Dilanda “Tsunami” Covid-19, Ratusan Warga India Kabur ke Indonesia

Baaca.id — Dalam dua bulan terakhir, India dilanda “Tsunami” Covid-19. Kasus positif virus korona di negeri itu sangat tinggi.

Tingginya kasus positif Covid-19 itu mengakibatkan warganya tidak betah. Warganya memilih kabur ke luar negeri. Salah satu negara yang jadi tempat tujuan adalah Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap, ada warga negara India yang eksodus atau ramai-ramai masuk ke Indonesia. “Sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali,” kata Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, dr Bengat, Rabu (22/4/2021).

Mereka datang menggunakan pesawat carter. Pihaknya mengaku cukup khawatir akan kedatangan 135 WNA India itu, sebab diketahui India tengah dilanda “Tsunami” Covid-19 dalam dua bulan terakhir.

“Mungkin bukan eksodus, tapi banyak WNA India, 135 orang, masuk ke Indonesia semalam. Mereka punya KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan naik pesawat carter,” kata Benget.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan bahwa sejumlah warga negara India yang memasuki Indonesia pada Rabu (21/4) positif terpapar virus korona.

Mereka dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan tes usap (swab) PCR risiko paparan Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno Hatta beberapa saat usai kedatangan.

“Iya ada yang positif. Detailnya dari Kemenkes ya,” kata Wiku seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (23/4/2021).

Wiku tak bisa memastikan berapa yang positif dari total 135 warga negara India yang diketahui memasuki Indoneisa. Dia juga tak menjawab saat ditanya apakah mereka yang dinyatakan positif tertular dari varian baru virus korona. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button