Dituduh Mengaku Telah Dilantik Nabi Haidir, Ustaz Encep: Berita Itu Hoaks

Baaca.id, SUKABUMI — Beredar luas di sejumlah grup WhatsApp sebuah pesan suara berdurasi 2 menit 21 detik yang menyatakan seorang tokoh agama mengaku telah dilantik oleh Nabi Haidir.

Tokoh agama yang dimaksud itu adalah pemimpin salah satu pesantren di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bernama Encep Jaenal Mutaqim atau biasa dikenal ustaz Encep.

Dalam pesan suara tersebut menyebutkan, jika ustaz Ecep telah dilantik oleh Nabi haidir. Dalam pesan suara itu juga disebutkan jika Nyi Roro Kidul juga telah diangkat menjadi wali Allah.

Tak hanya pesan suara, sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah orang yang tengah duduk dan masing-masing dalam gambar tersebut dijelaskan dalam pesan suara juga turut dibagikan bersamaan dengan pesan suara tersebut.

Terkait hal tersebut, Kepala Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat, Bakang Anwar As’adi, angkat bicara. Dikutip dari tvOnenews.com, dia menyebutkan bahwa pesan suara yang kini beredar luas di masyarakat tidaklah benar. “Hoaks itu mah bang,” ujarnya singkat.

Dia juga mengirimkan sebuah video klarifikasi dari ustaz Encep yang diviralkan mengaku sebagai Nabi Haidir. Berikut isi video klarifikasi dari ustaz Encep.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada hari ini Kamis tanggal 30 September 2021 jam 20.00 WIB, dengan ini di Ponpes Nurul Ikhlas, saya atas nama Encep Jaenal Mutaqim tempat tanggal lahir Sukabumi 04-01-1988, dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak pernah menyatakan diri sebagai wali atau mengajarkan ajaran-ajaran sesat yang tidak sesuai dengan syariat Islam, adapun berita yang telah tersebar, berita itu adalah hoax, hoax yang tidak benar. Demikian pernyataan klarifikasi ini saya sampaikan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada paksaan dari pihak manapun,” ujar Ustadz Encep dalam video klarifikasinya.

Bakang Anwar berharap, video klarifikasi yang dibuat ustaz Encep bisa menjawab viralnya pesan suara yang menyatakan jika ustaz Encep seorang Nabi Haidir. Dengan video klarifikasi tersebut membuktikan jika pesan suara yang beredar adalah hoaks.

“Sudah clear permasalahannya,” ujar Bakang

Bakang Anwar menambahkan, ketika ditanya apakah permasalah ini akan ditempuh ke jalur hukum, dia menyatakan jika ustaz Encep sudah membuat Laporan Polisi (LP) terkait hal ini. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button