputi negara Rusia, Iran, Kazakhstan, Turkmenistan dan Azerbaijan. Laut Kaspia dialiri air oleh Sungai Volga, Sungai Terek, Sungai Kura, dan Sungai Ural.

Meskipun mempunyai nama Laut Kaspia, akan tetapi sebenarnya danau, karena seluruh bagian danau masih dibatasi oleh daratan. Namun, sebagian orang menyebutnya sebagai laut Kaspia karena Kaspia mempunyai luas yang tidak biasa, dan rasa air danau ini asin walaupun tidak seasin lautan.

Akan tetapi, Kaspia tetap saja danau. Karena dilihat secara karakteristik, danau ini terletak di tengah daratan dan tidak terhubung ke lautan luas.

2. Danau Superior

Danau Superior merupakan danau terbesar kedua di dunia dan juga menduduki sebagai peringkat danau berair tawar terbesar di dunia. Selain itu, Danau Superior juga menempati peringkat sebagai danau terbesar di Amerika yaang mempunyai luas sekitar 82.414 km².

Danau Superior ini menjadi tempat lalu lintas untuk pengiriman barang-barang, seperti biji besi. Bukan hanya itu, Danau ini juga menjadi great lakes waterway atau jalan air danau besar antar negara.

Danau yang terletak di Amerika Utara ini, dekat dengan Kanada yang berbatasan langsung dengan Ontario di Kanada, Minnesota, Winconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Danau ini kaya akan hasil tambangnya yang beragam, mulai dari besi, logam, tembaga, perak sampai bebatuan.

3. Danau Victoria

Danau Victoria mempunyai luas sekitar 69.485 km² dan merupakan danau terbesar di Benua Afrika. Jika dibandingkan dengan danau terbesar lainnya, Danau Victoria ini sebenarnya lumayan dangkal, yaitu hanya mempunyai kedalaman 40 m-84 m saja.

Danau Victoria mempunyai sekitar 3.000 pulau yang tidak berpenghuni di dalamnya. Dengan demikian, danau sampai pulau-pulau yang berjejer di danau tersebut menjadi destinasi wisata yang populer di sana.

Baca Juga:

4. Danau Huron

Danau Huron letaknya terdapat di dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Danau ini mempunyai luas 59.596 km² dan mempunyai danau pulau populer, yaitu Pulau Manitoulin. Pulau tersebut dikategorikan sebagai pulau air tawar terbesar di dunia. Danau ini wajar, jika masuk menjadi bagian dari danau terbesar di dunia.

Danau yang terbentuk karena aktivitas glasial ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Prancis, kemudian mereka memberi nama danau ini dengan La Mer Douce. Selanjutnya bangsa Eropa pada masa itu memberi nama lain, yaitu Lac des Hurons sampai akhirnya sekarang disingkat menjadi Danau Huron.

Sejak saat itu, danau yang dikategorikan sebagai pulau air tawar terbesar dengan kedalaman 229 meter ini, dikenal juga nama Lac des Hurons, yang sampai saat ini menjadi Danau Huron.

5. Danau Michigan

Danau Michigan merupakan kelompok danau besar di Amerika atau yang biasa disebut dengan Great Lakes. Tidak seperti danau Great Lakes lainnya yang membentang melewati Amerika Serikat dan Kanada, danau yang mempunyai luas 58.016 km², danau ini sepenuhnya berada dalam wilayah Amerika Serikat.

Danau Michigan melewati wilayah seperti Manitowoc, Ludington dan Benton Harbor. Tiga wilayah ini membentuk segitiga dan sering disebut sebagai kembarannya Segitiga Bermuda.

6. Danau Tanganyika

Danau ini mempunyai luas wilayah sekitar 32.893 km², Danau Tanganyika dikategorikan sebagai danau terluas keenam di dunia. Great Lake-nya Afrika ini mempunyai cekungan mencakup negara Tanzania, Zambia, Burundi, dan Republik Kongo.

Danau yang terbentuk melalui pergerakan tektonik ini menghasilkan enam pulau, diantaranya yaitu Mamba-Kayenda, Kavala, Mutondwe, Milima, Kibishie dan Kumbula. Bahkan, danau ini disebut sebagai danau terdalam kedua di dunia yang mempunyai kedalaman sekitar 570 m-1.460 m.

7. Danau Baikal

Danau Baikal terletak di Rusia, danau ini menduduki peringkat pertama sebagai danau terdalam di dunia yang mempunyai kedalaman sekitar 744 m-1.642 m. Selain itu, danau ini menampung 90% air tawar, danau Baikal ini merupakan danau tertua di dunia. Danau Baikal diperkirakan sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Pada danau seluas 31.500 km² ini, mempunyai banyak menyimpan spesies endemik asli Rusia.

8. Danau Beruang Besar

Danau Beruang Besar (Great Bear Lake) merupakan danau yang terletak di wilayah barat laut Kanada mempunyai luas sekitar 31.080 km². Danau yang terbentuk melalui aktivitas gunung berapi atau danau glasial ini mempunyai kedalaman sekitar 71 meter. Danau ini cukup dangkal, karena mengalami suhu yang sangat ekstrem ketika musim dingin.

9. Danau Malawi

Danau terbesar didunia yang menempati posisi kesembilan yaitu Danau Malawi. Danau ini meliputi negara Malawi, Mozambik dan Tanzania. Danau Malawi mempunyai luas 30.044 km² yang dialiri air dari Sungai Ruhuhu dan aliran keluarnya yaitu Sungai Shire yang terletak di sebelah selatan.

Danau yang tercipta melalui aktivitas tektonik ini mempunyai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut dan menampung sampai 1.000 spesies ikan silkid.

10. Danau Great Slave

Negara Kanada menyimpan banyak danau besar, salah satunya yang menempati peringkat danau terbesar kesepuluh di dunia, yaitu Danau Great Slave. Danau ini meliputi area permukaan seluas 28.930 km² dan memiliki kedalaman 614 meter. Permukaan danau ini terletak di Amerika Utara dan dilapisi oleh es selama delapan bulan dalam setahun.

11. Danau Toba

Danau terbesar di dunia yang terakhir ialah Danau Toba. Danau ini mempunyai luas sekitar 1.145 km², akan tetapi danau yang terletak di Indonesia ini menjadi salah satu bagian dari keajaiban alam di Pulau Sumatera yang menakjubkan.

Apabila dilihat dari luasnya, danau Toba lebih menyerupai lautan. Akan tetapi, danau ini dibagian tengahnya terdapat sebuah pulau, yaitu pulau Samosir dan mempunyai luas sebanding dengan negara Singapura.

Itulah beberapa danau terbesar di dunia, yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semua danau terbesar didunia tersebut tentunya memiliki keunikan, keunggulan dan keindahannya masing-masing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button