Ekspor Meningkat Bantuan Keuangan Daerah hingga Rp10 M Bakal Didapat

Baaca.id, MAKASSAR – Pemerintah menyiapkan hadiah berupa bantuan keuangan buat daerah konsisten meningkatkan aktivitas ekspornya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, ada penilaian tersendiri bagi kabupaten/kota yang memiliki perhatian pada peningkatan ekspor.

“Berpengaruh pada bantuan keuangan daerah bawahan. Termasuk di angka stunting dan kemiskinan, akan kita berikan bantuan khusus variable penambah nilai bantuan keuangan,” kata dia.

Di momen pelepasan ekspor langsung produk perikanan ke Hongkong di Bandara Sultan Hasanuddin, Sabtu (30/10/20210, ia menyampaikan, peningkatan ekspor ini juga merupakan bagian dari harapan Presiden Jokowi.

Andi Sudirman menyebutkan, bagi daerah yang meningkatkan ekspornya, akan ada variabel khusus penambahan bantuan keuangan daerah senilai Rp500 juta hingga Rp10 miliar.

“Kalau menggeliat, hingga Rp 20 miliar kita bisa berikan,” sebutnya.

Apresiasi diberikan kepada daerah, karena dapat menggunakan infrastruktur yang telah dimiliki untuk meningkatkan ekspor. Sehingga, stok ekspor tetap tersedia. Demikian juga penerbangan langsung untuk ekspor, tetap memiliki muatan.

Namun ia menekankan, menjaga lingkungan adalah yang terpenting. Baik itu untuk ekspor pertanian, kelautan dan perikanan.

“Tentunya dengan green economy atau suistanable, artinya berkelanjutan, bukan ditangkap dengan cara tidak bagus (illegal) dan tidak biasa (merusak lingkungan),” ujar Andi Sudirman.

“Ini potensi alam kita dan bisa kita manfaatkan dengan baik,” imbuhnya.

Berkenaan dengan itu pula, seluruh SKPD terkait pun diharapkan ikut aktif berperan dalam memberikan layanan dan menjaga agar stok tetap terjaga.

Sehingga, fasilitas yang dihadirkan bisa dimanfaatkan dengan baik, termasuk infrastruktur perhubungan.

“Penerbangan ke Hongkong kapasitasnya 30 ton, yang dikirim tadi 11 ton. Jadi ini bisa diisi dengan ekspor lainnya. Ini tugas kepala dinas, agar layanan penerbangan ini tidak berhenti,” terangnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button