Dilirik Pemilik Persis Solo, Yakob Sayuri: Saya Masih Tetap Bertahan di PSM

Baaca.id, MAKASSAR — Yakob Sayuri menegaskan jika dirinya akan bertahan di PSM Makassar. Dia tetap akan memperkuat tim kebanggaan masyarakt Sulsel ini di Liga 1 2021.

Hal ini ditegaskan Yakob menyusul beredarnya kabar jika dirinya dilirik pemilik Persis Solo, Kaesang Pangarep. Putra Presiden RI, Joko Widodo itu “jatuh cinta” dengan penampilan Yakob di Piala Menpora 2021 lalu.

“Secara pribadi, saya tekankan bahwa saya masih terikat kontrak dengan PSM. Apa yang beredar di sosial media biarlah itu berkembang. Yang pastinya, saya masih tetap bertahan di PSM,” tegas Yakob.

Sebelumnya, Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep membidik satu nama pemain PSM Makassar. Hal itu setelah dirinya menyaksikan laga Persija Jakarta vs PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo beberapa hari yang lalu.

Pemain yang dibidik itu yakni winger PSM Makassar, Yakob Sayuri. Kaesang secara terbuka mengatakan itu melalui twitter pribadinya, @kaesangp.

Saat ini, permainan Yakob mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan, lompatan kariernya terbilang cepat. Pada 2018, ia hanya berstatus pemain Liga 3 zona Papua bersama Persemi Mimika.

Bersama Persemi, namanya mulai diperhitungkan usai menjadi top skorer musim itu dengan koleksi 13 gol dari 10 partai. Di musim yang sama, ia juga menjadi bagian dari sukses Persewar Waropen promosi ke Liga 2.

Talenta yang dimiliki pria kelahiran Yapen, 9 September 1997 ini terpantau legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam yang kemudian merekomendasi Yakob ke Barito Putera jelang Liga 2019. Kebetulan saat itu, Barito Putera ditangani Jacksen Tiago yang dikenal piawai dalam mengorbitkan pemain muda.

Di musim perdananya bersama Barito Putera di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, Yakob tampil dalam 22 partai dengan koleksi satu gol. Pencapaian lumayan buat pemain muda yang sebelumnya bermain di tim Liga 3.

Di Barito pula, Yakob untuk kali pertama berseragam timnas Indonesia. Ia melakukan debut internasional untuk Indonesia U-23 pada 7 Juni 2019 melawan Thailand U-23 dan Filipina U-23 pada 9 Juni 2019 di Piala Merlion 2019.

Yakob hanya semusim di Barito Putera. Jelang musim 2020, PSM Makassar yang tengah bersiap menghadapi Piala AFC dan Liga 1 merekrutnya. Di klub kebanggaan warga Makassar itu, Yakob bersaing dengan sederet penyerang sayap familiar di Liga 1 musim sebelumnya. Diantaranya Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Irsyad Maulana, Rizky Eka Pratama, Ezra Walian dan Saldi Amiruddin.

Penampilannya yang agresif dan militan membuat pelatih PSM saat itu, Bojan Hodak, menjadikan Yakob sebagai pemain penting skuad Juku Eja di Piala AFC dan Liga 1. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button