Ini Dia Sosok Penemu Kalender Masehi yang Digunakan hingga Saat Ini

Baaca.id — Apakah Anda bingung tentang sejarah dan penemu kalender Masehi? Tenang! Sebab, di artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah singkat kalender Masehi dan sistem penamaan bulannya. Jika anda penasaran, yuk langsung saja baca artikel ini.

Sejarah dan Awal Mula Penggunaan Kalender Masehi

Sistem penanggalan pada kalender Masehi memang banyak digunakan oleh banyak masyarakat, bahkan penanggalan pada kalender Masehi ini digunakan hampir di semua negara yang ada di belahan dunia.

Baca Juga: Tips dan Kelebihan Penukaran Mata Uang Asing di Kantor Pos

Perlu anda ketahui juga, bahwa penanggalan Masehi ini sudah digunakan lebih dari 4 abad lamanya dan mulai diperkenalkan untuk pertama kali pada tahun 1582 di Eropa.

Pembuatan kalender Masehi ini sendiri bersumber atau dibuatkan berdasarkan dengan sistem penanggalan matahari. Dimana sistem penanggalan matahari ini menggunakan perhitungan waktu perputaran bumi terhadap matahari.

Awal mula penggunaan kalender Masehi ini atau penemu Kalender masehi ini ditemukan oleh Dionysius Exiguus yang merupakan seorang biarawan, dan pertama kali digunakan pertama kali di Benua Eropa.

Mengutip dari live science, astronomi Romawi menghitung kalender ini dengan menghitung waktu yang dibutuhkan untuk bumi dalam mengitari matahari.

Dalam perhitungan tersebut inilah didapatkan bahwa bumi mengitari matahari membutuhkan waktu selama 362,25 hari dan tentu hal ini sangatlah berpengaruh pada musim yang datang lebih lambat.

Bahkan ada banyak sumber yang mengatakan bahwa penanggalan atau penemuan kalender Masehi ini bertolak ukur dengan kelahiran Yesus Kristus.

Dan kelahiran Masehi ini juga sangat kental dengan sejarah dan kereligiusan yang ada pada kaum Nasrani, namun seiring dengan berjalannya waktu masyarakat dunia memandang bahwa kalender Masehi ini adalah penanggalan umum yang di dalamnya tidak terdapat unsur-unsur religi.

Meskipun penemu kalender Masehi masih menjadi perdebatan sampai sekarang, namun sejarah kalender Masehi perlu kita pelajari mulai saat ini karena akan berguna untuk kemudian hari.

Sejarah Penamaan Bulan Masehi

Kalender Masehi dalam bahasa Inggris merupakan penomoran atau penanggalan yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian yang dihitung sejak kelahiran Yesus Kristus.

Baca Juga: Biarkan Sapi Ternak Ganggu Jalan Raya, Si Pemilik Terancam Sanksi

Di dalam kalender ini terdapat dua belas bulan dan begini sejarah tentang penamaan dan sejarah dari penamaan dua belas bulan ini:

1. Januari

Untuk sejarah bulan Januari sendiri diambil dari nama Dewa Janus. Nah Dewa Janus ini merupakan penjaga dari tembang Rim dan digambarkan mempunyai dua muka dan snagat cocok untuk digunakan sebagai nama bulan pertama, sebab melambangkan batas antara tahun sebelumnya dengan tahun yang baru.

2. Februari

Untuk penamaan bulan kedua ini diambill dari kata Februa yang merupakan sebuah upacara pembersihan yang ada pada kebudayaan Romawi. Nah memang upacara ini dilalkukan pada bulan ini sehingga sangat cocok untuk melambangkan atau digunakan sebagai nama dari bulan kedua.

3. Maret

Penamaan bulan ini berdasarkan pada nama Dewa Mars yang merupakan dewa perang dan di bulan ini juga dahulu terjadi perang kembali setelah berhenti selama musim dingin.

4. April

Nama bulan April ini diambil dari nama Dewa Aprodhite yang merupakan dewei kecantikan yang melambangkan keindahan bunga-bunga bermekaran pada saat bulan ini.

5. Mei

Mei diambil dari nama dewi Maia yang melambangkan tentang kesuburan tanah dan tanaman pada masa itu.

6. Juni

Begitupun dengan nama bulan Juni ini, yang diambilkan dari nama suatu Dewa yang dapat melambangkan kejadian-kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa itu.

7. Juli dan Agustus

Penamaan bulan Juli diambilkan dari nama pemimpin terkenal Roma yaitu Julus Caesar sedangkan nama bulan Agustus dijadikan nama bulan kedelapan sebab bayak peristiwa dan kejadian yang terjadi pada bulan ini.

8. September, Oktober, November, dan Desember

Untuk penamaan bulan-bulan ini ternyata diambil dari pengurutan nama bulan setelah bulan Juli dan Agustus. Setiap bulan pastinya ada sejarah tersendiri. Untuk itulah Anda harus mengetahui dan mempelajari semua sejarah terciptanya atau terbentuknya kalender Masehi ini.

Demikianlah sejarah dan asal muasal adanya kalender Masehi. Diharapkan artikel ini akan berguna bagi para pembacanya yang ingin tahu dan penasaran mengenai siapa penemu kalender Masehi beserta syang masih digunakan hingga saat ini.

Untuk itulah Anda harus memahami artikel ini agar dapat memperoleh informasi yang yang dibutuhkan.

Related Articles

Back to top button