Stop dari Sekarang, Inilah Efek Begadang Bagi Wanita

Baaca.id – Perkara sulit tidur merupakan masalah yang sering dialami bagi sebagian orang. Susahnya untuk memejamkan mata untuk akhirnya tertidur lelap bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Dan sudah tentu setiap orang mempunyai kondisi yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dengan karena alasan yang sulit, bukan berarti kamu tidak bisa mengubah kebiasaan begadang.

Ternyata efek begadang bagi wanita akan berdampak buruk. Efek negatif dari begadang mengakibatkan berbagai masalah pada kulit wajah yang membuat kamu tidak percaya diri.

Baca Juga:

Efek Begadang Bagi Wanita

Waktu tidur orang dewasa idealnya minimal 7-8 jam sehari. Akan tetapi untuk sekarang ini, cukup banyak orang yang mempunyai jam tidur malam hanya 3-5 jam saja. Hasilnya, tubuh menjadi kurang fit, lesu, dan tidak bersemangat.

Untuk itulah, untuk para wanita, sebaiknya kurangi kebiasaan tidur begadang hingga larut malam mulai dari sekarang. Karena, efek begadang bagi wanita akan merugikan diri kamu sendiri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa efek begadang bagi wanita, terutama pada kesehatan kulit wajah.

1. Memicu Timbulnya Jerawat

Selain karena terpapar polusi dan debu, efek begadang bagi wanita dapat mengakibatkan timbulnya jerawat di wajah, hal tersebut merupakan salah satu efek dari begadang bagi wanita.

Pada saat kurang tidur, kadar hormon kortisol akan meningkat. Yang akhirnya produksi minyak di wajah juga semakin banyak dari biasanya dan mempercepat tumbuhnya jerawat. Bukan hanya jerawat, jumlah hormon kortisol terlalu tinggi juga mengakibatkan tubuh rentan terkena peradangan dan inflamasi.

2. Menyebabkan Penuaan Dini

Tidur yang cukup minimal 7- 8 jam sehari. Apabila terus begadang, waktu tidur yang kamu miliki juga akan berkurang. Selain rugi waktu, efek begadang bagi wanita juga bisa menyebkan penuaan dini.

3. Memengaruhi Kesuburan

Efek begadang bagi wanita berikutnya yaitu dapat memengaruhi kesuburan. Kesuburan yang terganggu akan menjadi salah satu bahaya dari seringnya begadang bagi wanita. Hal tersebut akan mempengaruhi pada siklus menstruasi yang mulai tidak teratur.

Bukan hanya sekadar masalah haid, wanita yang hobi begadang setiap malam juga akan sulit mempunyai anak apabila dibandingkan dengan mereka yang menjaga pola tidur.

4. Berat Badan Bertambah

Menurut penelitian, kurang tidur akan membuat seseorang lebih cepat lapar dan suka ngemil makanan manis dengan porsi yang banyak. Kebiasaan ini tentunya akan mempengaruhi berat badan sampai memicu obesitas.

Selain makanan yang manis, mereka yang sering begadang juga akan mengonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi, termasuk beberapa jam jelang tidur malam. Hal tersebut menyebabkan peningkatan asupan asam lemak serta penyimpanan lemak. Inilah yang memicu terjadinya obesitas pada tubuh, oleh karena itu hindari efek begadang bagi wanita ini ya.

5. Kantung Mata Hitam

Efek begadang bagi wanita juga dapat menyebabkan kantung mata hitam atau yang biasa disebut dengan mata panda. Hal tersebut terjadi karena pembuluh darah tipis di bawah area mata semakin melebar pada saat seseorang kurang tidur.

Semakin sering begadang, maka lingkaran hitam di bawah mata akan semakin melebar juga. Kondisi ini juga dapat memperparah kondisi kulit wajah yang sudah berjerawat sebelumnya.

6. Memicu Kanker Psyudara

Untuk sejauh ini, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa efek begadang bagi wanita dalam jangka waktu yang panjang akan dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara.

Pada saat mendapatkan istirahat berkualitas, besar kemungkinan kamu bangun lebih pagi. Berbanding terbalik dengan kurangnya tidur, wanita yang bangun lebih pagi mempunyai resiko kanker payudara yang jauh lebih rendah.

7. Resiko Pada Kehamilan

Untuk wanita yang sedang hamil, segalanya yang terkait dengan pola hidup sehat perlu dijaga. Tidak terkecuali soal menyoal durasi dan kualitas tidur.

Sebab wanita yang memaksakan diri untuk begadang sehingga waktu tidur berkurang bisa mengalami masalah dalam persalinan. Selain itu, akan beresiko keguguran dan lahir prematur juga termasuk efek yang disebabkan dari begadang.

Nah, itulah bahasan tentang efek begadang bagi wanita, mulai dari memicu jerawat sampai meningkatkan berat badan. Setelah mengetahui dari dampak buruk kurang tidur di atas, sudah saatnya kamu tinggalkan kebiasaan begadang hingga larut malam mulai dari sekarang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button