Disdukcapil Bone Permudah Layanan di Desa Terpencil

Baaca.id, BONE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone terus berupaya mempermudah layanan kependudukan di desa. Utamanya di desa terpencil.

Untuk mewujudkan hal itu, Disdukcapil Bone menggelar launching inovasi layanan di Desa Bana, Kecamatan Bonto Cani, Selasa (2/3/2021). Desa Bana ini berada di daerah perbatasan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa.

Kepala Disdukcapil Bone,  Andi Darmawan menyampaikan, launching ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan kependudukan di desa utamanya di daerah terpencil.

“Di daerah terpencil, Disdukcapil Bone memberikan kemudahan dalam pengimputan serta pencetakan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran dan akta kematian. Semua ini dapat dilakukan di Kantor Desa Bana,” ungkap Andi Darmawan.

Sementara itu, Kepala Desa Bana Ishak sangat berterima kasih kepada Disdukcapil Bone karena sudah diberikan fasilitas yang sangat membatu warga. Menurutnya, selama ini, untuk mengurus dokumen kependudukan terbilang susah.

“Jarak tempuh dari sini (Desa Bana, red) ke Kota Watampone memakan waktu sekitar 3 jam. Belum lagi ongkos pengeluaran sekitar Rp300 ribu satu kali perjalanan,” ungkapnya.

Ishak menambahkan dengan adanya inovasi ini, akan mengurangi sedikit beban warga Desa Bana. “Sekarang warga bisa datang ke kantor desa mengurus dokumen kependudukan. Jadi tidak memakan banyak biaya lagi,” tambah Ishak. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button