Film Yuni Melenggang ke Oscar 2022

Baaca.id,JAKARTA – Totalitas sineas Indonesia, Kamila Andini menggarap film berjudul Yuni berbuah manis. Dengan masuk nominasi kategori film fitur internasional terbaik di ajang Academy Awards alias Oscar 2022.

Kabar menggembirakan itu diungkapkan Joko Anwar melalui media sosial (Medsos). Dukungan dan doa pun diucapkan sutradara dan penulis film Gundala tersebut.

“Yuni karya sutradara Kamila Andini mewakili Indonesia ke ajang Academy Awards tahun ini. Congrats team Yuni! Kita support ya, teman-teman dengan menyiarkan dan doa! Amin! Film Indonesia berjaya!” ungkapnya, soal Yuni ke Academy Awards.

Sebelumnya film Yuni karya putri Garin Nugroho itu juga ikut berkompetisi di ajang Toronto International Fil Festival 2021.

Sutradara film Yuni, Kamila Andini pun mengucapkan syukur dengan masuknya film garapannya itu di ajang pemilihan film internasional paling bergengsi tersebut.

“Alhamdulillah. Yuni ning (di) Oscar! Senang dan bersyukur mendapat kabar Yuni terpilih mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Academy Awards (Oscar) ke-94,” ucap Kamila di Instagram.

“Terima kasih kepada seluruh komite seleksi, sudah memberi kepercayaan pada Yuni untuk menjadi delegasi sinema Indonesia, yang kian hari kian membanggakan,” imbuh dia.

Kabarnya, Komite Seleksi Oscar Indonesia memilih film Yuni mewakili Indonesia di Oscar 2022 melalui rapat terakhir komite pada 13 Oktober 2021.

Komite Seleksi Oscar Indonesia yang dibentuk pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) itu terdiri 13 anggota dan diketuai Hanung Bramantyo.

Disebutkan, film Yuni mampu membawa penonton sangat dekat dengan masalah remaja perempuan dalam usia akil balik, di tengah perubahan zaman penuh paradoks. Meliputimasalah patriarki, religi, perempuan, seks, dunia kerja serta pendidikan.

Kamila Andini pun dinilai memiliki kemampuan bertutur sederhana dan natural. Tanpa menggugat dan menghakimi, ia mampu membawa isu-isu sensitif yang tidak mudah diangkat ke layar lebar. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button