Dua Pimpinan OPD Diistirahatkan, BKPSDM Makassar Langsung Berkoordinasi dengan Inspektorat

Pengangkatan Plh Kepala Dinsos dan BPBD Diwacanakan

 

Baaca.id, MAKASSAR — Plt Kepala BKPSDM Makassar, Andi Siswanta Attas menyatakan, pihaknya mesti berkoordinasi dengan pihak Inspektorat. Terkait evaluasi kinerja dua pimpinan OPD lingkup Pemkot Makassar yang diistirahatkan.

“Itu kami teruskan ke Inspektorat, nanti kabar dari inspektorat, baru kami tindak lanjuti. Jadi tetap kita lihat dulu bagaimana pemeriksaannya di Inspektorat,” kata Andi Siswanta.

Seharusnya, kata dia, jika kedua pejabat tersebut bersatus non aktif sementara, harus ada Pelaksana Harian (Plh), sebagai pengganti sementara kedua pimpinan yang diistirahatkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto tersebut.

“Tapi, kalau memang dia dinonaktifkan sementara, istilahnya diberhentikan sementara, harus ada Plh-nya. Plh ya, bukan Plt (Pelaksana tugas),” bebernya.

“Kalau di Plh-kan, ya kita angkat Plh untuk menggantikan sementara kedua pejabat itu. Sambil menunggu pemeriksaan,” imbuh Andi Siswanta.

Dikabarkan sebelumnya, dua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Makassar diistirahatkan. Yakni, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Mukhtar Tahir dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, M Rusli.

Keduanya dianggap lambat dalam merespons dan bertindak terhadap para warga terdampak banjir di dua Kecamatan di Makassar. Yaitu Kecamatan Manggala dan Biring Kanaya.

Hal itu menjadi alasan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto untuk mengistirahatkan keduanya. Selanjutnya, kinerja mereka bakal dievaluasi oleh BKPSDM.

“Saya dapat laporan, bahwa (katanya) dia (pengungsi) sudah makan, setalah saya cek, ternyata (pengungsi) belum makan. Nah, begitu saya cek dia bilang sudah makan pagi, ternyata makanan (yang dimakan berasal dari) sumbangan, itukan tidak boleh, pemerintah harus hadir,” ujar Danny Pomanto beberapa hari lalu. (efrat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button