Evaluasi Kinerja Wasit, PSSI Takkan Beri Toleransi

Baaca.id — Sekjen PSSI, Yunus Nusi memberikan pesan penting kepada wasit dan asisten wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 2021-2022. Menurutnya, federasi memaklumi sejumlah kepuutusan kontroversial yang terjadi pada awal kompetisi Liga 1 2021-2022.

Namun demikian, ia menyebut bahwa PSSI tak akan memberi toleransi jika kesalahan tersebut terjadi berulang kali. “Banyak hal yang mungkin tidak sama bisa dilakukan dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya,” kata Yunus Nusi

Yunus Yusi mengatakan, selama satu setengah tahun, teman-teman wasit dan asisten wasit tidak memimpin pertandingan. Tentu ada kekakuan. Selain itu, ada juga aturan-aturan baru dalam memimpin pertandingan.

“Kami memaklumi hal itu. Namun, apabila sudah dilakukan dan melakukan kesalahan berkali-kali, kami juga tidak akan memaklumi hal itu lagi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kinerja wasit dan hakim garis yang memimpin laga di Liga 1 2021-2022.

Saat memberikan keterangan di Indomilk Sport Center, beberapa hari lalu, Iriawan menegaskan PSSI tidak menutup mata dengan sorotan atas kinerja wasit yang banyak beredar di media sosial.

Jika ditemukan potensi pelanggaraan, PSSI masih akan membedahnya lagi, apakah itu disebabkan kesalahan manusia (human error) atau ada indikasi ke pengaturan skor.

“Kalau human error, tentu nanti wasitnya akan dibina, kecuali kalau ada masalah match fixing dan sebagainya,” tutur purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu.

Sejumlah pihak memang menyoroti kinerja wasit di BRI Liga 1 ini. Salah satunya Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts yang mempertanyakan keputusan wasit menganulir gol pemainnya, Mohammad Rashid.

Pada pertandingan Persib melawan Barito Putra, wasit memutuskan tidak mengesahkan gol yang dicetak Rashid. Pengadil lapangan menilai posisi Rashid sudah terlebih dulu offside.

Namun dalam tayangan ulang, tampak Rashid masih berada di depan posisi pemain terakhir pertahanan Barito Putera. Hal ini yang tampaknya mengundang reaksi Robert Rene Alberts. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button