Dua Kecamatan di Bantaeng Berpotensi Surplus Jagung

Baaca.id, BANTAENG – Surplus jagung diupayakan di dua kecamatan di Bantaeng. Yakni Kecamatan Kecamatan Sinoa dan Ulu Ere.

Dua kecamatan tersebut baru saja menerima bantuan benih jagung dan tanaman horticultural dengan total 21 ribu kilogram.

Bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan itu diserahkan oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin kepada sejumlah kelompok tani penerima manfaat di kantor Camat Sinoa, Rabu (22/9/2021).

Dipastikan, bakal memaksimalkan sebanyak 6.304 hektare lahan pertanian jagung di Kecamatan Sinoa dan Ulu Ere. Kepala Dinas pertanian dan Peternakan Bantaeng, Budi Taufik mengatakan, benih jagung yang diserahkan ini adalah benih dengan kualitas yang sangat baik.

Potensi panennya bisa mencapai 10 ton per hektare. Artinya, untuk kecamatan Ulu Ere dan Sinoa ada potensi panen 63.040 ton jagung kuning.

“Bibit yang kita bagi ini kalau berhasil, dua kecamatan ini (Sinoa dan Ulu Ere) bisa surplus jagung. Itu untuk lahan yang kita berikan bantuan, belum terhitung dengan lahan yang tidak kita berikan bantuan benih,” jelas dia.

Dengan begitu, Bantaeng bisa menjadi salah satu daerah yang mendistribusi jagung ke daerah lain. Pada dasarnya, kebutuhan masyarakat akan jagung dari dua kecamatan ini sudah melebihi. “Kita targetnya surplus di musim tanam ketiga ini,” tegas Budi Taufik. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button