Egy dan Witan Dapat Pesan Khusus dari Pelatih Fisik Timnas

Baaca.id — Pelatih fisik timnas Indonesia, Lee Jae-hong memberikan pesan khusus pada Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman seusai membela Garuda. Lee Jae-hong berpesan untuk menguatkan mental dan fisik.

Timnas Indonesia telah menyelesaikan perjuangannya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Jumat (11/6/2021). Pada laga pamungkas, Tim Garuda harus menyerah 0-5 dari tuan rumah Uni Emirat Arab di Stadion Zabeel, Dubai.

Alhasil, Indonesia menyelesaikan kiprahnya di Kualifikasi Piala Dunia dengan tak pernah menang. Evan Dimas dkk menjadi juru kunci Grup G dengan satu poin dari delapan laga. Timnas Indonesia pun harus mengikuti Play-off Piala Asia 2023.

Skuat asuhan Shin Tae-yong sudah tiba di Indonesia sejak Sabtu (12/6/2021). Rombongan timnas Indonesia langsung menjalani karantina mandiri dan swab test PCR di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Sementara itu, pemain-pemain yang berkarier di luar negeri kembali ke klubnya, seperti Asnawi Mangkualam yang menuju Seoul, Korea Selatan.

Para pemain membagikan kesan mereka setelah membela Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tak terkecuali Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang baru debut di timnas senior.

Egy dan Witan langsung menjadi pemain utama dengan berlaga di seluruh pertandingan timnas Indonesia di UEA. Shin Tae-yong mempercayakan mereka di pos winger kanan dan kiri Garuda.

Meski belum mendapat hasil yang maksimal, Egy dan Witan bersyukur bisa debut untuk timnas Indonesia.

“Bangga memulai debutnya di timnas Indonesia,” tulis Egy di Instagram pribadinya, Mingggu (13/6/2021).

“Bukan hasil yang kita inginkan, tapi terus maju dan pantang menyerah,” tutupnya. Adapun Witan Sulaeman juga menyatakannya pada hari yang sama lewat Instagram-nya.

Pada unggahan Egy dan Witan, terselip komentar serupa dari pelatih fisik timnas Indonesia, Lee Jae-hong. “Kuatlah secara mental dan fisik,” tulis Lee di kolom komentar kedua pemain.

Lee Jae-hong sendiri memang sering menyampaikan pesan motivias pada pemain timnas Indonesia di media sosial. Satu di antaranya ketika skuad Garuda hendak berangkat ke Dubai untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Lee memberikan pesan kepada para pemain bahwa membela timnas adalah sebuah kebanggaan. “Bermain untuk timnas adalah kehormatan karena mewakili seluruh rakyat dari satu negara. Itu membutuhkan dedikasi dan pengorbanan untuk meraih kemenangan,” tuturnya waktu itu.

“Bahkan jika harus berdarah karena terkena sikut atau kulit mengelupas karena tekel, pemain timnas harus mendedikasikan diri kepada negara dan meresikokan hidupnya,” tambahnya.

Lee mendorong timnas Indonesia untuk berlaga dengan semangat juang yang tinggi. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu menggambarkan timnas harus bertarung layaknya anjing liar.

“Momen saat kamu memasuki lapangan, tidak ada kata senior dan junior. Hanya ada 11 pemain yang mewakili negara. Indonesia telah kalah 5 kali, tak mengharap apa-apa. Saya butuh semangat bertarung layaknya anjing liar yang menggigit dan tak melepaskannya,” demikian pesannya kala itu. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button